8 Cara Mengatasi Keputihan

Cara Mengatasi dan Mengobati KeputihanKeputihan atau candidiasis vaginal adalah suatu cairan yang keluar dari dalam vagina secara berlebihan. Dalam dalam keadaan normal, cairan ini biasanya tidak mencapai bibir luar vagina. Perlu juga diketahui bahwa tidak semua cairan yang keluar merupakan suatu penyakit.

Keputihan bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur atau parasit lainnya. Kandidiasis vaginal merupakan penyakit yang paling umum disebabkan oleh jamur golongan Candida, terutama oleh Candida albicans yang menginfeksi secara superfisial atau terlokalisasi.

Untuk membedakan cairan yang keluar dari vagina adalah merupakan suatu keputihan atau bukan, bisa dilihat dari ciri-cirinya seperti cairan berwarna putih, encer berbintik bintik banyak, berbau apek disertai dengan rasa nyeri saat buang air kecil serta gatal di sekitar kemaluan.

Jika menemukan ciri-ciri seperti diatas, segeralah mencari cara untuk mengatasi penyakit keputihan tersebut. Berikut adalah 8 tips dan cara yang kami anjurkan untuk mengatasi keputihan anda derita:

  1. Menjaga kebersihan organ intim anda dengan mengganti pakaian dalam terutama celana dalam minimal dua kali sehari.
  2. Jangan menggunakan pakaian lembab dan basah terutama pada pakaian dalam karena hal ini akan menjadi tempat berkembangnya beberapa mikroba merugikan seperti bakteri, jamur atau virus yang dapat menginfeksi vagina.
  3. Mencuci vagina dengan pembersih khusus adalah cara untuk mengatasi keputihan yang cukup efektif, terutama untuk jenis keputihan yang belum begitu parah. Dengan mencuci vagina dengan anti septik akan menghambat masuknya bakteri dan kuman lain ke dalam vagina yang merupakan penyebab utama keputihan.
  4. Selalu mengganti pembalut jika sedang haid karena menggunakan pembalut yang begitu lama akan memicu pertumbuhan bakteri yang merugikan dan dapat menginfeksi vagina anda.
  5. Keputihan yang sangat parah juga dapat diatasi dengan operasi. Operasi ini dimaksudkan untuk menghapus sebagian kecil dari jaringan serviks terinfeksi bakteri, virus atau jamur yang menyebabkan keputihan.
  6. Gunakan kondom atau pelindung lainnya jika hendak melakukan hubungan badan. Jika anda sedang merencanakan kehamilan sebaiknya membersihkan vagina setelah berhubungan badan. Hubungi dokter anda untuk meminta saran tentang pembersihan vagina apa yang dapat anda gunakan sebagai cara untuk mengatasi keputihan.
  7. Mengkonsumsi ramuan tradisional juga merupakan cara mengatasi keputihan yang terbukti cukup efektif. Salah satunya adalah dengan rutin meminum air hasil rebusan daun sirih dua sampai tiga kali seminggu.
  8. Jika keputihan dalam kondisi yang cukup parah, segera hubungi dokter ahli kandungan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Berkonsultasilah dengan dokter spesialis tentang keluhan keputihan anda. Pastikan dokter memiliki alat khusus yang dapat memeriksa kondisi anda secara keseluruhan. Dengan mengetahui penyebab pasti keputihan, dokter anda akan memiliki cara untuk mengatasi keputihan anda secara efektif.

Keputihan merupakan penyakit yang umum diderita oleh kaum wanita akibat kurangnya menjaga kebersihan organ intim. Semoga artikel seputar tips dan cara mengatasi keputihan di atas bermanfaat untuk anda.




  • aji

    kalau pengin lebih mudah lagi dalam mengatasi keputihan…. >>> 085737556942

  • febby

    wanita umur berapa yg mengalami keputihan???
    apa remaja umur 13 bisa terkena keputihan??
    balas,,,,,