Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah

DOKTERCANTIK.COM – Manfaat dan kandungan daun sirih merah memang sudah terkenal dan sudah sangat familiar di kalangan pencinta tumbuhan herbal. Tumbuhan yang satu ini memiliki sebutan ilmiah yaitu Crocatum Piper. Sirih merah sendiri termasuk jenis tumbuhan anggur.

Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah

Daun dari tumbuhan ini berbentuk hati dan berwarna merah kehijauan. Sirih merah biasanya sangat mudah dikembangkangbiakan atau dibudidayakan di daerah dataran tinggi.

Cara pembudidayaan tumbuhan Sirih Merah juga tergolong cukup mudah, yaitu dengan memotong bagian batang pohon sirih merah yang sudah dewasa dan dimasukkan ke polybag lalu di letakkan di area lembab serta tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Jika saat penanaman tumbuhan ini diletakkan pada tempat atau area yang dapat langsung terjangkau oleh sinar matahari, maka besar kemungkinan batang sirih merah tidak akan bisa tumbuh, karena batangnya akan mengalami pengeringan.

Tumbuhan ini mengandung berbagai macam kimia adapun kandungan yang dapat kita peroleh dari tumbuhan ini seperti adanya kandungan, allylprokatekol, alkaloid, kandungan cineole, kandungan ekstragol, eugenol, fenil propoda, ekstragol, Minyak astsiri dan masih banyak kandungan dari daun sirih merah lainnya yang bermanfaat.

READ:  Tips Merawat Tubuh Dengan Menggunakan Jeruk Nipis

Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah

Khasiat dan manfaat yang dapat kita ambil dari berbagai zat kimia yang terkandung dalam tumbuhan sirih merah antara lain sebagai berikut:

  1. Sirih merah dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh seperti, memberikan anti kanker alami, antioksidan, anti-inflantasi, anti septic dan antideabetik. Hal ini dikarenakan sirih merah mengandung zat flavonoid polivenol.
  2. Manfaat sirih merah yang kedua yaitu dapat memberikan perlindungan pada tubuh agar proses pertumbuhan yang terjadi pada sel kanker dalam tubuh dapat terhambat. Hal ini didasari sirih merah mengandung senyawa kimia yang bernama alkaloid.
  3. Sirih merah ternyata dapat berguna sebagai obat alami antijamur serta dapat digunakan juga sebagai obat alami disinfektan karena daun sirih merah ternyata mengandung zat karvakol, zat inilah yang memberikan manfaat anti jamur dan desinfektan alami.
  4. Tak berhenti disitu saja sirih merah juga dapat bermanfaat sebagai salah satu obat alami analgesic atau yang lebih popular dikenal dimasyarakat sebagai obat penenang alami, hal ini disebabkankarena adanya senyawa eugenol yang terkandung pada tumbuhan sirih merah.
  5. Sirih merah mengandung senyawa kimia Tannin yang memiliki peran untuk kesehatan tubuh terutama berguna sebagai obat penyembuh diare atau mencret, dan bermanfaat sebagai tumbuhan herbal antiseptic penyembuh luka sayat pada kulit.
READ:  Minyak Tawon Untuk Ambeien

Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah

Daun Sirih Merah Untuk Pengobatan Diabetes Mellitus

Selain itu manfaat daun sirih merah juga pernah di uji cobakan pada mamalia kecil yaitu tikus putih. Sebuah studi pernah membuktikan akan manfaat sirih merah yang direbus kemudian diminumkan pada seekor tikus putih yang memiliki penyakit diabetes dan hasilnya tikus tersebut sembuh dari penyakitnya.

Dari pembuktian diatas, membuktikan bahwa rebusan daun sirih merah memang bisa dimanfaatkan sebagai obat alami pengontrol dan penyembuh gula darah dalam tubuh, meskipun penelitian tersebut dilakukan pada hewan namun sudah terbukti juga pada manusia.

Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah

Untuk memanfaatkannya sebagai obat diabetes, berikut adalah cara merebus daun sirih merah yang bisa Anda ikuti dan praktekkan sendiri di rumah.

  • Cuci dahulu daun sirih merah yang sudah disiapkan sampai benar-benar bersih
  • Masukkan kedalam panci lalu tambah air yang sudah kita siapkan
  • Masak dengan api sedang dan biarkan hingga mendidih dan hanya tersisa separunya saja.
  • Ambil dan saring air rebusan tersebut kemudian dinginkan
  • Minum secara rutin air rebusan tersebut 3 kali perhari dan diminum sebelum Anda makan.
READ:  Perubahan Fisiologis Tubuh Saat Bekerja

Demikianlah khasiat dan manfaat kesehatan dari daun sirih merah. Silahkan dicoba dan buktikan sendiri. Semoga bermanfaat.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *