Cream Pemutih Wajah Yashodara

Tips dan Cara Mengatasi Biang Keringat

Tips dan Cara Mengatasi Biang KeringatBiang keringat atau miliaria adalah istilah medis untuk kondisi kulit yang mengalami ruam panas atau ruam keringat.

Biang keringat merupakan gangguan pada kulit berupa peradangan yang dapat menimbulkan rasa gatal.

Biang keringat ini bentuknya seperti jerawat kecil dan sangat halus, biasanya terjadi pada musim kemarau atau pada cuaca yang lembab.

Biang keringat terjadi karena kulit cenderung mengeluarkan keringat lebih banyak dan saat keringat ini terjadi kontak dengan sebum, debu, bakteri dan zat yang menimbulkan kulit kering yang akhirnya menghambat kelenjar keringat atau pori-pori kulit.

Biang keringat dapat diderita oleh semua orang dari segala usia, tetapi umumnya terjadi pada bayi dan balita karena kelenjar keringat mereka belum berkembang secara sempurna.

Meskipun biang keringat bukan kondisi medis yang sangat serius, tetapi jika biang keringat muncul pada wajah, dada dan punggung kita tentu sangat mengganggu kecantikan dan kemulusan kulit.

Tips dan Cara Mengatasi Biang Keringat

Untuk mengatasi masalah biang keringat, selain dengan obat dokter dapat pula dengan menggunakan sejumlah ramuan alami, diantaranya adalah:

  1. Gunakan ramuan dari bubuk ketumbar dan bubuk cendana masing-masing dua sendok makan. Tambahkan air mawar secukupnya untuk membuat pasta agak kental. Oleskan pasta ini pada biang keringat lalu biarkan hingga kering sebelum anda membilasnya dengan air dingin.
  2. Gunakan serbuk bubuk cendana dan bubuk tawa dan air secukupnya untuk membuat ramuan berbentuk pasta dan oleskan pada biang keringat anda.
  3. Ambil bubuk henna dan buat pasta kental dengan air dingin. Gunakan campuran pasta ini untuk mendinginkan ruam panas yang menusuk. Namun, ini mungkin meninggalkan bekas yang memerah karena efek pewarnaan henna.
  4. Gunakan ramuan tepung jagung, tepung sereal dan air secukupnya untuk membuat pasta yang encer. Oleskan ramuan ini pada kulit tubuh yang memiliki biang keringat. Biarkan hingga mengering baru dibilas dengan air dingin. Selain dapat mengobati biang keringat, tepung sereal (gram flour) juga berfungsi sebagai pengelupas (exfoliant) kulit wajah jika tepung sereal ini ditambah dengan air dan yogurt.
  5. Oatmeal (jenis gandum berserat tinggi) juga adalah salah satu bahan alami yang dapat mengobati biang keringat. Caranya dengan menaburkan bubuk oatmeal ke dalam bak mandi yang berisi air kemudian rendam diri anda di dalamnya.
  6. Oleskan krim hidrokortison untuk meringankan rasa gatal akibat biang keringat. Oleskan cream tersebut secara lembut pada kulit yang mengalami biang keringat.
  7. Cara lain untuk mengatasi biang keringat dengan mengoleskan produk yang mengandung asam salisilat pada biang keringat anda. Hal ini akan membantu dalam mengeringkan ruam karena biang keringat.

Cara mengatasi biang keringat dengan menggunakan cara alami atau obat khusus dari dokter akan mempercepat proses pengeringan dan penyembuhan biang keringat. Menjaga kelembaban kulit utamanya pada musim kemarau akan mencegah munculnya biang keringat. Lakukan perawatan kulit secara rutin untuk  mempertahankan kesehatan kulit anda.

Jika gejala berlanjut, tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakan obat biang keringat herbal alami. Salah satunya adalah masker bengkoang Oriens yang dijual secara resmi di website www.obatbiangkeringat.com.

Salam sehat!





  • singgih

    sangat bermanfaat buk untuk penderita. semoga bermanfaat ramuan-ramuannya