Cara Membuat Masker Untuk Kulit Berminyak

Masker Untuk Kulit BerminyakKulit berminyak merupakan lahan subur untuk pertumbuhan jerawat, utamanya pada daerah wajah dan punggung kita. Penyebab munculnya kulit berminyak karena jaringan sebum dalam tubuh kita memproduksi minyak terlalu aktif sehingga kulit nampak mengkilat dan berminyak.

Sebenarnya minyak ini sangat dibutuhkan oleh kulit untuk mempertahankan elastisitas dan menjaga kulit dari kekeringan. Namun di sisi lain, kelebihan minyak ini dapat memicu munculnya jerawat. Hal ini terjadi ketika minyak kulit ini bercampur dengan debu serta kotoran lainnya yang kemudian akan menyumbat pori-pori kulit.

Oleh karena itu bagi orang yang memiliki kulit berminyak sangat dibutuhkan perawatan yang khusus untuk mengatasi gangguan kulit yang bisa muncul. Salah satu cara merawat kulit berminyak ini adalah dengan penggunaan masker kulit khusus untuk menekan kelebihan minyak pada kulit wajah kita.

Nah, jika anda adalah salah satu pemilik kulit jenis berminyak dan bermaksud untuk membuat masker tersebut, ada beberapa cara membuat masker untuk kulit berminyak yang bisa anda coba di rumah sendiri, antara lain:

Masker Kulit Dari Pisang

Kandungan pisang yang kaya akan vitamin, kalori dan beberapa unsur mineral lainnya selain bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, masalah anemia dan penyakit lever juga sangat ampuh mengatasi masalah kulit berminyak.

Untuk mengatasi masalah kulit berminyak, gunakan masker yang berbahan dasar pisang dan madu.  Cukup dengan membuat bubur pisang yang setengah masak dan ditambah madu secukupnya sebagai bahan pembuat masker lalu dioleskan pada wajah anda selama 30-40 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Hal ini akan mengurangi kadar minyak pada permukaan kulit sekaligus mengecilkan pori-pori kulit sehingga kulit nampak halus dan cerah.

Masker Tomat dan Madu

Selain penggunaan masker pisang, penggunaan masker tomat juga sangat baik diterapkan pada kulit jenis berminyak. Untuk membuat masker kulit dari tomat, cukup dengan menghaluskan beberapa buah tomat yang masih segar lalu menambahkan sedikit madu dan perasan air lemon kemudian dihaluskan secara bersamaan untuk membuat pasta. Oleskan pasta pada kulit wajah anda beberapa saat lamanya kemudian bilas dengan air bersih.

Masker Apel dan Oatmeal

Buah apel selain sebagai makanan selingan saat bersantai, juga merupakan anti oksidant yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh kita terutama kesehatan kulit.

Untuk masalah kulit berminyak, gunakan buah apel  sebagai masker wajah dengan menambahkan menghaluskan beberapa buah apel untuk dijadikan pasta. Oleskan pasta ini secara merata pada kulit wajah anda selama 15-20 menit sebelum dicuci dengan air bersih.

******

Selain cara membuat masker untuk kulit berminyak di atas, beberapa cream khusus untuk jenis kulit berminyak  juga sangat baik anda terapkan  untuk membantu kinerja masker dalam mengatasi masalah kulit berminyak.

Menjaga kebersihan kulit setiap hari dan melakukan perawatan yang intens untuk mencegah timbulnya jerawat adalah hal yang harus Anda lakukan untuk tetap tampil cantik dan menawan.