Cream Pemutih Wajah Yashodara

7 Cara Mengatasi Stres Saat Hamil

Cara Mengatasi Stres Saat HamilSetiap wanita yang telah berumah tangga pasti mendambakan yang namanya buah hati sebagai generasi penerus. Selain itu, kehadiran anak di tengah-tengah keluarga akan menambah suasana yang lebih ceria dan bahagia dalam menjalani hidup berumah tangga.

Namun demikian sebelum memiliki buah hati, para calon ibu pasti akan melewati masa kehamilan yang terbagi dalam beberapa tahapan. Perkembangan janin dalam kandungan tentunya akan sangat menguras tenaga dan pikiran sang calon ibu.

Biasanya pada trimester pertama dan kedua, ibu akan mengalami perubahan dan sejumlah gangguan fisik seperti rasa mual, muntah dan keletihan. Perkembangan janin dalam kandungan biasanya mempengaruhi psikologis ibu hamil sehingga cenderung mengarah pada stres tingkat tinggi dan beberapa gangguan kesehatan lainnya. Di sisi lain, ibu hamil juga memerlukan gizi yang lebih untuk mengimbangi perkembangan janin selama masa kehamilan.

Stress merupakan kondisi medis yang paling akrab dengan ibu hamil, hal ini dipicu oleh penurunan kondisi fisik dan kesalahan dalam manajemen pikiran sang ibu. Jika dibiarkan berlaru-larut, kondisi stres tersebut tentu akan berdampak buruk pada kesehatan sang janin dalam kandungan.

Mengatur kebutuhan gizi dan pikiran adalah salah satu cara untuk menghindari stres saat hamil. Selain itu ada beberapa cara menangani stres saat hamil yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak pada janin dalam kandungan, antara lain seperti:

1. Luangkan Waktu Untuk Santai

Luangkan waktu untuk bersantai bersama keluarga. Kunjungi lokasi dimana anda bisa merasakan ketenangan. Kurangi kesibukan yang memerlukan banyak  pikiran dan menguras tenaga, hal ini sangat baik untuk menjaga pikiran agar tidak mengalami stress.

2. Terbuka Dalam Berbagai Masalah

Disadari atau tidak, pertanyaan yang sering muncul dalam hati dan sangat mengganggu pikiran pada sang ibu hamil seperti khawatir tentang apakah bayi dalam kandungan mereka dalam kondisi sehat, apakah ia akan lahir dengan selamat atau lahir normal dan masih banyak lagi. Jika hal ini terjadi pada anda, cobalah terbuka pada dokter, suami atau kerabat dekat anda untuk berkonsultasi atau meminta saran-saran mereka.

3. Ikut Senam Khusus Untuk Ibu Hamil

Senam khusus untuk Ibu hamil dapat meningkatkan mood anda dan akan memperlancar saat proses persalinan tiba. Latihan lain yang juga sangat membantu dalam manajemen hati dan pikiran anda adalah  melakukan yoga kehamilan. Yoga kehamilan bisa dilakukan dengan tidur telantang lalu mengatur pernafasan sehingga tubuh anda akan teralaksasi dengan baik.

4. Terapi Musik dan Aroma Terapi

Mendengarkan musik Mozart, Beethoven atau menonton acara TV yang anda senangi adalah salah satu cara untuk menghilangkan stres dan juga memberi pengaruh positif pada janin. Selain mendengarkan musik, minyak aromaterapi juga merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Minyak aromaterapi akan membantu merangsang otak dan memberi ketenangan pada diri anda. Anda dapat memilih aroma favorit anda atau dapat mencoba aroma yang dikenal memiliki sifat penenang.

5. Lakukan Pijat Relaksasi

Cara lain untuk menghilangkan stres dan ketegangan selama kehamilan adalah dengan melakukan pijat relaksasi, tetapi hal ini harus dilakukan oleh ahli pijat relaksasi. Pijat relaksasi dapat membantu tubuh dan pikiran anda akan menjadi lebih rileks kembali.

6. Istirahat Yang Cukup

Saat menjalani kehamilan, usahakan tidur yang cukup agar kondisi badan dan pikiran menjadi tenang. Sebaliknya, kurang tidur dapat menyebabkan stres karena hormon pemicu stres seperti hormon kortisol  semakin meningkat dikala tubuh kurang istirahat. Itulah sebabnya mengapa orang yang kurang tidur selalu emosi dan marah  yang mengarah pada terjadinya stres.

7. Berhubungan Intim dengan Suami

Pada umumnya wanita yang sedang hamil mengalami peningkatan energi dan nafsu untuk berhubungan badan karena pada kondisi ini, wanita hamil sangat responsif terhadap rangsangan sehingga mereka dengan mudah terangsang.

Berhubungan intim dengan suami tentu akan memberi kepuasaan dan ketenangan batin pada kedua pasangan. Selain itu juga bermanfaat untuk menghilangkan perasaan emosi dan stres saat menjalani kehamilan.

********

Selain cara mengatasi stres saat hamil di atas, anda juga harus rutin untuk memeriksakan kandungan pada bidan atau dokter kandungan untuk mengetahui perkembangan dan kondisi bayi bayi anda. Selama menjalani masa kehamilan sebaiknya selalu memperhatikan kesehatan anda agar memudahkan saat menjalani masa kehamilan dan proses persalinan nantinya.