Tips dan Cara Mengatasi Pengelupasan Kulit Kepala

Loading...

Apakah anda sering mengalami rasa gatal pada kulit kepala? Ataukah kulit kepala anda sering mengalami pengelupasan? Nah, silahkan simak artikel berikut ini.

Masalah kulit bisa terjadi di mana saja tidak terkecuali pada bagian kulit kepala. Jika anda mengalami kulit kepala yang kering, mengelupas dan gatal hal ini bisa saja disebabkan oleh karena kulit kepala mengalami dehidrasi, kesalahan dalam perawatan kulit kepala.

Selain itu kurangnya nutrisi dan kesalahan dalam merawat rambut bisa juga menjadi penyebabnya.

Dalam beberapa kasus, pengelupasan kulit kepala dapat disebabkan oleh kondisi lain seperti ketombe, penyakit eksim (eksim seboroik) dan psoriasis kulit kepala. Hal ini bisa kita ketahui dengan ciri-ciri akibat yang ditimbulkannya.

Jika rasa gatal yang timbul karena ketombe tentu saja kondisi kulit kepala lebih berminyak. Jika kulit kepala mengalami ketombe yang berat disertai dengan rasa gatal yang intens, hal ini karena gangguan eksim yang menyebabkan kulit teriritasi, merah dan meradang. Jika terserang psoriasis kulit kepala, kulit kepala biasanya terasa gatal, iritasi, munculnya serpihan kulit dan bersisik yang berwarna keperakan.

Tapi apapun penyebab gangguan rasa gatal dan pengelupasan pada kulit kepala harus dicarikan solusinya karena hal ini sangat mengganggu kenyamanan dan kesehatan kulit maupun rambut kita.

Tips dan Cara Mengatasi Pengelupasan Kulit Kepala

Di bawah ini adalah sejumlah tips dan cara untuk mengobati pengelupasan kulit kepala yang paling mudah dilakukan, antara lain:

Pemiijatan Kulit Kepala

Pemijatan kulit kepala secara lembut untuk memperlancar aliran darah ke kulit kepala. Pemijatan juga berfungsi untuk membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat agar dapat melepaskan minyak alami kulit kepala secara normal.

Lakukan Hidrasi Kulit

Salah satu penyebab pengelupasan kulit kepala adalah karena dehidrasi. Jadi disarankan untuk menjaga hidrasi kulit dengan meminum air minimal 2 liter setiap harinya. Selain berguna untuk menjaga kesehatan kulit juga dapat menetralisir racun yang ada dalam tubuh dengan cara membuangnya melalui keringat maupun urin kita.

Selain itu,  tingkatkan  makanan yang mengandung vitamin yang mengangandung zinc (seperti ikan atau kacang-kacangan) dan vitamin B (seperti kalkun, tuna dan alpukat) yang dapat membantu mencegah ketombe dan meringankan pengelupasan kulit akibat ketombe.

Pakai Shampo Yang Tepat

Pengelupasan kulit kepala bisa disebabkan karena ketombe sehingga untuk mengeliminir pengelupasan kulit, terlebih dahulu mengeliminasi ketombe dari kulit kepala kita. Beberapa shampo justru hanya menambah penyebaran ketombe pada kulit kepala kita.

Pilihlah shampo khusus untuk memberantas ketombe terutama shampo yang mengandung zinc pyrithione, asam salisilat, tar, selenium sulfida, atau ketoconazole.

Rutin Mencuci Rambut 

Cucilah rambut anda dua kali seminggu dengan sampo yang dirancang untuk mengontrol ketombe. Bilas dengan secangkir air hangat yang telah ditambahkan 2 sampai 3 sdm cuka putih. Bilas secara menyeluruh kemudian bersihkan rambut anda dengan air bersih.

Gunakan Kondisioner

Pengelupasan kulit karena kondisi kulit yang kering bisa diatasi dengan menerapkan pelembab khusus untuk kulit kepala dan rambut. Gunakan sampo dan kondisioner yang mengandung minyak tea tree karena sangat efektif melawan ketombe yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur.

Untuk memilimalisir gangguan kulit kepala disarankan untuk menggunakan topi di musim panas terutama pada saat berada di daerah terbuka yang dapat  memapari langsung rambut dan kulit kita.

Demikianlah sejumlah tips dan cara untuk mengatasi pengelupasan kulit kepala yang dapat kami sajikan saat ini. Semoga bermanfaat!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *