Cara Membuat Aksesoris dari Kain Flanel

Cara Membuat Aksesoris dari Kain FlanelBerbagai aksesoris menarik bisa membuat wanita tampil lebih cantik. Itulah kenapa toko-toko aksesoris di mall sering penuh sesak oleh wanita yang sekedar ingin tampil lebih cantik.

Salah satu aksesoris yang sedang menjadi favorit para wanita adalah aksesoris yang terbuat dari kain flanel.

Ya, kain flanel sekarang dapat dikreasikan menjadi berbagai aksesoris menarik seperti pita rambut, pin untuk menemani kaos anda, serta gantungan kunci yang sangat cantik untuk dipasang di tas tangan anda. Sifat kain flanel juga memungkinkan untuk anda bentuk menjadi bentuk-bentuk yang sangat imut dan lucu.

Membeli sendiri aksesoris kain flanel di toko memang sebenarnya tidak terlalu mahal. Hanya dengan uang maksimal 30 ribu, anda sudah bisa membeli satu item aksesoris kain flanel yang dapat menunjang penampilan anda. Namun, sekali-kali anda harus mencoba untuk membuatnya sendiri.

Cara membuat aksesoris dari kain flanel tidak terlalu sulit untuk dilakukan bahkan oleh para pemula. Apabila membuat aksesoris anda sendiri, tentunya anda bisa memilih warna dan bentuk yang sudah anda bayangkan sebelumnya. Hasilnya akan jauh lebih memuaskan daripada sekedar membeli di toko aksesoris. Anda juga bebas dari berdesak-desakan di toko aksesoris.

Cara Membuat Aksesoris dari Kain Flanel

Berikut adalah cara membuat aksesoris dari kain flanel berbentuk bunga mawar cantik yang tentunya sangat cocok anda pakai bahkan untuk datang ke sebuah pesta.

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Pilihlah kain flanel berwarna hijau, merah, pink, atau putih untuk membuat aksesoris mawar ini. Benang sulam dan benang jahit juga harus berwarna yang sama dengan kain flanel agar serasi. Siapkan juga jarum, gunting, serta lem serbaguna.
  2. Pertama, kita akan mencoba untuk membuat kuncupnya. Buatlah pola persegi panjang pada kain flanel anda. Lalu lipat dengan bentuk segitiga hingga menyerupai kuncup bunga mawar.
  3. Berikutnya, kita akan membuat bentuk mahkotanya. Potonglah kain flanel dengan berbagai ukuran, kecil dan besar untuk menyerupai mahkota bunga mawar. Perhatikan perpaduan ukuran yang serasi akan membuat hasil akhir menjadi semakin bagus. Apabila sudah selesai memotong polanya, langsung jahitkan mahkota bunga ke kuncup yang sudah dibuat sebelumnya. Jahit secara melingkar dan rapi mengelilingi kuncup bunga. Tidak perlu teknik menjahit khusus, hanya keluar masuk seperti menjahit biasa. Perhatikan bahwa anda harus menjahitnya mulai dari bagian paling dasar mahkota sehingga bisa terlihat rapi.
  4. Setelahnya, kita akan membuat daun. Ambil kain flanel berwarna hijau dan bentuk pola daun. Daun ini akan kita gunakan sebagai alas kuncup seperti yang ada di bunga mawar. Selesai membuat pola, langsung jahit daun tersebut di bagian bawah kuncup sehingga berfungsi sebagai alas. Teknik menjahitnya keluar masuk dijahit mulai dari pusat kuncup mengalir ke arah pinggir-pinggirnya.
  5. Untuk memperkuat, pastikan setelah menjahit anda juga mengelem bagian-bagian seperti mahkota dan daun ke kuncup bunganya. Disini, kuncup bunga akan menjadi bagian sentral untuk menempelkan semua bagian lainnya.

Selesai! Mudah bukan cara membuat aksesoris dari kain flanel? Cara diatas digunakan untuk membuat bunga mawar yang sangat cocok untuk pesta. Bisa anda kombinasikan dengan jepitan sehingga bisa berfungsi sebagai jepit rambut atau penghias gaun malam anda.

Selain bunga mawar, anda juga bisa mencoba kreasi kain flanel dengan cara dasar yang sama mudahnya. Selamat mencoba di rumah dan jangan takut untuk berkreasi dengan bentuk-bentuk lainnya!