Cream Pemutih Wajah Yashodara

Aneka Penyebab dan Cara Mengobati Kerontokan Alis dan Bulu Mata

Penyebab dan Cara Mengobati Kerontokan Alis dan Bulu MataAlis yang tebal dan hitam akan memberikan daya tarik tersendiri bagi yang memandangnya. Tidak sedikit wanita yang mendambakan alis tebal dan hitam namun terkadang sangat sulit untuk mewujudkannya.

Banyak faktor yang bisa merusak keindahan dan kesehatan alis kita utamanya karena kerontokan bulu alis mata.

Nah, khusus untuk soal kerontokan bulu alis mata, kita akan membahas beberapa penyebab rambut alis rontok, misalnya karena perlakuan yang salah terhadap alis seperti berlebihan dalam mencabut bulu alis, kebiasaan menggosok alis dan kesalahan saat menerapkan pensil alis.

Faktor penyebab lainnya karena gangguan medis seperti gangguan pada tiroid, dikenal dengan istilah hypothyroidism yaitu ketidakseimbangan endokrin karena kelenjar tiroid menghasilkan tiroid yang cukup rendah. Selain gangguan pada alis dan bulu mata, hypothyroidism tentu saja akan menimbulkan gejala lain seperti kelelahan, depresi, kehilangan otot, kram otot, masalah berat badan, dan sembelit.

Selain itu, dikenal juga istilah telogen effluvium, yaitu kerontokan rambut yang berlebihan disebabkan karena peningkatan proporsi folikel rambut fase telogen. Hal ini dapat dipicu oleh beberpa faktor seperti penggunaan obat-obata tertentu, stres, trauma atau kondisi medis lainnya.

Alopecia areata adalah kondisi autoimun seseorang yang menyerang folikel rambut dan menyebabkan kerontokan rambut dan alis serta tempat pertumbuhan rambut lainnya.

Yang tidak kalah penting adalah kekurangan gizi. Kekurangan gizi dapat menyebabkan rambut rontok, termasuk kehilangan rambut alis, sehingga sangat penting melakukan diet seimbang dengan banyak buah-buahan, sayuran, dan protein.

Mengkonsumsi multivitamin setiap hari sangat dianjurkan. Jika diet seimbang tidak membantu hilangnya bulu alis, mungkin perlu mengunjungi dokter untuk tes darah untuk mengetahui penyebab lain dari kerontokkan alis anda.

Cara Mencegah dan Mengobati Kerontokan Alis dan Bulu Mata

Untuk mencegah dan mengobati kerontokkan alis mata tak ada salahnya jika anda mencoba beberapa cara di bawah ini:

Obat-Obatan Kimia

Obat-obatan dapat diresepkan untuk mengobati kerontokan alis mata. Menurut peneliti dari The Institut National Arthritis and Musculoskeletal, kortikosteroid dapat disuntikkan ke daerah alis atau digunakan sebagai salep. Pertumbuhan rambut baru mungkin muncul dalam satu sampai dua bulan setelah perlakuan tersebut.

Minoxidil topikal, sering dikenal dengan nama Rogaine juga dapat diterapkan pada alis. Penggunaan secara rutin akan mempercepat pertumbuhan rambut alis yang baru dalam waktu 12 minggu.

Transplantasi Rambut

Jika alis rambut rontok secara permanen, mempertimbangkan transplantasi rambut mungkin salah satu solusinya.

Pengobatan Alami

Metode penyembuhan kerontokkan alis bisa juga dilakukan secara alami dengan misalnya memijat dan mengolesi minyak jarak, minyak zaitun atau minyak kelapa ke alis untuk merangsang pertumbuhan alis rambut.

Selain itu, mengolesi air susu dan menggosokkannya ke daerah alis mata dapat membantu pertumbuhan rambut alis yang baru sekaligus menyuburkan akar rambut.

Semoga bermanfaat!