Cara Merawat Kulit Dengan Masker Jagung




Cara Merawat Kulit Dengan Masker JagungMerawat kulit wajah tak perlu mahal, banyak cara murah dan mudah yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan kulit yang putih dan mulus tanpa bahan kimia.

Perawatan kulit yang lebih murah bukan berarti tanpa khasiat. Sebaliknya, terkadang kosmetik yang harganya mahal justru hanya menambah masalah baru pada kulit kita.

Salah satu metode perawatan kecantikan dengan bahan sederhana namun memberi hasil yang mengesankan adalah dengan memanfaatkan jagung sebagai bahan membuat masker untuk kulit wajah.

Fakta telah membuktikan bahwa kandungan vitamin  yang terdapat pada jagung merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan kulit kita.


Vitamin C yang terdapat pada tepung jagung akan membantu membangun jaringan ikat dan mencegah terjadinya jaringan parut pada kulit. Ketahuilah bahwa satu cangkir jagung menyediakan 16% dari kebutuhan vitamin C harian kita.

Selain itu, vitamin A yang terkandung dalam jagung merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh kulit dalam menjaga kelembaban dan mempertahankan elastisitas kulit serta mencegah terjadinya penuaan dini.

Asam fitat yang terkandung dalam jagung juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Antioksidan berfungsi sebagai pemberi perlindungan kulit dari radikal bebas.  Meskipun selama ini jagung sering dianggap sebagai makanan tradisional akan tetapi jagung merupakan salah satu sumber kalsium, kalium dan fosfor yang dapat meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.

Dengan melihat kandungan jagung tersebut tidak mengherankan lagi jika jagung banyak dimanfaatkan dalam perawatan kulit secara alami ataupun sebagai bahan produk kosmetik.

Manfaat jagung dalam perawatan kulit adalah untuk memutihkan dan menghilangkan noda hitam. Hasilnya akan sangat efektif jika digunakan secara rutin. Selain itu, jagung juga dapat digunakan sebagai exfoliant (pengelupas kulit) yang sangat baik untuk menghaluskan kulit kita.

Manfaat jagung lainnya adalah dapat menyerap minyak yang berlebihan pada kulit tanpa menyebabkan kulit menjadi kering sehingga kulit tetap nampak cerah dan bercahaya.  Selain itu, jagung juga bertindak  sebagai microdermabrasi yang sangat baik dalam merangsang pertumbuhan sel epidermis yang baru.

Masker Jagung – Pilihan Murah dan Nyaman Untuk Kulit

Jika anda ingin melakukan perawatan kulit dengan cara alami dan biaya yang cukup murah, cobalah gunakan masker jagung sebagai exfoliant (pengelupasan kulit mati) mingguan anda seperti dibawah ini:

  • Untuk kebutuhan harian: Gunakan ½ cangkir jagung yang telah dihaluskan, gel aloe vera (lidah buaya) 2 sdm, 2 tetes minyak esensial jeruk manis serta air hangat secukupnya untuk dijadikan pasta. Gosok kulit dengan gerakan melingkar selama 2 menit sebelum dibialas dengan air hangat.
  • Untuk kulit kering:  Campurkan tepung maizena 1 sdm, perasan air jeruk  ½ buah dan putih telur 1 butir lalu dijadikan pasta. Oleskan pasta ini setiap 2 kali sehari sebelum mandi untuk mengangkat sel kulit yang mati dan sekaligus  melembutkan kulit anda.
  • Untuk kulit berminyak:  Gunakan ramuan  seperti tepung beras ataupun tepung jagung 1 sdm, strowberi  1/2 mangkuk,  madu 1 sdm dan  1/4 mangkuk susu rendah lemak. Tapi sebelum membuat masker ini, stroberi dihaluskan terlebih dahulu dengan madu dalam blender lalu tambahkan tepung maizena dan susu untuk dijadikan pasta. Oleskan ke wajah anda kecuali  di sekitar area mata. Biarkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.
  • Untuk menghilangkan komedo: Campurkan tepung jagung (maizena) dan cuka masing-masing 1 sdm kemudian dijadikan pasta lalu dioleskan pada daerah yang berkomedo selama  15-20 menit. Bersihkan pasta dengan kapas basah kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan ramuan ini secara rutin sekali sehari sebelum mandi agar kulit wajah anda bersih dari komedo.

Cara merawat kulit dengan masker jagung sebenarnya bukan hal yang baru lagi karena ramuan ini sudah digunakan oleh leluhur kita dalam merawat kulit mereka.

Jadi untuk mendapatkan kulit yang halus dan lembut sekaligus kulit yang cerah cobalah dengan menggunakan ramuan diatas, walaupun sangat sederhana tapi akan memberikan hasil yang cukup memuaskan, apalagi jika dilakukan secara rutin dan teratur.






  • Hayyu Labibah

    kalau pakai tepung maizena yang kemasan boleh tidak dok???