Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin B7

Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin B7 - Vitamin HManfaat dari mengkonsumsi atau menjaga asupan vitamin B7 (biotin) bagi kesehatan adalah mencakup kesehatan metabolisme tubuh, kesehatan kulit, sintesis komponen vital, pengendalian gula darah, mencegah penyakit parkinson, dan lain sebagainya.

Biotin atau vitamin B7 (kadang juga disebut sebagai vitamin H) adalah katalis utama untuk menyebabkan reaksi berantai bagi tubuh untuk mendapatkan energi. Karena kemampuannya yang dapat larut di dalam air, vitamin ini harus di jaga setiap hari dengan mengkonsumsi vitamin B7 secara reguler.

Kekurangan asupan vitamin B7 akan menyebabkan beberapa gangguan masalah kesehatan, karena itu sangat pentng untuk menjaga jumlah vitamin B7 atau Biotin pada tubuh.

Kekurangan Vitamin B7

Kekurangan vitamin B7 atau Biotin dapat dideteksi melalui beberapa gejala yang muncul sebagai efek utama seperti kelelahan, depresi, rasa sakit pada bagian otot, rambut rontok, dan anemia. Selain dari simptom yang disebutkan tersebut, beberapa orang terkadang mengalami simptom lain seperti selera makan yang berkurang, fermatitis atau bahkan kulit kepala yang mengering.

Bahkan dalam beberapa kasus timbul gejala yang cukup serius seperti neurological disorder dan pertumbuhan yang terhambat pada anak-anak.

Sumber Vitamin B7

Untuk mendapatkan asupan vitamin B7 dari menu makan setiap harinya, anda bisa mendapatkannya melalui kuning telur, ikan, susu, hati dan kacang merah. Anda perlu tahu bahwa putih telur dapat menghambat peresapan biotin atau vitamin B7 oleh tubuh, oleh karena itu lebih baik menghindari mengkonsumsi putih telur dalam jumlah banyak.

Jumlah vitamin B7 yang harus dipenuhi berbeda-beda pada setiap orang, karena itu ada baiknya anda menemui dokter ahli untuk mengetahui seberapa banyak anda membutuhkannya. Beberapa sumber vitamin B7 lain adalah beras yang belum diproses, gandum, kedelai, kacang, ragi, kentang, pisang, brokoli, bayam dan kembang kol.

Manfaat Vitamin B7

Seperti vitamin lainnya, vitamin B7 memiliki beberapa manfaat bagi kesahatan tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat dari vitamin tersebut yang telah diketahui sampai saat ini:

  1. Metabolisme
    Seperti yang telah dijelaskan di atas, Biton adalah katalis utama dalam mengontrol sejumlah reaksi metabolime utuk mendapatkan sejumlah energi dari nutrisi atau mineral yang telah diserap tubuh. Nutrisi yang dapat diproses dengan bantuan Biotin adalah lemak, protein, dan karbohidrat. Proses ini sangat dibutuhkan oleh tubuh kita karena energi yang dihasilkan sangat diperlukan saat kita menjalankan kegiatan sehari-hari.
  2. Perawatan kulit
    Vitamin B7 adalah komponen penting dalam mempertahankan kesehatan kulit dan rambut pada setiap orang. Vitamin tersebut juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kuku. Biotin sangat membantu mengembalikan warna kulit yang pucat sebagai akibat dari polusi atau kesehatan yang terganggu. Karena itu, bila ada orang yang rambutnya rontok atau kulit mereka mengering, maka kemungkinan besar mereka kekurangan asupan vitamin B7.
  3. Perawatan jaringan
    Vitamin B7 sangat bermanfaat dalam membantu pertumbuhan dan perawatan jaringan otot dan memperbaiki jaringan tersebut bila rusak. Biotin juga memastikan setiap jaringan syaraf bekerja dengan baik searah dengan pertumbuhan tulang sum-sum.
  4. Mengurangi berat badan
    Biotin atau vitamin B7 berguna untuk membantu mengurangi lemak yang berlebih dan menjaganya pada keadaan yang ideal. Orang yang kelebihan berat badan sering kali disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B7.
  5. Gula darah
    Vitamin B7 telah terbukti secara klinis menjaga level gula darah yang mana merupakan kabar baik bagi para penderita diabet. Biotin membantu tubuh manusia untuk memproduksi insulin yang secara langsung mengurangi resiko kencing manis.