Cara Merawat Organ Kewanitaan

Cara Merawat Organ KewanitaanSelain hati dan perasaan (seperti lirik lagu tahun 2000-an), organ kewanitaan adalah bagian tubuh dari seorang wanita yang paling sensitif; dan sensitif di sini artinya organ ini rentan terserang penyakit berbahaya.

Faktanya, penyakit-penyakit berbahaya yang umumnya menyerang wanita berasal dari kelainan organ kewanitaan.

Salah satu penyakit berbahaya ini adalah kanker cervix atau kanker rahim. Menurut data statistik Amerika Serikat yan dilansir pada tahun 2009, sebanyak lebih dari 11,000 wanita telah didiagnosa menderita kanker ini, dimana jumlahnya diperkirakan meningkat tiap tahunnya.

Di Indonesia sendiri, penyakit ini pernah (dan masih) menjadi masalah serius kesehatan wanita. Cara terbaik untuk menghindari kanker ini dan penyakit kewanitaan lain adalah dengan merawat organ kewanitaan dengan baik dan benar.

Cara Merawat Organ Kewanitaan

Nah, di bawah ini kami jelaskan beberapa hal penting yang Anda harus lakukan untuk merawat organ kewanitaan, antara lain:

Pemilihan Celana Dalam

Cara merawat organ kewanitaan dimulai saat anda memakai celana dalam, karena itu, proses memilih celana pun harus diperhatikan. Demi kesehatan organ kewanitaan, hindari memiliki celana dalam dari kain sintetis seperti latex dan vinyl.

Walaupun harganya cenderung lebih murah dan modelnya yang bervariasi, celana dalam dengan bahan-bahan ini bisa menyebabkan iritasi pada organ kewanitaan bagian luar.

Dua bahan yang sebaiknya anda pilih adalah kain katun dan kain bambu. Celana dalam kain katun membuat organ kewanitaan bagian luar bisa ‘bernafas’ lega dan tetap kering, sedangkan celana dari bambu mengandung anti-bakteri.

Selain itu, pilihlah celana dalam yang sesuai dengan ukuran tubuh anda. Ketika mencuci celana dalam, sebaiknya gunakan cairan anti-bakteri dan dilakukan terpisah dari pakaian-pakaian yang lain.

Sehabis Buang Air

Buang air besar maupun kecil juga harus dilakukan dengan benar; beberapa penyakit organ kewanitaan (seperti herpes) disebabkan dari kurangnya kemawasan penderitanya akan isu ini.

Saat sehabis buang air kecil, bilas organ kewanitaan dengan air mengalir, dari depan ke belakang –setelah itu, keringkan dengan tissue kering.

Bila anda buang air kecil di toilet umum, bersihkan dengan tisu basah lalu tisu kering. Dan untuk buang air besar, cara membilas yang benar adalah dari depan ke belakang juga: gunakan tissue basah atau sabun dengan anti-bakteri.

Selama Masa Menstruasi

Ini dia masa yang mungkin paling sulit untuk merawat organ kewanitaan: saat menstruasi. Berikut ini cara lengkap dan benar dalam merawat organ kewanitaan saat sedang haid.

Cara perawatan yang pertama berhubungan dengan pembalut: sering-seringlah ganti pembalut minimal tiga kali sehari, terutama dua hingga enam hari selama haid.

Saat sudah hampir habis, pakailah pembalut yang agak tipis –ini lebih baik daripada anda ganti pembalut sehari sekali karena cairan yang ditamping sangat sedikit. Sebaiknya gunakan pembalut anti-bakteri, karena saat haid inilah bakteri mudah menyebar.

Hentikan pemakaian cairan pembersih atau sabun kewanitaan yang mengandung parfum, karena ini juga memicu pertumbuhan bakteri. Saat buang air kecil, pastikan organ kewanitaan anda bersih dan kering setelahnya (menggunakan tisu basah anti bakteri dan tisu kering lebih disarankan).

Gaya Hidup dan Perawatan Lainnya

Satu hal lagi yang harus anda tahu tentang organ kewanitaan: gaya hidup dan konsumsi makanan juga berpengaruh pada kesehatan organ pribadi ini.

Oleh karena itu, salah satu cara terbaik untuk merawat organ kewanitaan adalah dengan tidak mengkonsumsi alcohol, tidak merokok, tidak konsumsi lemak dan gula berlebih, dan memperbanyak konsumsi buah yang mengandung banyak vitamin.

Selain itu, tidak gonta ganti pasangan saat berhubungan intim juga cara merawat organ kewanitaan dan menghindari penyakit yang menyerang organ ini.

***

Demikianlah sejumlah cara terbaik untuk merawat organ kewanitaan Anda. Selamat mencobanya. Salam sehat dan cantik selalu!





  • http://www.facebook.com/iqra19kali Kyai Mufti

    Istriku dah lakuin yang dokter ceritakan tapi tetep ja tuh

    • DokterCantik

      Maksudnya bagaimana, Pak? Tetap aja apa ya?
      Bisa diperjelas lagi supaya kami dpt mengerti maksudnya??

    • irma

      mungkin istrinya stress pak, maaf ya soalnya menurut pengalaman biasanya wanita yg banyak beban fikiran biasanya bisa jadi pemicu berbagai penyakit wanita…..coba di bawa refreshing pak….*sekedar saran*semoga bermanfaat

  • nabial

    akan saya coba pada istri saya pak. makasih infonya….

  • mama cantik

    thanks dokter atas pencerahannya….sangat bermanfaat sekali

  • lea

    dokter sy mau nanya,, saya ini mempunyai keputihan, cairan nya bening kekuning hijauan, bau nya busuk banget, jd gak pede sy, beberapa kali sudah sy periksakan ke dokter kandungan juga, di kasih obat minum dan supositoria, memang sembuh, tapi kemuadian balik lagi seperti semula, apalagi ketika saya abis (maaf) “berhubungan”, saya mau tanyakan apa ini tanda2 kanker dan apa yg harus saya lakukan? … terima kasih

  • rahmi

    gimana caranya menghilangkan hitam di bagian pinggir paha dok, terimakasih