Cara Mengatasi Jamur di Daerah Selangkangan

Cara Mengatasi Rasa Gatal di Daerah SelangkanganSelangkangan merupakan salah satu bagian tubuh yang mudah lembab karena ini merupakan bagian yang sering terlipat. Bagian yang lembab cukup mudah untuk terinfeksi jamur.

Selangkangan sangat sensitif terhadap bakteri, jamur dan kelembaban. Gatal di selangkangan merupakan salah satu indikasi bahwa area di dekat kemaluan tersebut terinfeksi oleh jamur. Hal ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan kulit menjadi merah – merah atau luka.

Mengalami gatal – gatal di bagian selangkangan dapat menjadi masalah tersendiri bagi siapa saja karena infeksi jamur bisa menyerang pria dan wanita.

Hal ini tentu akan sangat mengesalkan jika anda sedang menghadiri sebuah acara resmi dan tiba – tiba selangkangan anda terasa gatal karena di acara seperti itu, pasti akan terlihat tidak sopan sekali jika menggaruk bagian tersebut.

Cara Mengatasi Jamur di Daerah Selangkangan

Bagi anda yang mengalami infeksi jamur atau gatal – gatal di selangkangan, berikut ini beberapa cara mengatasi jamur pada daerah selangkangan yang dapat membantu anda menghilangkan rasa gatal dan tidak nyaman tersebut.

Salep Anti Jamur

Karena infeksi jamur merupakan salah satu masalah yang penderitanya cukup banyak, saat ini banyak salep anti jamur yang dapat diperoleh dengan mudah dari apotek atau bahkan toko online. Jika memilih salep anti jamur, pilihlah salep yang memiliki kandungan fungasol, mizonazole, dan ketoconazole. Oleskan salep pada bagian selangkangan yang gatal sesuai dengan petunjuk penggunaan.

Obat Anti Gatal

Jika anda tidak suka dengan obat yang dioles atau menginginkan penyembuhan dari dalam, anda dapat memilih cetirizine HCL10 mg. Obat ini diminum seminggu sekali sampai tidak merasa gatal lagi. Jika sudah sembuh, anda tidak dianjurkan untuk minum obat ini.

Obat Tradisional

Bagi yang menyukai cara alami untuk menyembuhkan gatal di selangkangan, anda dapat menggunakan asam gelugur dan asam kandis. Pilih asam yang masih berwarna coklat bukan yang hitam. Siapkan tepung kanji dan masukkan asam kedalam tepung kanji. Setelah rata, balurkan campuran tersebut di bagian yang gatal.

Jangan Menggaruk Selangkangan

Rasa gatal di selangkangan memang seringkali tidak tertahankan sehingga membuat si penderita akan selalu menggaruknya. Namun,menggaruk selangkangan yang gatal justru akan memperparah keadaan karena jamur dan bakteri jadi lebih mudah menyebar dan menginfeksi bagian lain sehingga bagian yang gatal pun akan menjadi semakin lebar. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan menggaruk selangkangan.

Pilih Celana Dalam yang Agak Longgar

Selama proses penyembuhkan dan seterusnya, pilihlah celanan dalam yang tidak terlalu ketat. Hal ini dapat mengurangi kelembaban di selangkangan sehingga jamur tidak menyebar lagi karena daerah yang lembab sangat sensitif terhadap jamur dan bakteri.

Mandi dengan Sabun Antiseptik

Untuk mengatasi gatal, anda juga dapat mandi dengan sabun antiseptic. Saat ini banyak produk sabun mandi yang dilengkapi dengan antiseptic sehingga membuat jamur di selangkangan tidak tumbuh lagi dan mati.

Ganti Celana Dalam Sesering Mungkin

Karena bagian selangkangan adalah bagian yang mudah berkeringat dan lembab, sebaiknya anda segera mengganti pakaian dalam ketika anda mulai merasa kurang nyaman. Mengganti pakaian dalam dianjurkan minimal 2 kali sehari. Selain itu pilihlah celana dalam yang berbahan katun sehingga dapat menyerap keringat di selangkangan.

***

Jika cara mengatasi jamur dan rasa gatal pada daerah selangkangan diatas masih belum mampu menyembuhkan gatal – gatal di selangkangan, sebaiknya anda segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Salam sehat!

 





  • Fajar Dodol

    tanx ini sangat membantu

  • Cihuahua

    oke… ini bagus sekali

  • Ini Irama Aieh

    wah bagus nih buat jaga-jaga, terimakasih

  • tom

    masuk bgt saran nya makasih yuaaaa

  • galuh

    tank’s z saran anda menurut saya bagus

  • suri lestari

    Assalamualaikum dok? Boleh mnta no hp.a untuk konsultasi.a?

  • Suri Lestari

    Assalamualaikum dok? Sy boleh meminta no hp.a untuk kelancaran konsultasi?

  • Ali Ikhsan

    pakai asam gelugur dan asam kandis kira kira bisa sembuh dalam berapa minggu ya dok ?

  • mgm (masa generasi maju)

    pagy dok, bleh mnta no hpx gx?

  • Fika Setiawan

    Thank’s doc.

  • Muhammad Aidil Fitri

    kalu cetirizin hcl itu untuk alergi aj kah??atau bisa buat jamur???