Cara Mengatasi Kulit Tangan Pecah-Pecah




Cara Mengatasi Kulit Tangan Pecah-PecahBagi anda para wanita, masalah kesehatan ringan yang berhubungan dengan kulit bisa sangat mengganggu karena selain menimbulkan rasa tidak percaya diri, gangguan kulit seperti kulit tangan pecah-pecah terkadang bisa menimbulkan perih.

Terutama bagi yang tinggal di dataran tinggi dengan karakter udara dingin kering (seperti Malino, Bandung dan Malang), kulit tangan pecah-pecah adalah gangguan kulit ringan yang umum ditemui.

Kulit pecah-pecah terutama disebabkan oleh udara kering, sebagian disebabkan oleh kekurangan vitamin kulit, dan sebagian lagi disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat.


Karena kulit tangan pecah termasuk gangguan kulit ringan (karena tidak menyebabkan dampak yang serius), sebenarnya mudah saja mengatasinya.

Cara Mengatasi Kulit Tangan Pecah-Pecah

Nah, berikut ini adalah sejumlah cara mengatasi kulit tangan pecah-pecah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

Obat-Obatan dan Supplemen

Cara paling efektif untuk mengatasi kulit tangan pecah-pecah adalah dengan mengunjungi dokter kulit, dimana anda akan mendapatkan resep obat dan cream kulit. Salah satu jenis krim kulit yang umum diberikan pada pasien kulit pecah-pecah adalah krim corticosteroid, yang berfungis untuk mengurangi iritasi, pembengkakan, dan rasa gatal.

Selain itu, dokter biasanya juga memberikan krim topical antibiotic bagi pasien yang menderita kulit pecah-pecah akut. Hanya saja ada dua hal penting yang harus anda perhatikan selama pemakaian krim seperti ini, yaitu:

  • Jangan pernah mencoba membeli krim-krim diatas tanpa resep dokter.
  • Kunjungi dokter kulit bila kulit pecah-pecah pada tangan anda menyebabkan iritasi dan pembengkakan.

Glycerin dan Lemon

Cara terbaik untuk mengatasi kulit pecah-pecah pada tangan tentu saja cara alami, karena tidak menimbulkan efek samping. Pengobatan alami yang pertama adalah dengan gliserin, yaitu zat yang dihasilkan dari proses saponifikasi (saponification) lemak hewan tertentu – anda bisa membeli zat ini di toko-toko bahan kimia atau apotik.

Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok the gliserin dengan satu sendok air lemon pada cawan gelas. Setelah tercampur sempurna, oleskan pada kulit tangan yang pecah-pecah, dan biarkan semalaman.

Gandum dalam Oats

Gandum yang terkandung di dalam oat juga bisa menjadi pengobatan alami kulit yang pecah-pecah, karena teksturnya yang kasar seperti soft beads dalam sabun cuci muka.

Gunakan oat sebagai lulur pada kulit tangan, caranya: haluskan oat gandum dengan blender atau food processor, tanpa air. Setelah itu, usapkan pada kulit yang pecah-pecah hingga kulit mati terangkat. Setelah kurang lebih setengah jam, bilas tangan dengan handuk basah –lakukan dengan lembut agar tidak terjadi iritasi.

Ramuan Khusus untuk Ibu Hamil

Selain mereka yang tinggal di dataran tinggi yang kering, ibu hamil juga rawan menderita kulit tangan pecah-pecah. Bagi para ibu hamil yang sedang mengalami gangguan kulit ringan ini, berikut ini langkah-langkah pengobatan dengan ramuan lotion khusus.

Pertama, siapkan bahan-bahannya: 30 ons baby lotion, 16 ons vitamin E (bisa anda dapatkan di apotek), dan 15 ons krim Vaseline. Campurkan semua bahan tersebut dengan perlahan, dan apabila telah tercampur rata, simpan dalam botol kaca.

Fish Spa

Ingin mengobati kulit tangan pecah-pecah sambil bermain air? Fish Spa-lah jawabannya. Fish spa adalah terapi pembuangan kulit mati dengan menggunakan ikan Garra Rufa, yang akan memakan sel-sel kulit mati.

Anda bisa menemukan terapi Fish Spa di pusat perbelanjaan besar di kota anda. Jangan khawatir, biaya yang dikenakan untuk satu kali sesi terapi hanya berkisar antara 15,000 hingga 20,000 per 15 menit.

Saat Mencuci Tangan dan Beraktivitas

Selain cara pengobatan diatas, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar proses penyembuhan berjalan cepat. Yang pertama adalah tentang mencuci tangan: jangan terlalu sering mencuci tangan dengan sabun biasa.

Pakailah sabun yang mengandung pelembab tinggi, agar kulit pecah-pecah tidak bertambah parah. Kedua, usahakan menggunakan sarung tangan kulit saat beraktivitas, terutama saat udara sedang kering-keringnya.

Semoga tips dan cara mengatasi kulit tangan yang pecah-pecah ini bermanfaat untuk Anda.

Salam cantik!