Tips dan Cara Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Tips dan Cara Mengecilkan Pori-Pori KulitMemiliki pori-pori kulit yang besar dapat membuat kulit nampak kasar. Tentunya ini menjadi hal yang kurang menarik dan sangat mengganggu justru ketika kita menginginkan kulit yang halus dan mulus, bukan?

Pori-pori kulit yang membesar mudah mengalami penyumbatan yang dapat menyebabkan pertumbuhan komedo dan jerawat. Pembesaran pori-pori bisa dipicu oleh produksi sebum yang berlebihan. Jika sebum ini mengeras akan menyebabkan pembesaran pada pori-pori.

Pendekatan yang paling umum untuk terapi pori-pori membesar adalah dengan menjaga kebersihan dan kelembaban kulit. Selain itu, pilihan lain dalam mengatasi pembesaran pori-pori kulit adalah dengan mencari pengobatan spesifik dari dokter kulit, atau dengan menggunakan sejumlah ramuan herbal yang sudah banyak terbukti mengecilkan pori-pori yang besar.

Nah, pada artikel ini kita akan membahas dari aspek pengobatan secara alami saja.  Cara mengecilkan pori-pori kulit yang bisa anda lakukan di rumah dengan memanfaatkan beberapa ramuan alami seperti:

Baking Soda       

Baking soda dapat mengecilkan pori-pori dan membantu menghilangkan penumpukan sel-sel kulit mati yang berpotensi menyumbat pori-pori kulit. Caranya, blender 30 ml bubuk baking soda dengan menggunakan air secukupnya sebagai ramuan pijat pada kulit dengan gerakan melingkar, lalu bersihkan kulit dengan air.

Minyak Zaitun

Minyak esensial dari bunga zaitun dapat menangani masalah kulit berminyak dan mengecilkan pori-pori membesar. Oleskan secara merata untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Tomat

Tomat yang dibuat sebagai masker wajah adalah obat herbal alami untuk mengecilkan pori-pori kulit yang membesar dan dapat pula mencerahkan warna kulit anda. Caranya dengan mengiris tomat lalu dioleskan langsung ke bagian kulit selama 10 menit dan selanjutnya dibersihkan dengan air hangat. Bagi orang yang memiliki jenis kulit kering sebaiknya menggunakan yoghurt sebagai masker alami.

Putih Telur dan Jus Jeruk

Putih telur memberikan karakteristik tone kulit yang baik dalam mengurangi pembesaran pori. Selain itu, jus jeruk ternyata dapat membuat kulit tampak lebih segar dan cerah alami. Perpaduan jus jeruk dan putih telur tersebutjika dioleskan ke seluruh wajah selama 20 menit tentu akan memberi efek yang luar biasa untuk merawat kecantikan kulit dan mengecilkan ukuran pori-pori wajah.

Garam dan Butter Milk

Mengecilkan pori-pori juga bisa ditempuh dengan memanfaatkan pasta dari garam yang ditambahkan dengan butter milk. Biarkan pasta selama 20 menit sebelum dibersihkan dengan air hangat untuk mengangkat lebih banyak kotoran dari sel-sel kulit mati. Asam laktat yang terkandung pada butter milk dapat membantu mengecilkan pori-pori yang membesar dan sekaligus meluruhan sel kulit mati.

*****

Cara mengecilkan pori-pori kulit dengan menggunakan obat herbal alami terkadang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dirasakan efeknya dibanding produk kimia.

Selain cara herbal, pilihan lain seperti menggunakan produk makeup seperti scrub wajah, serum dan lotion khusus wajah bisa juga anda terapkan. Tapi sebelum memutuskan salah satu produk kosmetik tersebut, sebaiknya pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit anda untuk memberikan hasil yang lebih memuaskan.

Salam cantik!





  • mhdhafiz hafiz

    makasih impo yg sangat brguna, mau di coba ni thank ya…

  • mhdhafiz hafiz

    makasih impo yg sangat brguna, mau di coba ni thank ya…

  • http://twitter.com/777_najl najl@

    like this.

  • warung suntik

    Nice posting.. Sangat brguna nih tips. Patut di coba ^^v