Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin B6

Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin B6Vitamin B6 adalah vitamin yang dapat larut dengan air dan bisa ditemukan dalam berbagai macam makanan serta juga tersedia dalam bentuk suplemen. Manfaat utama dari vitamin B6 atau pyridoxamine adalah membantu aktivitas koenzim, sistem imunitas, metabolime, sindrom pre-menstural, kontrol hormon, emosional disorder, kondisi kulit, gangguan ginjal, anemia dan influenza.

Vitamin B6 yang juga dikenal dengan nama Pyridoxamine memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh manusia, terutama di saat sekarang ini dimana tingkat kesehatan menjadi suatu masalah yang serius. Dengan tingkat kesehatan manusia yang semakin menurun, tambahan nutrisi seperti vitamin B6 memiliki efek yang signifikan terhadap kesehatan.

Vitamin yang mudah larut dalam air ini sangat membantu dalam perawatan berbagai macam masalah kesehatan yang berhubungan dengan kulit, rasa depresi, kelelahan, sistem syaraf dan masih banyak yang lainnya.

Kekurangan Vitamin B6

Kekurangan vitamin B6 akan menimbulkan beberapa gangguan kesehatan seperti kelelahan, nafsu makan yang berkurang, kulit menjadi lebih kering, rambut rontok, pecah-pecah di area sekitar bibir, sulit tidur dan pembengkakan pada bagian mulut dan lidah.

Disamping semua itu, seseorang juga mungkin sekali memiliki kesulitan dalam menyelaraskan koordinasi pergerakan tubuh, anemia, mudah marah, kekacauan mental serta beberapa bagian tubuh menjadi lebih lemah.

Untuk menghindari kekurangan vitamin B6, setiap orang harus secara rutin memakan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin ini yang banyak ditemukan di dalam padi yang belum diproses, sereal, kacang hijau, kenari dan makanan yang mengandung hasil fermentasi gandum di dalamnya. Ikan, telur, daging, hati dan berbgaia macam daging-dagingan lain juga mengandung vitamin B6 yang cukup tinggi.

Bahan makanan lain yang memiliki kandungan vitamin B6 yang baik adalah pisang, kubis, daun kol, kedelai, wortel dan bayam. Seseorang dapat bergantung pada vitamin B6 untuk menjaga kesehatan mereka.

Manfaat Vitamin B6

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dari vitamin B6, antara lain:

  1. Aktivitas koenzim
    Vitamin B6 memiliki fungsi penting dalam membantu kinerja berbgai sistem enzim dalam tubuh manusia agar dapat berjalan dengan baik. Saling ketergantungan vitamin B6 dan enzim tersebut memiliki efek yang signifikan terhadap kelangsungan sistem syaraf dalam tubuh agar dapat berjalan dengan lancar serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh
  2. Sistem imunitas
    Vitamin B6 memiliki peran penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia hingga level tertentu yang dibutuhkan. Sistem imunitas tersebut dapat membuat tubuh kita kebal terhadap beberapa bakteri penyakit yang berbahaya. Karena itu, kekurangan vitamin ini dapat membuat tubuh kita mudah terserang penyakit
  3. Metabolisme
    Vitamin B6 sangat disenangi karena dia memiliki kemampuan untuk memproses beberapa jenis nutrisi agar dihasilkan energi yang berguna untuk aktivitas tubuh sehari-hari. Karbohidrat, lemak dan protein adalah 3 macam nutrisi yang bisa diubah ke dalam bentuk energi oleh vitamin B6, selain itu amino acid juga bisa diproses oleh Pyridoxamine ini.
  4. Sindrom pre-mentrual
    Vitamin B6 memiliki funsi untuk merawat sindrom pre-menstrual yang sering terjadi pada setiap wanita. Pada fase menstrual awal sering terjadi penurunan jumlah Pyridoxamine yang menyebabkan mood menadi jelek, kehilangan selera untuk berhubungan seks dan berbagai macam gangguan lain pada wanita. Karena itu, ada baiknya setiap wanita untuk mengkonsumsi suplemen vitamin B6 untuk menjalani masa mentruasi yang lebih menyenangkan.
  5. Kontrol hormon
    Pyridoxamine juga memiliki fungsi untuk mempertahankan kadar hormon dalam tubuh kita.