Apa Saja Bahaya dan Efek Samping Sulam Bibir

DOKTERCANTIK.COM – Sulam bibir bukanlah hal yang baru. Praktik ini dilakukan untuk meningkatkan kecantikan pada bibir yang dibuat merah merona, serta membuat bentuk bibir menjadi lebih indah dan dilakukan dengan pigmen dan jarum.

Bentuk sulam ini sebenarnya telah dilakukan sejak lama oleh suku-suku primitif di Afrika dan Asia. Secara teknis, sulam ini dulunya adalah bentuk pengorbanan.

Penerapan dan proses pemulihannya lebih cepat dan tidak membuat rasa sakit jika dibandingkan dengan operasi plastik. Akan tetapi terdapat juga efek samping sulam bibir yang patut Anda pertimbangkan sebelum mencoba.

Sebagai salah satu cara mempercantik diri, sulam bibir seringkali dilakukan untuk menutupi atau mengembalikan warna alami kulit. Sulam bibir juga dapat digunakan oleh orang-orang yang sebelumnya memiliki kanker mulut atau mengalami masalah hiperpegmentasi pada bibir sehingga bibir menjadi lebih gelap.

Loading...

Hiperpegmentasi juga dapat disebabkan oleh kemoterapi dan paparan sinar matahari berlebih. Untuk penderita kebutaan yang ingin terlihat seperti memakai lipstik, sulam bibir ini pun akan banyak membantu. Selain itu efek samping sulam bibir tidaklah terlalu buruk atau mengerikan untuk dibayangkan.

READ:  Rahasia Cantik dan Langsing Si Artis Korea, Park Shin Hye

Biasanya calon klien akan memilih warna yang mereka inginkan untuk bibir. Pilihan populer terdiri dari warna-warna alami bibi seperti:

  • merah muda
  • merah pucat
  • coklat muda

Pigmen yang akan dimasukkan ke dalam bibir melalui sulam akan bertahan kira-kira 2 hingga 5 tahun tergantung dari ketahanan yang Anda inginkan.

Bibir yang gelap akan berkurang sedikit demi sedikit, pada aplikasi sulam yang pertama, kemungkinan pigmen akan berkurang 40%-70%. Efek samping sulam bibir pada masa awal ini adalah bibir terlihat pucat dalam dua minggu pertama.

Pilih Dokter atau Klinik yang Resmi dan Berpengalaman

Seharusnya harga tidak menjadi masalah apabila Anda menginginkan layanan terbaik untuk kecantikan Anda. Untuk mendapatkan sulam bibir yang aman, hanya gunakan jasa dari klinik atau dokter ahli yang benar-benar mengetahui seluk beluk kosmetik yang Anda inginkan.

Hal ini akan meminimalisasi efek samping sulam bibir yang gagal sehingga menyebabkan bentuk bibir yang diinginkan tidak tercapai.

Ketahui Prosedur dan Teknis

Sulam bibir yang baik dilakukan dengan teknik yang benar. Si penyulam harus mengetahui kedalaman jarum serta sudutnya. Aplikasi permanen sebetulnya menggunakan prinsip yang sama seperti tato. Tinta yang digunakan adalah tinta yang herbal dan bio kompatibel.

READ:  10 Bahan Alami Untuk Melembutkan Tangan

Biasanya sulam akan dilakukan sebanyak 1-3 kali sesi tergantung pada jenis hormon, kulit dan warna yang diinginkan. Pastikan dokter dan klinik sadar akan hal ini sehingga efek samping dan bahaya sulam bibir yang buruk dapat dihindari.

Ketahui Gejala Efek Sampingnya

Sebelum sulam bibir dilakukan, bibir akan disuntik dengan anestesi yang akan membuatnya mati rasa selama waktu sulam, berkisar antara satu hingga dua jam. Saat reaksi anestesi hilang maka rasa sakit akan muncul pada bibir.

Efek samping sulam bibir adalah bibir akan berwarna pucat selama kira-kira satu atau dua minggu, tergantung dari keadaan tubuh masing-masing pengguna. Selain itu jika Anda tidak menggunakan klinik resmi atau jarum steril maka risiko infeksi mungkin saja terjadi.

Lakukan Perawatan Setelah Sulam

Perawatan setelah sulam bibir ini juga sangat penting. Bibir akan sering memerlukan pelembab untuk tetap menjaga rona yang telah terbentuk. Beberapa klinik mungkin akan menyarankan Anda membeli produk perawatan yang tidak memiliki nama tertentu dan berharga tinggi.

READ:  Tips dan Cara Facial Sendiri di Rumah

Kecuali rekomendasi dari dokter, jangan beli produk yang Anda tidak tahu. Hindari produk dengan kandungan berbahaya untuk bibir. Bahan yang baik untuk perawatan sulam bibir adalah yang mengandung minyak zaitun dan madu.

Keduanya membantu menjaga keseimbangan pigmen dan melembabkan bibir secara alami. Lakukan secara teratur sebagai bagian menghilangkan efek samping dan bahaya sulam bibir.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *