Konsumsi Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi Anda

DOKTERCANTIK.COM – Menjaga agar tubuh tetap sehat merupakan salah satu hal terpenting yang harus kita lakukan. Dalam hal ini melakukan berbagai usaha maupun cara agar tetap dalam kondisi yang selalu sehat adalah hal yang wajib.

Sehat dan Cantik

Salah satu hal yang harus kita jaga kesehatannya yaitu tulang kita. Lalu adakah tips mudah untuk menjaga agar tulang kita tetap sehat? Agar tidak menyesal ketika sudah tua nanti, maka jagalah kesehatan tulang kita sejak dini.

Kepadatan tulang akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia. Akibatnya muncul berbagai keluhan dari mulai osteoporosis (tulang rapuh) dan osteoarthitis atau dikenal dengan flu tulang.

Osteoporosis merupakan berkurangnya kepadatan pada tulang dan dapat mengakibatkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan tulang sebaik mungkin.

Nah, bagaimana cara menjaga kesehatan tulang? Hanya dengan mengonsumsi berbagai jenis nutrisi, kamu sudah bisa menjaga kesehatan tulang.

Tulang Sehat

Tentunya nurtisi yang kita konsumsi ialah nutrisi yang dibutuhkam oleh tulang. Diantara nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang adalah vitamin D dan kalsium.

Berikut ini adalah makanan-makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D yang merupakan komponen utama dalam pembentukan tulang.

Ceker Ayam

Makanan yang bermanfaat untuk kesehatan tulang yang pertama ialah ceker ayam. Ceker ayam ternyata mengandung kalsium, kolagen dan hidroksiapit.

Ketiga nutrisi tersebut bermanfaat untuk menambah kekuatan tulang. Ternyata, menjaga tulang sebenarnya bisa dengan cara mengonsumsi nutrisi yang berasal dari tulang juga.

Kenari

Selain ceker ayam, konsumsi pula kenari. Kenari sangan bermanfaat untuk menambah kekuatan tubuh karena kenari memiliki kandungan asam alfa linoleat. Selain itu, kenari juga sangat bermanfaa untuk tubuh karena mengandung omega 3.

Kacang-Kacangan dan Wortel

Makanan selanjutnya yang dapat menjaga kesehatan tulang ialah kacang-kacangan dan wortel. Kacang-kacangan seperti biji bunga matahari, kacang almond dan kacang pistachios mengandung kalsium yang bisa dijadikan sebagai pilihan.

Misalnya saja kacang almond. Kacang almond memiliki kandungan kalium sehingga mampu untuk melindungi tubuh dari kurangnya kalsium. Kacang-kacangan juga mengandung berbagai jenis nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang seperti halnya dengan biji-bijian.

Adapun wortel, maka sayuran ini beta karoten alfa kriptosantin dan beta karoten yang bagus untuk kesehatan tulang. Bagaimana cara mengomsusinya? Kamu bisa memakannya langsung mentah-mentah atau bisa dijadikan sebagai salad.

Susu

Nah, terakhir untuk menjaga kesehatan tulang kamu bisa mengonsumsi susu. Susu adalah elemen yang penting untuk tulang karena mengandung vitamin D. selain itu, susu juga merupakan sumber kalisum yang utama.

Penelitian menunjukkan produk susu seperti keju dan es krim bisa menjadi pilihan lain. Namun, biasanya produk yang dihasilkan masih kekurangan vitamin D.

***

Selain rajin mengkonsumsi makanan-makanan diatas, Anda juga disarankan untuk rutin melakukan olah raga, terutama renang dan jogging. Tak perlu waktu khusus untuk melakukan jogging, Anda juga bisa melakukan jogging pada saat berangkat kerja ataupun sekolah.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *