Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin B9

Loading...

Vitamin B9 atau dikenal juga sebagai folic acid adalah kelompok vitamin yang dapat larut dalam air. Vitamin B9 ini akan dialirkan melalui aliran darah dan dikeluarkan bersamaan dengan urine.

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi folic acid atau vitamin B9 sendiri, karena itu kita harus terus menerus mengkonsumsinya setiap hari agar kita dapat memenuhi kebutuhan vitamin B9 yang diperlukan.

Folic acid adalah kunci utama dalam membuat atau mensintesis nucliec acid, salah satu bahan penunjang molekul besar seperti DNA (deoxyribonucleic acid) dan RNA (ribonucleic acid).

Manfaat Vitamin B9

Vitamin B9 sangat penting untuk beberapa fungsi tubuh termasuk:

  1. Untuk mensintesis DNA, RNA dan sekaligus dapat memeperbaiki mereka
  2. Membantu pertumbuhan serta perkembangan sel
  3. Untuk membantu produksi eritrosit (sel darah merah) yang sehat
  4. Bagi wanita hamil, sangat penting untuk memenuhi asupan vitamin B9 untuk menghindari kecacatan pada bayi yang akan lahir terutama pada bagian otak dan tulang belakang
  5. Meningkatkan kesehatan otak. Beberapa penelitian membuktikan bahwa dengan asupan folic acid secara rutin dapat meningkatkan kinerja otak secara signifikan area yang terkenal sering mengalami penurunan kinerja searah dengan bertambahnya usia.

Setiap wanita yang sedang mengandung wajib mengkonsumsi folic acid, tidak hanya bagi para wanita yang akan mengandung, berdasarkan March Dimes. Dia mengatakan bila para wanita yang sedang mengandung ingin menghindari kecacatan pada bayi mereka atau ingin melahirkan secara normal, maka mereka perlu untuk menjaga asupan folic acid mereka sesaat sebelum mengandung dan 4 minggu awal ketika mengandung. Sebagian besar kehamilan di Amerika Serikat terjadi secara tiba-tiba, oleh karena itu para wanita tersebut perlu mengonsumsi suplemen folic acid setiap hari.

Berdasarkan Teratology Society, setiap wanita yang dapat mengandung atau melahirkan harus mendapatkan kurang lebih 0.4 miligram folic acid atau mereka harus mengkonsumsi produk sereal yang dapat mencapai jumlah 04 miliigram follic acid per hari tersebut.

Jurnal Online PLOS Medicine menulis di tahun 2009 bahwa wanita yang mengkonsumsi supplemen folic acid selama 12 bulan sebelum mengandung dapat mengurangi resiko melahirkan secara prematur hingga 50 persen.

Sumber Vitamin B9

Sayur-sayuran yang berwarna hijau gelap adalah sumber utama vitamin B9. Anda harus berhati-hati saat memasaknya agar tidak terlalu matang karena apabila terlalu matang kandungan folic acid akan cepat menghilang. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang kaya akan folic acid:

  1. Asparagus
  2. Ragi pada roti
  3. Brokoli
  4. Tunas brussel
  5. Kubis
  6. Kol
  7. Kuning telur
  8. Jacket potato
  9. Daun selada

Kekurangan Vitamin B9

Seseorang yang tidak mendapatkan asupan vitamin B9 secara teratur akan megakibatkan orang tersebut menderita anemia folic acid. Seorang wanita yang sedang mengandung atau menyusui dengan beberapa masalah kesehatan seperti penyakit sel berbentuk sabit atau orang yang tidak dapat menyerap folic acid secara sempurna seperti yang dapat ditemui pada orang dengan ginjal yang bermasalah dapat mengakibatkan simptom anemia folic acid yang sama.

Beberapa metode pengobatan yang beresiko seperti pada kanker juga bisa menyebabkan penyakit tersebut pada beberapa kasus. Tanda-tanda orang yang terkena anemia folc acid adalah sering merasa kelelahan, lemas, mudah lupa, mudah marah, kehilangan selera makan serta berat badan yang semakin menurun.

Orang yang menderita anemia folic acid perlu meminum pil suplemen folic acid setiap hari sampai gejala anemia tersebut menghilang.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *