7 Mineral Penting Untuk Tubuh Manusia

Mineral Penting untuk Tubuh ManusiaMineral merupakan mikronutrien seperti vitamin yang berperan penting bagi tubuh manusia.

Mineral berfungsi untuk proses pertumbuhan, pengaturan, dan perbaikan fungsi tubuh. Sebenarnya, mineral hanya diperlukan dalam jumlah yang kecil.

 

Walaupun hanya sedikit, tetap saja tubuh memerlukan mineral yang cukup fungsi tubuh berlangsung dengan baik.

Jika tubuh kekurangan mineral, akan terjadi berbagai macam gangguan tubuh. Tentu saja, setiap orang harus memeuhi kebutuhan mineralnya.

Berikut ini adalah 7 mineral penting yang wajib untuk masuk ke dalam tubuh agar anda tetap sehat:

Kalsium

Mineral yang satu ini sangat penting bagi tubuh. Kalsium berfungsi untuk menjaga dan membangun kesehatan gigi dan tulang. Orang yang kekurangan kalsium biasanya akan mengalami keropos tulang atau osteoporosis.

Selain itu, asupan kalsium yang cukup juga dapat mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi sehingga bayi dan anak – anak harus mendapatkan asupan kalsium yang cukup. Kalsium dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan seperti brokoli, keju, sayuran hijau, kacang polong, dan susu.

TERKAIT:  5 Mineral Penting Bagi Tubuh dan Fungsinya

Selenium

Selenium berfungsi untuk membantu melindung sel – sel tubuh untuk melawan kerusakan oksidatif sehingga membantu mencegah penuaan. Selenium sangat penting untuk kesehatan rambut dan kulit. Zat mineral ini dapat diperoleh dari berbagai jenis ikan dan juga biji – bijian.

Magnesium

Mineral ini cukup berperan penting dalam proses metabolisme, terutama untuk proses penyerapan gizi. Magnesium juga merupakan zat yang sangat pentin untuk wanita akrean suplemen magnesium dan vitamin B6 mampu mengurangi sindrom pra menstruasi. Wanita yang kekurangan magnesium akan mengalami migrain dan gejala PMS (post menstrual syndrome) yang bertambah buruk.

Selain itu, magnesium juga dapat mencegah osteoporosis karena mineral ini memiliki peran besar untuk menyerap kalsium. Sumber magnesium adalah kacang kedelai, udang, kacang – kacangan, gandum, kacang kedelai, dan sayuran berdaun hijau.

TERKAIT:  Sumber Kalsium dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Kromium

Mineral ini berperan penting untuk mengontrol gula darah. Selain itu, kromium juga dapat membantu melawan degenerasi pembuluh arteri atau sering disebut dengan ateroskeloris. Sumber kromium adalah roti gandum, keju, hati sapi, dan merica hitam.

Zinc

Zink juga dikenal dengan Seng. Mineral ini berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan, dan kesuburan. Zinc sangat penting bagi tubuh, terutama untuk wanita hamil. Sumber Zinc adalah hati sapi, kacang, kuning telur, susu rendah lemak, daging merah, dan jahe.

Besi

Mineral ini dibutuhkan oleh tubuh untuk mengangkut oksigen di dalam darah. Zat besi juga merupakan bagian penting bagi sistem enzim tubuh. Sumber zat besi diantaranya adalah ginjal, hati, kuning telur, peterseli, kerang, dan coklat.

TERKAIT:  Cara Mencegah dan Mengatasi Defisiensi Magnesium

Yodium

Mineral ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Yodium tersimpan di dalam kelenjar tiroid. Mineral ini berfungsi untuk menjaga fungsi kelenjar tiroid.

Kekurangan yodium dapat mengakibatkan berbagai macam masalah kesehatan seperti lesu, kulit kasar, konstipasi, berkurangnya kesuburan, penyakit gondok, dan keterbelakangan mental. Yodium dapat diperoleh dari rumpur laut, susu, keju, dan seafood.

###

Itu tadi 7 mineral penting untuk tubuh manusia yang harus dipenuhi agar tubuh selalu sehat dan fungsi tubuh berjalan dengan baik. Namun, selain dari tujuah mineral di atas, sebenarnya masih ada beberapa jenis mineral lain yang juga penting bagi tubuh seperti mangan, tembaga, fluoride, fosfor, sodium, dan seng.

Setiap jenis mineral memiliki fungsinya masing – masing bagi tubuh. Oleh karena itu semua mineral yang penting bagi tubuh harus dikonsumsi. Jaga kesehatan Anda selalu!