Cara Merawat Tas Kulit

Cara Merawat Tas KulitTas kulit telah menjadi favorit wanita modern untuk tidak hanya menyimpan barang-barang seperti dompet, telepon genggam, alat make up, serta barang lainnya namun juga tampil lebih cantik dan kesannya mengikuti trend fashion masa kini.

Untuk berbagai merk seperti LV, harga sebuah tas kulit bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Malahan sebuah tas LV kualitas KW 1 atau 2 pun harganya masih beberapa juta rupiah. Wanita biasanya mempunyai 4-5 buah tas kulit yang dipakai bergantian sesuai dengan busana.

Mengingat harganya yang cenderung mahal, maka kita sebagai wanita harus tahu cara merawat tas kulit yang benar. Sayang sekali bukan apabila tas seharga jutaan rupiah rusak begitu saja hanya karena kita tidak rajin merawatnya.

Daripada membuang uang jutaan rupiah, lebih baik anda belajar cara merawatnya yang benar. Berikut adalah cara merawat tas kulit yang baik dan mudah:

Simpan tas anda dalam sebuah kantung yang juga berbahan dari kain

Gantung kain tersebut tanpa melipat tas. Menyimpan tas kulit dengan cara melipatnya akan mengubah bentuk tas tersebut. Tentu anda tidak ingin hal tesebut terjadi. Anda juga tidak boleh menumpuk tas kulit dengan barang apapun, termasuk dengan tas kulit yang lainnya. Kebiasaan buruk ini juga dapat mengubah bentuk tas kulit.

Hindari air dan minyak

Apapun yang terjadi, anda harus menjaga tas kulit anda dari ketumpahan minyak ataupun air. Sifat dari minyak dan air dapat merusak bahan dasar kulit di tas anda. Apabila sudah terlanjur terkena minyak, coba gantung tas dan anginkan sehingga bisa kering sendiri. Anda juga bisa menggunakan sebuah lap kering, namun jangan pernah menggosoknya.

Gunakan kondisioner khusus untuk tas kulit

Setelah membeli tas kulit yang mahal, biasanya anda juga akan ditawari oleh kondisioner khusus untuk merawat tas kulit tersebut. Namun, harganya cenderung mahal. Sebenarnya, anda bisa membuat sendiri kondisioner tersebut dengan mencampurkan cuka dengan 2 sendok minyak zaitun. Oleskan hasil campuran tersebut dengan perlahan ke tas kulit anda. Setelah itu, diamkan saja selama sekitar satu malam lalu bersihkan dengan perlahan di pagi hari. Gunakan kain microfiber apabila ada.

Hilangkan noda dengan alkohol atau baking soda

Apabila tas kulit terkena noda, cobalah gunakan alkohol atau baking soda untuk mengatasinya. Usapkan perlahan ke koleksi tas kulit anda. Namun, hindarilah bahan pembersih dari pelarut petroleum, minyak munk, silicon, minyak petroleum, ataupun minyak-minyak sejenis. Ingatlah bahwa sifat dasar minyak dapat menghacurkan kualitas bahan kulit anda. Hindari juga tas anda dari produk yang muda meninggalkan noda, karena membersihkan tas kulit dari noda membutuhkan kesabaran yang tidak sedikit.

Jaga kelembaban tas kulit anda

Pancaran sinar ultra violet tiap hari akan dengan alami menghilangkan kelembaban dari sebuah tas kulit. Karena itu, apabila sedang tidak dipakai, hindari menyimpan tas kulit di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Tempatkan di tempat yang kelembabannya terjaga.

Dengan merawat tas kulit anda baik-baik dan secara teratur, maka anda dapat menghemat beberapa juta rupiah karena tidak perlu membeli tas yang baru.

Cara merawat tas kulit diatas cukup mudah untuk dilakukan dan hanya menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah didapatkan. Lakukan perawatan secara rutin setidaknya sebulan sekali untuk seluruh koleksi tas kulit anda. Cara diatas juga bisa digunakan untuk merawat bahan lain yang terbuat dari kulit seperti dompet.

Selamat mencoba dan tetap tampil cantik dengan tas kulit anda!




  • kartikanurdianti

    cara menghilangkan bau amis pada tas kulit bagaimana ya?
    tlg dishare.
    thanks