Cara Memutihkan Kulit Yang Gosong Akibat Berenang

Cara Memutihkan Kulit Yang Gosong Akibat BerenangBerenang adalah salah satu jenis olahraga outdoor yang memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti menurunkan dan menjaga berat badan, melatih otot-otot pada kaki dan tangan, dan juga merangsang pertumbuhan saraf motorik.

Namun seperti kebanyakan olahraga outdoor yang lain, dimana waktu paling baik untuk melakukannya adalah pada pagi dan siang hari, berenang terlalu lama bisa menyebabkan kulit menjadi gosong karena terekspos sinar ultraviolet.

Terutama bagi anda yang suka berenang di siang hingga sore hari, mengaplikasikan sunblock dan lotion SPF adalah tindakan pencegahan kulit gosong akibat berenang.

Bagi anda yang sudah terlanjur menderita kulit gosong karena lupa mengaplikasikan sunblock, di bawah ini adalah beberapa cara menyembuhkan dan memutihkan kulit gosong akibat berenang:

Fokus pada Kulit Merah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penyebab utama kulit gosong akibat berenang adalah sinar ultraviolet atau UV terutama jenis UVA dan UVB –satu jenis UV, yaitu UVC, sinar radiasinya tidak mencapai permukaan bumi. Kedua jenis sinar UV diatas bisa menyebabkan iritasi pada kulit, dari iritasi ringan hingga iritasi berat.

Apapun jenis iritasinya, gejala awalnya adalah kulit yang berwarna merah, lalu perlahan berubah menjadi kehitaman (gosong). Kulit iritasi yang berwarna sangat merah bisa menimbulkan bengkak dan perih pada kulit; fokuslah pada pembengkakan ini sebelum fokus pada memutihkan kulit. Minumlah obat penghilang rasa sakit yang mengandung ibuprofen, tentu saja dengan resep dokter.

Mandi dengan Air Dingin

Langkah berikutnya untuk memutihkan kembali kulit gosong anda setelah berenang adalah mandi berendam dengan air dingin, selama kurang lebih 15 menit. Air dingin disini bukan air dari lemari pendingin, melainkan air dengan temperatur normal (sekitar 25° celcius), jadi tidak terlalu hangat.

Selain itu, usahakan untuk berendam karena bila anda mandi dengan shower atau gayung, maka ada kemungkinan kulit anda akan terkena iritasi –terutama beberapa jam setelah berenang, hindari mandi dengan air mengalir.

Lidah Buaya dan Kunyit untuk Badan, Lemon untuk Wajah

Bahan-bahan alami selalu jadi pilihan utama untuk perawatan kecantikanm, termasuk untuk memutihkan kulit, karena efeknya yang tahan lama dan tidak adanya efek samping yang ditimbulkan.

Untuk memutihkan kulit badan, siapkan satu batang lidah buaya ukuran sedang, kemudian oleskan jeli pada bagian dalam lidah buaya ke seluruh badan. Setelah agak kering, bilas dengan air bersih.

Langkah selanjutnya adalah dengan campuran kunyit parut, tepung chickpea atau tepung gram (bisa anda dapatkan di toko-toko bahan masakan Asia), dan minyak zaitun.

Oleskan campuran ini keseluruh badan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin. Untuk wajah, aplikasikan air perasan jeruk lemon dengan lembut ke seluruh wajah. Setelah 15 menit, bersihkan dengan air dingin.

Susu Sebagai Pemutih Alami

Apabila anda sudah menyiapkan budget tersendiri untuk memutihkan kulit gosong karena kebiasaan berenang anda disiang hari, cobalah berendam dengan susu selama setidaknya 30 menit. Mandi susu bisa anda lakukan di salon atau spa perawatan kecantikan.

Selain itu, berendam susu bisa juga anda lakukan di rumah, tapi di salon lebih direkomendasikan karena biasanya air susu diberi tambahan ramuan pemutih lain. Untuk perawatan di rumah dengan susu, campurkan 200ml susu sapi segar, kulit jeruk Sunkist, dan dua sendok makan madu. Gunakan campuran ini untuk cuci muka pada malam hari sebelum tidur.

Perawatan dari Dalam

Selain perawatan dari luar, gunakan juga cara memutihkan kulit yang gosong dari dalam tubuh. Pertama, minum air putih mineral banyak-banyak, karena air bisa mengembalikan keseimbangan kadar dehidrasi dalam tubuh. Kedua, konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A dan vitamin C, seperti pepaya, jambu, dan tomat. Dan ketiga, hindari sinar matahari sebisa mungkin, terutama di siang hari, dengan memakai pakaian tertutup serta menggunakan sun block.

Nah, selamat mencoba!





  • olivia mary angelo

    my frends is crezy nme rini

  • olivia mary angelo

    satu lagi yg gila yaitu dea

  • eny

    Trimakasih atas infonya :)