Cream Pemutih Wajah Yashodara

3 Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Cara Mengatasi Kulit BerminyakKulit berminyak yang berlebihan dan tanpa perawatan yang tepat sering menimbulkan masalah pada kesehatan kulit. Selain itu, fakta telah membuktikan bahwa orang-orang dengan kulit berminyak lebih sering mengalami keriput dibandingkan jenis kulit kering.

Kulit berminyak memiliki sejumlah ciri khas seperti permukaan kulit yang mengkilap, tebal dan kulit nampak berwarna buram. Kulit berminyak sering dikaitkan dengan beberapa masalah pada kulit seperti jerawat, noda, komedo,  pori-pori kasar dan flek hitam.

Kulit berminyak paling sering dialami pada usia remaja dibanding orang dewasa, hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi saat menjalani masa pubertas.

Selain perubahan hormon saat remaja, beberapa penyebab umum terjadinya kulit berminyak seperti faktor kehamilan, menopause dan pengaruh  pil kontrasepsi. Selain itu, beberapa faktor lainnya seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan berlemak, pemakaian make up dan produk kecantikan lain yang tidak sesuai dengan jenis kulit.

Nah, untuk mengatasi masalah kulit berminyak, anda bisa memperhatikan beberapa hal penting di bawah ini:

1. Pilih Kosmetik yang Tepat

Pilihlah kosmetik khusus yang dibuat untuk kulit berminyak. Gunakan krim antiseptik sehari sebelum menerapkan make up. Anda juga bisa menggunakan krim antiseptik sesekali dan memakai masker penyerap lemak yang berlebihan sekali atau dua kali dalam seminggu.

Memilh produk kosmetik sebaiknya produk yang tanpa atau kadar minyak yang rendah. Selain itu, bahan kosmetik sebaiknya berbasis herbal seperti lemon dan lidah buaya karena terbukti sangat baik untuk merawat kulit yang berminyak.

2. Perbaiki Cara Diet

Diet merupakan hal penting untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Kesalahan dalam mengkonsumsi  makanan dapat memicu peningkatan produksi minyak pada tubuh kita. Diet yang tepat untuk kulit berminyak adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya protein, rendah gula dan kurang kandungan minyaknya.

Mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran serta mengurangi jumlah lemak adalah langkah solutif untuk msalah ini. Hindari minuman ringan, alkohol, coklat dan junk food adalah cara lain yang akan mendukung anda terbebas dari masalah kulit berminyak.

3. Pakai Obat Herbal

  • Salah satu ramuan obat herbal untuk mengatasi masalah kulit berminyak adalah dengan mencampurkan jus lemon dan jus mentimun masing-masing ½ sdt untuk dijadikan bahan pijat pada daerah kulit yang berminyak. Cara ini paling tepat jika dilakukan sebelum mandi. Jika kulit anda sangat berminyak, anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak kelonyo (minyak wangi yang mudah menguap). Hal ini membantu dalam menjaga kulit terbebas dari minyak yang berlebihan pada kulit anda.
  • Jika anda hendak menggunakan make up, sebaiknya terlebih dahulu oleskan jus mentimun hingga kering pada wajah anda kemudian baru menggunakan make up. Selain itu, campuran jus lemon dan air dengan komposisi yang sama yang dioleskan pada wajah dua kali sehari juga akan membantu meringankan masalah kulit berminyak.

Kulit berminyak sering menimbulkan masalah jerawat, komedo dan beberapa gangguan kulit lainnya yang sudah barang tentu akan mengurangi kecantikan anda. Untuk mengatasinya, silahkan coba menerapkan beberapa cara mengatasi kulit berminyak yang kami sajikan di atas.

Salam cantik!