Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin B3 (Niacin)

Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin B3 (Niacin)Vitamin B3 atau Niacin memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh seperti membantu mengawasi sirkulasi darah yang baik, kondisi kulit yang sehat dan membantu kinerja otak serta meningkatkan daya ingat.

Selain itu, vitamin B3 juga bisa digunakan untuk membantu pencernaan dan penyerapan karbohidrat, lemak dan protein, meringankan gejala arthritis serta kondisi schizophrenia. Manfaat paling penting dari Niacin atau Vitamin B3 adalah mengurangi kadar kolesterol dalam darah serta mengontrolnya.

Vitamin B3 atau Niacin memiliki tugas untuk membantu pelepasan energi ke seluruh jaringan tubuh serta sangat penting untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Anda bisa mendapatkan suplemen vitamin B3 di beberapa apotik terdekat, tetapi akan lebih baik bila anda membelinya berdasarkan resep dokter.

Vitamin B3 sangat sering digunakan sebagai bantuan vitamin dalam menterapi beberapa penyakit dalam tubuh. Niacin juga digunakan untuk merawat gangguan pernapasan serta pembuluh darah, sebagai suplemen makanan yang sangat baik dan merawat penyakit seperti pellagra dan lovastatin.

Selain daripada yang disebutkan di atas, Niacin masih memiliki beberapa manfaat terutama bagi tubuh manusia yang telah ditemukan berdasarkan riset selama ini.

Pada dasarnya, niacin memiliki 3 jenis bentuk yaitu nicotinic acid dan Niacinamide, Inositol Hexaniacinate digunakan untuk membantu orang dalam bentuk tablet suplemen. Nicotinic acid membantu untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam darah dan Niacinamide dapat ditemukan di berbagai macam suplemen.

Khasiat dan Manfaat Vitamin B3

Beberapa khasiat dari vitamin B3 atau Niacin adalah:

Pencernaan
Sebagai bagian dari vitamin B kompleks, Vitamin B3 membantu sistem pencernaan manusia agar dapat bekerja secara normal, mengembalikan selera makan, respon yang baik serta mencerahkan kulit

Energi
Vitamin B3 atau Niacin memiliki fungsi penting dalam mengubah protein, karbohidrat dan lemak menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Kolesterol
Asupan Niacin yang cukup tinggi sebesar 1100 miligram atau lebih dalam satu hari, telah terbukti dapat menurunkan tingkat kolesterol buruk LDL dalam tubuh kita serta meningkatkan kolesterol baik HDL untuk mencegah penebalan pada dinding arteri.

Sumber makanan
Niacin Atau Vitamin B3 dapat ditemukan dalam beberapa bahan makanan yaitu, daging, kalkun, ikan tuna, telur, berbagai macam unggas, ragi, kacang-kacangan, polong, kentang, keju, nasi coklat, gandum dan susu. Bahkan bahan makanan berbasis tryptophan juga bisa meningkatkan kadar niacin dalam tubuh.

Pellagra
Orang dengan berbagai macam gangguan otot, masalah pada pencernaan, iritasi pada kulit atau pellagra mungkin kekurangan vitamin B3 dalam makanan mereka, karena itu mereka perlu menambah asupan nicain untuk mengurangi bahkan menghilangkan gangguan kesehatan tersebut.

Kesehatan mental
Bahkan beberapa gangguan kesehatan dapat disembuhkan dengan memberikan asupan vitamin B3 atau niacin dengan dosis tertentu.

Pada jaman sekarang ini, sangat jarang ditemukan orang yang kekurangan asupan vitamin B3 karena masyarakat modern saat ini telah banyak tergantung oleh Niacin untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan kesehatan dan juga mental pada setiap orang.

Ketiga bentuk Niacin tersebut memiliki efek yang berbeda pada tubuh manusia. Niacinamide sangat berguna untuk mencegah peradangan. Sedangkan Nicotinic acid dan Inositol hexaniacinate sangat berpengaruh dalam peredaran darah kita.

Anda dapat mengkonsumsi Vitamin B3 atau Niacin bersamaan dengan makanan sehari-hari anda atau bahkan dengan berbagai macam cairan. Dalam beberapa kasus, Niacin dapat memabukkan bila dikonsumsi dalam dosis yang sangat tinggi. Karena itu akan sangat baik bila anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen Vitamin B3 dalam bentuk apapun.




  • http://obatherbalmaag.com/308/informasi-seputar-penyakit-hepatitis-c.html azhari

    waaaahhh
    keren infonya
    sangat bermanfaat dan berguna
    salam kunjung
    dan sekalian mo tanya makanan yang mengandung vitamin b itu pa saja yah
    semoga di respon