Cream Pemutih Wajah Yashodara

Cara Mengobati Penyakit Mata Ikan

Cara Mengobati Penyakit Mata Ikan atau ClavusPenyakit mata ikan atau kapalan yang dalam istilah kedokteran disebut clavus biasanya muncul pada bagian bawah telapak kaki, tumit, dan bagian atas pada jari kaki (clavus pedis).

Terkadang juga penyakit mata dijumpai menyerang bagian tangan (clavus manus) dan bagian kulit lainnya. Penyakit mata ikan memiliki ciri seperti kulit menebal dan keras yang terbentuk antara lain karena banyaknya tekanan atau gesekan pada kaki.

Hal ini bisa terjadi jika anda sering menggunakan alas kaki yang kurang cocok dengan ukuran kaki. Pada beberapa kasus lain, penyakit mata ikan ini bisa ditemukan pada pundak orang yang sering mengangkat beban berat di pundaknya seperti para kuli barang.

Pada penyakit mata ikan, lapisan-lapisan tebal pada sel-sel kulit mati biasanya berwarna putih atau kuning dan terkadang  permukaannya terlihat terkelupas menyerupai kulit kering. Biji dari penyakit mata ikan ini cenderung kecil dan bulat dengan rasa sakit.

Selain menyakitkan, munculnya penyakit mata ikan ini tentunya juga akan mengurangi rasa percaya diri anda terutama jika anda ingin melepas alas kaki ataupun jika anda ingin memakai sendal jepit misalnya.

Faktor Penyebab Penyakit Mata Ikan

Ada beberapa penyebab terjadinya penyakit mata ikan ini seperti selalu berjalan tanpa alas kaki sehingga gesekan antara kulit dan permukaan padat pada pijakan menjadi pemicunya.

Selain itu, faktor kelebihan berat badan yang memberi tekanan besar pada telapak kaki bisa juga menjadi faktor penyebab. Faktor lainnya seperti memakai sepatu tanpa kaos kaki atau ukuran sepatu yang kekecilan. Menggunakan sepatu berhak tinggi dan sepatu yang longgar dapat pula menyebabkan penyakit mata ikan.

Cara Mengobati Penyakit Mata Ikan

Untuk mengobati penyakit mata ikan ini bisa dilakukan dengan terlebih dahulu merendam kaki pada air hangat sebelum melakukan pengelupasan guna memudahkan kita menipiskan bagian kulit yang tebal. Gunakan sabuk kelapa atau batu apung untuk melakukan hal ini. Cara menggosoknya dengan satu arah secara lembut dan sedikit demi sedikit.

Cara lainnya adalah dengan menggosokkan getah jarak secara langsung pada daerah yang terkena mata ikan. Anda juga bisa memanfaatkan ramuan air kapur dan sabun colek sebagai ramuan oles pada bagian yang terkena mata ikan selama 5 menit lalu digosok dengan kain yang agak kasar.

Beberapa cara mengobati penyakit mata ikan di atas semoga bermanfaat bagi anda. Selalu menggunakan alas kaki yang sesuai dengan ukuran kaki merupakan salah satu cara paling efektif mencegah datangnya penyakit mata ikan. Jika cara alami di atas belum bisa mengatasi penyakit mata ikan yang Anda derita, segera temui dokter spesialis kulit Anda untuk mendapatkan perawatan medis lanjutan.

Salam sehat!





  • edi kurniawan

    mengatasi telapak kaki berlubang kecil kecil/banyak