Mengenali 5 Macam Jenis Kulit Manusia

Loading...

Melakukan perawatan kulit setiap hari adalah sesuatu yang wajib dilakukan jika ingin memiliki kulit yang sehat dan cantik. Perawatan kulit dengan menggunakan produk kosmetika atau herbal alami bisa anda coba.

Namun kedua cara perawatan ini tentu akan memberi efek berbeda terhadap kulit, bisa positif dan bisa saja negatif.

Perawatan kulit bisa memberi efek positif jika cara perawatannya sudah memenuhi unsur-unsur perawatan yang benar seperti menjaga kebersihan kulit dan penggunaan obat yang tepat. Selain itu, hal yang paling penting adalah pemilihan bahan yang sesuai dengan jenis kulit kita.

Percaya atau tidak kulit kita dapat digolongkan kedalam beberapa jenis yang memiliki ciri khas masing-masing. Tiap jenis kulit tentu memerlukan perlakuan yang tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Hal ini juga sangat berpengaruh pada efektif tidaknya kosmetika atau bahan perawatan yang kita gunakan.

Mengenali 5 Macam Jenis Kulit Manusia

Berikut ini adalah 5 klasifikasi dan pembagian jenis-jenis kulit pada manusia:

Kulit Berminyak

Jenis kulit berminyak ini memiliki ciri khusus seperti permukaan kulit nampak berminyak dan sedikit sulit untuk dihilangkan sama sekali meskipun telah menggunakan beberbagai macam produk kosmetika dan sabun pembersih berbusa lainnya meskipun dalam beberapa penggunaan mereka sedikit membantu tapi hal ini sifatnya tidak permanen karena dalam htungan jam saja kulit kita kembali berminyak.

Jenis kulit berminyak juga dikenal dengan permukaan kulit nampak berkilau terutama pada bagian tengah wajah dan dahi kita, lubang pori-pori kulit kitapun sedikit lebih besar dibanding dengan jenis kulit lainnya.

Orang yang memiliki jenis kulit berminyak sangat rentan terhadap munculnya jerawat akibat inveksi bakteri karena debu dan minyak kulit yang terdapat pada permukaan kulit kita.

Pada beberapa kasus terkadang kulit nampak berminyak dipermukaan kulit namun mengalami kekeringan pada bagian bawah lapisan kulit. Fenomena ini sangat erat kaitannya terhadap hidrasi kulit.

Kulit Kering dan Dehidrasi

Jenis kulit lainnya adalah jenis kulit kering, namun pada jenis kulit ini terkadang sebahagian orang sulit untuk membedakan antara jenis kulit kering dengan kulit yang mengalami dehidrasi. Untuk mudah membedakan antara kulit kering atau kulit dehidrasi dengan melihat perbedaan dibawah ini:

Kulit kering:

Kulit kering memiliki ciri seperti kulit terasa kasar dan kaku baik sebelum dibersihkan maupun sesudah membersihkannya. Kulit sangat kering sangat tidak nyaman dan bahkan mungkin kulit nampak retak atau terasa gatal. Kulit kering terjadi ketikamengalami kekurangan lipid (asam lemak) pada kulit anda.

Untuk mengatasi kulit kering ini sebahagian orang mengkonsumsi asam lemak esensial, seperti Omega-3 dan Omega-6 dari beberapa sumber makanan seperti ikan laut (tuna, kod, sardin), kerang, minyak kedelai, sayuran berdaun, dan walnut.

Kulit dehidrasi

Perbedaan mendasar antara kulit dehidrasi dengan kulit kering yaitu dehidrasi terjadi karena kekurangan cairan sementarakulit kering disebabkan oleh kekurangan lemak.

Kulit yang dehidrasi seringkali terasa agak ketat, memiliki garis-garis halus pada kulit. Dehidrasi kulit dapat terjadi pada semua jenis kulit hal ini terjadi karena kurang minum air putih. Pada kasus lain dehidrasi terjadi karena kesalahan dalam pemakaian kosmetika terutama saat memakai kosmetika pembersih dan pengelupasan kulit. Oleh karena itu, hentikan penggunaan produk yang keras bila kulit anda mengalami dehidrasi.

Kulit Kombinasi

Jenis kulit kombinasi yaitu memiliki kedua jenis kulit  di mana beberapa bagian dari kulit tergolong berminyak dan pada bagian lainnya tergolong kering. Biasanya daerah zona T (daerah dahi, hidung, bibir dan dagu) merupakan bagian kulit yang berminyak sementara daerah pipi berjenis kulit kering. Seringkali orang dengan kulit kombinasi menggunakan dua pelembab yang berbeda, yang lebih ringan pada zona T dan jenis lainnya pada bagian pipi.

Kulit Sensitif

Orang dengan kulit sensitif harus ekstra hati-hati terhadap beberapa pemakaian parfum, paraben, pewarna bibir dan beberapa produk kosmetika lainnya. Kulit sensitif umumnya memiliki struktur kulit yang sangat tipis dan mudah teriritasi.

Kulit Normal

Kulit normal merupakan jenis kulit yang paling ideal untuk dimiliki karena jenis kulit ini tidak tergolong dalam kulit kering, berminyak atau sensitif. Ciri khas dari kulit normal ini seperti permukaan pada kulit terasa lembut, halus dan elastis.

****

Mengenali ciri dan jenis-jenis kulit kita sangat penting untuk diketahui terutama dalam memilih produk kosmetika yang tepat untuk jenis kulit kita. Pemilihan kosmetika yang tepat tentu sangat berpengaruh pada hasil perawatan kulit.

Selain pemilihan kosmetika yang tepat, menjaga kebersihan kulit, mengkonsumsi air minimal delapan gelas setiap harinya serta memenuhi unsur gizi yang dibutuhkan kulit jangan pernah diabaikan jika Anda menginginkan kulit yang sehat.

Salam cantik!

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Mengenali 5 Macam Jenis Kulit Manusia

  1. saya mau tanya..
    kulit saya tips dan sekarang ada seperti jaringan2 otot kecil yang terlihat padahal saya hanya menggunakan pembersih wajah , itu bagaimana cara saya mengatasinya ya agar kembali seperti semula…?????

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *