DOKTERCANTIK.COM – Bulan suci Ramadan tiba, waktunya me-recharge diri baik jiwa dan raga dengan menjalankan kewajiban berpuasa dan meraih pahala dari ibadan lainnya. Dengan berpuasa, siklus tubuh juga ikut berubah mengikuti ritme selama bulan puasa. Siklus makan minum yang berubah, demikian juga waktu tidur sedikit banyak berdampak penampilan misalnya badan terasa lemas dan kekurangan cairan, bibir kering dan pecah-pecah, mata panda, kulit menjadi lebih kering dan penampilan terlihat lebih lesu.

Eits, jangan salahkan puasanya. Sejatinya, selain menjadi ladang pahala, dengan menjalankan ibadah puasa juga akan memberikan kesempatan pada tubuh untuk detoksifikasi yang akan berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kitalah sebagai pelaku yang berpuasa yang harus lebih bisa memanage diri agar tidak mengalami dehidrasi dan gangguan penampilan di bulan puasa ini, apalagi cuaca juga terik.

Untuk para wanita yang ingin tetap segar dan cantik di bulan puasa, yuk simak tips dan caranya yang diulas berikut ini:

Tetap Cantik dan Segar di Bulan Puasa

Jaga asupan makanan

Berpuasa bukan berarti bisa makan seenaknya saat sahur ataupun berbuka puasa. Justru nutrisi harus dijaga agar bisa mendukung aktivitas sepanjang hari dan tubuh tidak terasa lemas. Saat sahur, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan manis dengan kadar gula tinggi karena jenis makanan ini sangat mudah dicerna sehingga tubuh akan cepat merasa lapar.

Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna saat santap sahur seperti protein dari daging, ikan dan telur, serta sayur-sayuran dengan kandungan serat tinggi, dan beragam biji-bijian. Jenis makanan ini akan dicerna oleh tubuh selama 8 jam sehingga tidak gampang merasa lapar, selain itu kandungan gizi dan vitaminnya juga tinggi.

Saat berbuka puasa, mulailah dengan buah kurma yang sangat kaya manfaat. Jangan berlebihan saat makan malam karena akan memperberat kerja pencernaan.

Minumlah banyak air putih selama sahur dan saat berbuka puasa, dan pastikan tetap meminum setidaknya 8 gelas air selama waktu berbuka dan sahur untuk menghindari dehidrasi. Akan lebih baik lagi jika memperbanyak asupan buah dan sayur-sayuran saat sahur maupun berbuka.

Jaga kebersihan dan kelembaban kulit

Mentang-mentang bulan Ramadan, jangan lalu mengabaikan perawatan kulit wajah ya. Meskipun harus fokus dalam beribadah, menjaga kebersihan tubuh dan merawat kulit tetap menjadi hal yang harus diperhatikan. Bersihkan dan cuci wajah sebelum tidur di malam hari agar kulit bebas dari makeup yang bisa saja menyumbat pori-pori dan berpotensi menjadi jerawat.

Basahi wajah dengan air hangat kemudian gunakan facial cleansing dengan kandungan vitamin C dan lidah buaya yang bermanfaat untuk mendapatkan kulit wajah segar dan cerah alami.

Bilas wajah menggunakan air dingin dan keringkan dengan handuk bersih yang lembut. Jangan menggosok wajah ya karena akan menyebabkan kulit wajah meradang. Langkah terakhir adalah penggunaan toner yang dioleskan dengan menggunakan kapas halus. Fungsi toner adalah membersihkan sisa sabun tanpa membuat kulit wajah jadi kering.

Untuk perawatan kulit tubuh, gunakan body lotion dan hand cream sebagai pelembab. Di bulan puasa, kondisi kulit cenderung kering karena itu sangat penting untuk mengoleskan body lotion di kulit tubuh setiap kali sehabis mandi dan sebelum tidur di malam hari. Penggunaan hand cream juga perlu dilakukan agar telapak tangan tetap terjaga kelembabannya.

Istirahat yang cukup

Ritme tidur di saat bulan Ramadan memang akan berubah karena kita akan bangun sahur di saat dini hari. Tapi, tetap pastikan anda memiliki waktu yang istirahat yang cukup dengan tidur lebih awal dan bangun dini hari. Jika memungkinkan, tidurlah di siang hari selama setengah hingga satu jam untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran.

Oya, jangan tidur lagi sehabis santap sahur karena kebiasaan ini  tak baik untuk kesehatan tubuh. Memang sehabis sahur biasanya kantuk datang tak tertahankan, sebaiknya lakukan kegiatan-kegiatan untuk menghalau kantuk dan menunggu waktu sholat subuh datang.

**

Nah itu dia beberapa tips cara menjaga kebugaran tubuh di bulan Ramadan yang bisa Cantikers terapkan di rumah. Atau mungkin  kamu punya tips sendiri yang cukup ampuh, yuk dibagikan di kolom komentar.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Anda punya keluhan atau pertanyaan seputar masalah kesehatan atau perawatan kecantikan? Silahkan bertanya pada tim DokterCantik.com melalui HALAMAN KONSULTASI. Kami akan berusaha segera menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. KLIK DI SINI UNTUK MULAI BERTANYA »»»