Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

Cara Menghilangkan Kutil Secara AlamiTahukah anda bila pada jaman dahulu baik di dalam maupun luar negeri, orang beranggapan bahwa kutil (papilloma) disebabkan oleh katak? Tapi semua itu tidak benar.

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, terutama dalam dunia medis, kita kini tahu bahwa penyakit kulit yang tergolong ringan ini ternyata disebabkan oleh HPV (human papillomavirus).

Oleh karena itu, kutil pun kini bisa diatasi secara efektif dan tepat, bukan pengobatan yang berhubungan dengan katak, melainkan dengan pengobatan secara medis.

Tentang HPV, dunia medis sendiri saat ini mengenal lebih dari 100 jenis HPV, dimana kesemua jenis ini menyerang bagian luar kulit yang rusak.

Oleh sebab itu, karena sifat alami kulit kita yang mati dan tumbuh baru lagi, kutil sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun tetap saja, pengobatan diperlukan agar proses penyembuhan bisa cepat.

Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

Saat ini ada dua jenis cara mengobati dan menghilangkan kutil; yaitu dengan pengobatan medis (obat-obatan, salep, dan operasi ringan) dan pengobatan dengan metode alami.

Bagi anda yang tidak ingin repot pergi ke dokter, dan ingin meminimalisir efek samping, pengobatan secara alami lebih disarankan. Berikut ini beberapa bahan yang bisa anda gunakan untuk pengobatan alami dan yang mudah diaplikasikan:

Daun Dewa dan Biji Jali

Daun dewa, yang dikenal dengan khasiatnya sebagai anti-inflamasi dan analgesik, bisa jadi pengobatan alami kutil. Caranya adalah dengan mencuci bersih beberapa lembar daun dewa, lalu giling hingga halus. Letakkan gerusan daun dewa diatas kutil, dan tutup dengan plester medis atau perban.

Biji jali, yang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan obat tradisional, juga efektif untuk mengobati kutil. Caranya dengan merebus 15 gram biji jali kering di 6 gelas air, lalu minum ramuan ini 2 kali sehari.

Kulit Pisang dan Kentang

Bagi anda penggemar pisang yang selalu sedia buah ini di rumah, kutil bukanlah masalah kulit yang besar. Sehabis memakan pisang, jangan buang kulitnya karena bisa anda gunakan untuk mengobati kutil. Cukup usapkan kulit pisang bagian dalam pada kutil, hingga kutil mengering.

Selain kulit pisang, kentang (terutama kentang putih) juga bisa digunakan untuk mengobati kutil, dengan cara mengusapkan irisan kentang segar pada kutil. Kadar potassium dalam kentang dipercaya bisa membunuh HPV. Pengobatan dengan kulit pisang dan irisan kentang membutuhkan beberapa minggu hingga kutil mongering sempurna, sehingga dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan.

Cuka Apel

Cuka dikenal sebagai obat kutil yang ampuh –tapi sebenarnya, bukan sembarang jenis cuka yang bisa efektif mengobati kutil. Hanya cuka apel-lah yang paling efektif mengobati kutil, karena cuka jenis ini lebih cepat mengiritasi kulit. Cukup basahi kapas dengan cuka apel dan tempelkan pada kutil, lalu tutup dengan plester.

Seperti yang disebutkan, cuka apel akan mengiritasi kulit dan mengeringkan kutil; proses penyembuhan akan berlangsung paling lama seminggu. Karena bisa menimbulkan rasa perih, pengobatan dengan cuka apel tidak disarankan untuk anak-anak.

Deterjen dan Kapur Sirih

Cara alami dan mudah yang lain adalah dengan kombinasi antara kapur sirih dan deterjen. Caranya dengan mencampurkan ¼ teh deterjen (bisa juga diganti sabun colek) dan ¼ teh kapur sirih, atau dengan perbandingan 1:1. Dengan cotton bud, usapkan campuran ini pada kulit dengan lembut. Tunggu hingga campuran ini kering, lalu bilas dengan air hangat.

Plester dan Perban

Dibandingkan pengobatan medis, cara alami diatas sudah sangat mudah dan sederhana. Namun bila anda ingin pengobatan yang lebih mudah untuk menghilangkan kutil, ini dia caranya dengan menutup kutil dengan perban dan plester obat (yang berwarna coklat), dan menggantinya setelah setidaknya sehari sekali. Walaupun efektif, pengobatan ini akan butuh waktu lebih lama dibandingkan cara-cara pengobatan alami yang lain.

Semoga bermanfaat!