Bahaya Menghilangkan Tahi Lalat dengan Cara yang Salah

DOKTERCANTIK.COM – Seringkali kita merasa terganggu pada kehadiran tahi lalat di daerah-daerah yang bisa dengan mudah terlihat. Padahal jika tahi lalat yang timbul tidak mengganggu, tidak terasa gatal atu menyakitkan, kita tidak perlu khawatir mengenai masalah tahi lalat.

Kebanyakan tahi lalat yang timbul di kulit kita tidaklah berbahaya, namun pada kasus-kasus tertentu ada benjolan mirip tahi lalat yang ternyata adalah tumor yang berbahaya. Tahi lalat yang berbahaya inilah yang perlu segera dihilangkan.

Bahaya Menghilangkan Tahi Lalat Dengan Cara yang Salah

Tahi lalat memang tidak bisa begitu saja dihilangkan. Timbulnya masalah kulit adalah bahaya menghilangkan tahi lalat yang bisa timbul akibat cara yang salah.

Kita tentu sering mendengar bahwa cara mudah menghilangkan tahi lalat adalah dengan menggunakan campuran sabun colek dan kapur sirih. Tahukah anda, bahwa cara ini sama sekali tidak aman?

Bahaya Menghilangkan Tahi Lalat dengan Kapur Sirih dan Sabun Colek

Campuran antara kapur sirih dan sabun colek akan membentuk suatu larutan yang bersifat sangat keras pada kulit kita.

Bahaya menghilangkan tahi lalat dengan cara ini adalah resiko terjadinya kerusakan jaringan kulit akibat panas yang dihasilkan dari larutan sabun colek dan kapur sirih.

Selain rasa panas, penggunaan campuran sabun colek dan  kapur sirih pada tahi lalat juga bisa mebuat daerah sekitar tahi lalat meradang dan bisa memicu tahi lalat tumbuh lebih besar.

Kalau sudah meradang, sedikit gangguan saja dari bakteri bisa menyebabkan timbulnya nanah akibat infeksi dan tentu saja mengatasi kulit yang terinfeksi bukanlah hal yang mudah. Bahaya menghilangkan tahi lalat dengan cara ini memang tidak main-main. Karenanya lebih baik anda menghindari cara ini.

Bahaya Menghilangkan Tahi Lalat

Bahaya Menghilangkan Tahi Lalat dengan Bawang Putih

Cara menghilangkan tahi lalat yang juga berbahaya adalah dengan menggunakan bawang putih. Meskipun bawang putih bersifat alami, ternyata hal ini tidak membuatnya aman untuk digunakan dalam usaha menghilangkan tahi lalat.

Bahaya menghilangkan tahi lalat dengan menggunakan bawang putih hampir sama dengan bahaya yang ditimbulkan dengan penggunaaan sabun colek dan kapur sirih yaitu menimbulkan rasa panas.

Penggunaan bawang putih pada tahi lalat akan memberikan efek terbakar yang luar bisa menyakitkan. Bahkan menyebabkan kulit yang ditumbuhi tahi lalat melepuh dan mengeluarkan darah.

Setelah itu tahi lalat akan semakin membesar dan akan terlihat seperti koreng. Tentunya ada tak ingin hal ini terjadi pada anda, oleh karena itu jangan coba-coba.

Bahaya Menghilangkan Tahi Lalat dengan Getah Kamboja

Ada lagi tips menghilangkan tahi lalat yang juga sangat berbahaya bagi kulit kita, yaitu denga menggunakan getah kamboja. Perlu diketahui bahawa getah kamboja ini bisa sangat korosif untuk kulit kita, khusunya kulit wajah yang senditif.

Kontak sedikit saja bisa menimbulkan kerusakan jaringan kulit dan meninggalkan efek luka bakar. Bisa dibayangkan bahaya menghilangkan tahi lalat yang bisa diakibatkannya. Sebaiknya kita hindari cara ini sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

***

Bila memang anda ingin menghilangkan tahi lalat dengan seketika, maka cara yang paling tepat adalah dengan meminta bantuan dokter ahli kecantikan atau kulit di klinik. Hanya saja memang, menghilangkan tahi lalat dengan bantuan ahli kecantikan tidaklah murah.

Namun, jika anda memang membutuhkannya, apalagi jika ternyata tahi lalat yang anda miliki adalah jenis tahi lalat yang ganas, mau tidak mau anda harus mengangkatnya.

Dokter kulit dan ahli kecantikan biasanya menggunakan metode pengangkatan tahi lalat dengan operasi kecil atau dengan laser khusus. Kerena dilakukan oleh ahlinya maka kita tidak perlu resah dengan bahaya menghilangkan tahi lalat yang mungkin terjadi.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

8 Komentar Pembaca untuk “Bahaya Menghilangkan Tahi Lalat dengan Cara yang Salah

  1. lanjutan yg tadi. saya habis penghilangan langsung saya taburin bedak salysil ,sampai tebal. trus saya pake in sabun cuci muka waktu itu pake Garnier mens yg salysilc

    Thank’s
    dani

    View Comment
  2. kalau sudah terlanjur memakai kapur sirih dan sabun gimana.? aku menyesal banget.. coz skrang jadi kyak luka bakar dan kaya tompel gtu.. cara menghilangkan luka bkar itu gmana yh.? apakah bsa hilang dngan sendirinya tw nggak?

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *