Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin B5

Loading...

Vitamin B5 yang juga dikenal sebagai Pantothenic Acid dapat ditemukan di dalam sel darah kita. Pantothenic Acid atau vitamin B5 tersebut sangat penting untuk menjaga keseimbangan sodium dan potassium yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Tanpa adanya asupan vitamin B5, tubuh anda akan tidak akan dapat menjaga pengaturan cairan serta tekanan darah di dalam tubuh. Hal paling menarik dari vitamin B5 adalah nutrisi ini dapat ditemukan di semua sel makhluk hidup di sekitar anda termasuk tumbuhan dan tanaman. Vitamin B5 atau Pantothenic Acid memiliki peran penting dalam produksi energi yang akan digunakan di semua aktivitas harian kita.

Karena vitamin B5 ini sangat berhubungan dekat dengan pembentukan energi yang berasal dari karbohidrat dan lemak, maka gejala yang timbul bila seseorang kekurangan vitamin ini seringkali dihubungkan dengan gangguan yang disebabkan oleh kekurangan energi yang mana diantaranya adalah kelelahan dan perasaan lemas.

Kekurangan Vitamin B5

Ada satu sebuah gangguan yang jarang terjadi bagi orang yang kekurangan asupan vitamin B5 yaitu sindrom kaki yang terbakar. Pada kondisi sindrom tersebut, kaki anda akan mati rasa dan geli disertai dengan rasa sakit yang amat perih. Walaupun vitamin B lain seperti B1 dan B3 dapat mengurangi gejala kaki terbakar tersebut, tetapi vitamin B5 tetap diperlukan agar gangguan tersebut dapat sembuh sepenuhnya.

Kondisi ini sangat jarang terjadi, karena itu beberapa peneliti mengambil kesimpulan bahwa gangguan penyakit karena kekurangan vitamin B5 tidak hanya disebabkan oleh vitamin itu sendiri tetapi juga karena kekurangan vitamin B yang lain pula.

Sumber Vitamin B5

Asupan vitamin B5 sangat diperlukan bagi tubuh kita setiap harinya, karena itu anda harus banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung Pantothenic Acid. Beberapa bahan makanan yang banyk mengandung vitamin B5 adalah kacang, kemiri, jagung utuh dan oatmeal.

Vitamin B5 juga bisa ditemukan pada beberapa daging, tetapi hampir 33 persen dari kandungan vitamin tersebut hilang ketika proses pemasakan. Bentuk kedua dari vitamin B5 adalah Pantethine adalah nutrisi yang mudah larut dalam air, karena itu bentuk vitamin B5 ini sanagat baik bila dikonsumsi bersamaan dengan madu. Dengan asupan vitamin B5 yang cukup, tubuh akan dapat menyokong kinerja kelenjar dengan baik.

Vitamin B5 adalah jenis vitamin yang kandungannya dalam makanan sangat tidak stabil karena vitamin ini dapat hancur atau hilang ketika makanan tersebut dimasak atau dibekukan.  Ada beberapa riset yang membuktikan pernyataan tersebut dengan mengatakan bahwa makanan berbahan daging yang dibekukan kehilangan 21 sampai dengan 70 persen kandungan vitamin B5 yang dimilikinya.

Sedangkan untuk makanan yang telah diproses atau sayur-sayuran yang dikalengkan kehilangan 7 sampai 50 persen vitamin B5 yang dimiliki terutama ditemukan saat makanan tersebut diproses dan dikalengkan.

Karena itu, lebih baik anda mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan atau makanan yang berbahan daging yang masih segar, bukan yang sudah diproses atau dibekukan untuk menjaga kandungan vitamin B5 yang dimiliki. Dan juga usahakan untuk tidak memasaknya dalam jangka waktu yang lama.

Manfaat Vitamin B5

Di bawah ini adalah beberapa manfaat Vitamin B5 yang dapat dirasakan oleh tubuh kita bila mampu menjaga asupan Pantothenic acid setiap harinya:

  1. Membantu perkembangan serta memperkuat antibodi pada tubuh
  2. Dapat mencegah degenerasi sistem syaraf
  3. Membantu menyembuhkan luka lebih cepat
  4. Menjaga dan memperbaik sel sel tubuh yang rusak
  5. Beberapa riset juga mengatakan vitamin B5 dapat memperlambat timbulnya uban pada rambut
  6. Menghambat proses penuaan pada kulit
  7. Bisa digunakan untuk memperbaiki pertumbuhan tulang yang menyimpang
  8. Membantu mencegah Arthritis atau radang sendi

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *