Inilah 4 Cara Alami Untuk Menghilangkan Kapalan di Tangan

DOKTERCANTIK.COM – Kapalan sebenarnya tidaklah berbahaya. Kapalan ini bisa terjadi karena kulit memberikan respon atau reaksi terhadap gesekan atau sentuhan kasar yang terjadi secara terus menerus.

Akibat gesekan atau sentuhan terus-menerus tersebut, kulit mulai membentuk semacam pertahanan diri untuk melindungi jaringan dibawahnya dengan membentuk lapisan tebal yang kita namakan kapalan.

Bagi beberapa orang, kulit kapalan tidaklah menjadi soal, namun sebagian orang merasa terganggu karenanya. Jika anda adalah salah seorag yang merasa terganggu karena tangan anda mengalami fenomena ini, maka anda harus tahu cara menghilangkan kapalan di tangan.

Kapalan ditangan umumnya terjadi karena permukaan kulit tangan sering menerima gesekan berlebih di satu tempat yang sama secara berulang-ulang. Karenanya bagi mereka yang sering melakukan pekerjaan berat dengan tangan, munculnya kapalan di tangan pun tidak terhidarkan.

Loading...

Karena itu, tak heran masyarakt sering beranggapan bahwa orang yang tangannya kapalan adalah orang yang rajin bekerja. Kontak dengan bahan-bahan kimia juga bisa menyebabkan kapalan di tangan, misalnya terlalu sering menggunakan sabun colek atau detergen cuci yang memiliki sifat yang agak kurang bersahabat bagi kulit yang bisa menyebabkan tangan kasar hingga kapalan.

READ:  Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Kaki

Bagi anda yang menginginkan tangan kembali lembut bebas kapalan anda tidak perlu khawatir, sebab cara menghilangkan kapalan di tangan tidaklah sulit untuk diaplikasikan. Nah, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kapalan:

Cara Menghilangkan Kapalan dengan Batu Apung

Pada kasus yang cukup parah menghilangkan kapalan bisa dilakukan dengan menggunakan batu apung. Caranya, kita rendam tangan yang kapalan dalam air hangat yang sudah dicampurkan dengan sabun bayi selama paling tidak 30 menit hingga kulit melunak.

Setelah itu, gosokkan batu apung dengan hati-hati pada bagian yang kapalan sambil terus dibasahi dengan air rendaman tadi. Setelah selesai bilas dengan air, keringkan dengan handuk lembut lalu olesi dengan losion pelembab.

Cara Menghilangkan Kapalan dengan Kulit Nanas

Alternatif lainnya adalah dengan memanfaatkan kulit nanas. Cara melakukannya adalah dengan pertama-tama merendam tangan yang kapalan dengan ai hangat, kemudian setelah itu tempelkan bagian yang kapalan dengan bagian dalam kulit nanas.

Biarkan kulit nanas tersebut menempel semalaman. Lakukan secara rutin hingga klit kapalan mulai mengelupas, selanjutnya anda bisa melakukan scrubbing untuk merontokkan kulit kapalan.

READ:  Daftar Kosmetik Berbahaya 2012 - 2013 Temuan BPOM

Cara Menghilangkan Kapalan dengan Larutan Baking Soda

Cara menghilangkan kapalan di tangan selanjutnya adalah dengan merendam tangan pada larutan baking soda. Buatlah larutan baking soda dengan cara mencampurkan 2-3 sendok makan baking soda kedalam air. Kemudian basahi daerah yang mengalami kapalan dengan lautan yang mengandung baking soda tadi.

Tunggu sekitar 20-30 menit dan keringkan tangan anda dengan handuk lembut. Setelah itu taburkan daerah yang kapalan dengan sedikit tepung jagung, tutup area tersebut dengan kain yang sudah di basahi dengan cuka biarkan semalaman. Esoknya bersihkan daerah yang kapalan dengan menggosoknya kain basah secara lembut.

Cara Menghilangkan Kapalan dengan Pepaya Mentah

Pepaya mentah juga bisa digunakan untuk merawat tangan kapalan. Cara menghilangkan kapalan di tangan menggunakan pepaya mentah juga cukup mudah.

Haluskan daging pepaya mentah yang sudah dikupas, lalu tempelkan ke daerah yang kapalan. Diamkan beberapa saat. Lakukan secara rutin 3 kali sehari. Cara yang sama mudahnya juga bisa dilakukan dengan mengganti tumbukan pepaya mentah dengan getah kamboja.

READ:  Cara Menghilangkan Bercak Putih Di Wajah

Bila masalah kapalan yang terjadi di tangan tidak parah anda bisa melakukan perawatan hanya dengan secara rutin mengoleskan losion pelembab tangan yang mampu menjaga kelembaban dan kelembutan tangan. Cara ini juga efektif untuk mencegah terjadinya kapalan.

Demikianlah ulasan kami mengenai cara menghilangkan kapalan di tangan yang bisa anda lakukan dirumah. Silakan dicoba dan semoga bermanfaat.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *