Cara Meninggikan Badan Secara Optimal Pada Masa Pertumbuhan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Memiliki tubuh yang tinggi diinginkan oleh banyak sekali orang. Karenanya tak heran kalau produk-produk peninggi badan menjamur di masyarakat kita.

Sebenarnya sebelum kita menjajal produk-produk atau obat peninggi badan buatan, ada baiknya kita mengusahakan cara meninggikan badan kita secara alami apa lagi kalau kita masih dalam masa pertumbuhan.

Sebelum melakukan usaha untuk meninggikan badan ada baiknya kita mengetahui dulu faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi badan. Terdapat dua faktor utama yang memiliki perana besar terhadap tinggi badan seseorang, yaitu faktor genetik dan faktor daya hidup.

Faktor genetik adalah faktor yang dipengaruhi oleh garis keturunan atau warisan. Dalam hal tinggi badan, seseorang yang memiliki orang tua bertubuh tinggi memiliki potensi besar untuk memiliki tubuh tinggi juga.

Sedangkan faktor ekseternal adalah faktor yang mempengaruhi tinggi badan lainnya adalah faktor daya hidup. Maksudnya adalah, jika seseorang bertumbuh tinggi karena gaya hidup berkualitas yang ia jalani seperti rajin berolah raga yang merangsang pertumbuhan tulang dan pola makan dengan gizi seimbang sehingga tubuh mampu bertumbuh secara optimal.

Dan faktor daya hiduplah yang bisa kita usahakan untuk bisa menambah tinggi badan kita. Melalui penjelasan singkat tersebut, kita bisa menyimpulkan  bahwa memperbaiki kualitas hidup adalah cara meninggikan badan yang bisa kita lakukan.

Sekarang kita akan membahas bagaimana kita bisa meningkatkan daya hidup yang kemudian dapat berpengaruh pada pertambahan tinggi badan.

Cara Meninggikan Badan Secara Optimal Pada Masa Pertumbuhan

Cara meninggikan badan dengan meningkatkan kualitas hidup bisa kita lakukan dengan beberapa cara, dan cara ini tentunya lebih aman daripada dengan konsumsi obat-obatan pemicu pertumbuhan.

Perlu diingat bahwa masa pertumbuhan efektif terjadi sebelum seseorang menginjak usia dua puluh tahunan, karena itu bagi kita yang masih dalam usia pertumbuhan disarankan untuk rutin melakukan usaha untuk mengoptimalkan pertumbuhan. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk menambah tinggi badan:

Berolahraga secara teratur

Beberapa jenis olah raga diketahui efektif untuk menambah tinggi badan seseorang. Olah raga yang bisa menambah tinggi badan antara lain adalah berenang, bermain bola basket, bersepeda, bulu tangkis dan lari.

Selain itu kita juga bisa melakukan berbagai gerakan yang bisa merangsang pertumbuhan tulang kita seperti vertical hanging, ancle wheight dan sebagainya. Berolahraga secara teratur adalah cara meninggikan badan yang sangat efektif.

Memperhatikan pola makan

Pola makan memiliki peranan yang penting dalam usaha menambah tinggi secara alami. Mereka yang memiliki pola makan yang baik dan seimbang akan memiliki pestur tubuh lebih baik daripada mereka yang tidak. Hal ini tentunya berkaitan dengan asupan gizi yang diterima oleh tubuh.

Tentunya kita juga sudah mendengar bahwa banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan zinc merupakan cara meninggikan badan.

Hal ini tidak salah, namun faktanya kita juga memerlukan nutrisi lain seperti protein dan vitamin untuk merangsang pertumbuhan tubuh kita. Nutrisi yang seimbang diperlukan oleh tubuh untuk bisa bertumbuh secara optimal.

Beristirahat dengan cukup dan berkualitas

Tidur malam yang berkualitas adalah termasuk cara meninggikan badan yang perlu dilakukan. Tubuh kita memerlukan waktu untuk beristirahat untuk menyeimbangkan sistem metabolisme. Selain itu beberapa hormon pertumbuhan justru dapat beraktifitas maksimal saat kita beristirahat malam.

Mengatur postur tubuh

Untuk memaksimalkan cara meninggikan badan yang sedang kita usahakan, pastikanlah diri kita untuk selalu memposisiskan tubuh dengan benar, baik saat duduk maupun berdiri.

Pastikanlah Anda selalu duduk dan berdiri dengan posisi yang tegak dan benar sehingga tulang belakang kita tidak melengkung secara abnormal.

***

Demikianlah beberapa cara menambah tinggi badan yang bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah. Silahkan dicoba dan semoga berhasil. Salam sehat!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *