Cream Pemutih Wajah Yashodara

Tips dan Cara Menangani Stress

Tips dan Cara Menangani StressDalam dunia kesehatan, secara umum penyakit bisa dikategorikan menjadi dua macam, yaitu penyakit fisik dan psikologis.

Harus diakui bahwa yang kebanyakan diketahui masyarakat adalah penyakit yang sifatnya fisik saja, artinya penyakit yang menyerang organ-organ tubuh tertentu saja dan kelihatan secara kasat mata.

Kebanyakan orang cenderung meremehkan penyakit psikologis. Selain karena gejala dan tanda-tandanya seringkali tidak bisa kelihatan secara langsung, penyakit psikologis juga cenderung terjadi secara kronik dan dalam waktu yang cukup lama baru akan kelihatan dampaknya.

Salah satu penyakit psikologis yang umum dialami oleh setiap orang adalah stress. Tidak banyak yang tahu bahwa stress, yang bisa mengarah ke depresi, ternyata merupakan salah satu jenis penyakit psikologis tingkat awal.

Seperti penyakit pada umumnya, bila tidak segera ditangani, stress bisa mengarah ke penyakit psikologis yang lebih serius dan bukan tidak mungkin dapat menyebabkan dampak negatif pada kesehatan secara umum. Dijuluki sebagai silent killer, stress bisa menyebabkan penyakit fisik seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan sakit pada ulu hati, serta sejumlah gejala fisik lainnya.

Tips dan Cara Menangani Stress

Bagi para wanita, tahukah anda bahwa stress bisa menyebabkan kerutan pada kulit wajah dan rambut rontok? Untuk mencegah efek yang lebih serius, segera tangani stress dengan cara yang tepat.

Nah, di bawah ini adalah sejumlah tips dan cara menangani stress yang bisa Anda lakukan sendiri:

Kenali Tanda-Tanda Stress

Sebelum mempelajari cara menangani stress, kenali dulu ciri-ciri dan gejala stress –karena terkadang orang men-salah artikan kecapekan dengan stress. Gejala penyakit ringan psikologis ini setidaknya ada tiga jenis; yaitu gejala pada seluruh tubuh, pada mood (suasana hati), dan pada tingkah laku.

Beberapa gejala fisik yang timbul karena stress adalah sakit pada bagian otot tertentu, rasa tidak nyaman pada perut, dan gangguan tidur. Sedangkan pada mood, kurang fokus dan motivasi kerja (belajar) adalah gejala yang paling sering timbul.

Terutama bagi para wanita, stress bisa menyebabkan gampang tersingung dan mudah marah. Tingkah laku seseorang yang mengalami stress juga bisa berubah, seperti: kurang makan, ketergantungan obat, dan kecenderungan mengurung diri.

Pertolongan Pertama Saat Mengalami Stress

Satu hal yang harus diwaspadai dari stress adalah bahwa dia bisa timbul dimana saja dan kapan saja. Apabila anda sering tiba-tiba mengalami stress akibat pekerjaan yang menumpuk misalnya, maka segera lakukan pertolongan pertama seperti berikut ini:

Pertama, tarik nafas dalam-dalam secara perlahan sambil menutup mata. Terutama bila detak jantung tiba-tiba meningkat, lakukan cara ini hingga detak jantung kembali normal. Kedua, pikirkan hal-hal bahagia yang bisa membuat anda tersenyum –imajinasi seru seperti berkencan dengan artis idola juga bisa membantu dalam proses ini.

Setelah agak tenang, minumlah secangkir teh hangat: pilihan teh terbaik adalah teh hujai dan teh chamomile. Teh hitam, yang kaya anti-oksidan, juga bisa jadi alternatif terbaik.

Pijatan Sederhana

Ini dia cara cepat menangani stress yang datang tiba-tiba adalah dengan melakukan pijatan pada bagian tubuh tertentu. Stress memang bisa diasosiasikan dengan otot dan urat yang kaku, sehingga cara terbaik mengatasinya adalah dengan pijatan.

Apabila anda tidak sempat mengungjungi tukang pijat pro, berikut ini teknik pijatan sederhana yang bisa anda lakukan sendiri. Teknik ini diperkenalkan oleh penulis Darrin Zeer. Pertama, letakkan kedua tangan pada pundak dan leher lalu tekan perlahan dengan jari-jari dan telapak tangan. Kedua, gosok perlahan, sambil ibu jari menekan otot-otot yang kaku.

Yoga, Olahraga, dan Tidur Cukup

Kegiatan positif yang berhubungan dengan fisik juga menjadi cara terbaik untuk menangani stress. Salah satu kegiatan fisik disini adalah olahraga, karena hormon endorphin yang dikeluarkan tubuh saat olahraga bisa mengurangi stress.

Selain itu, olahraga juga bisa melancarkan metabolisme tubuh. Olahraga rutin bisa dilakukan di rumah, seperti jogging mengelilingi rumah atau kompleks perumahan Anda sebanyak satu atau dua kali. Kegiatan fisik yang lebih direkomendasikan adalah yoga,  yang merupakan kombinasi dari olahraga dan meditasi.

Bikram yoga adalah salah satu jenis yoga yang populer di Indonesia, terutama karena keampuhannya mengurangi stress. Diantara semua kegiatan fisik, tidur adalah obat paling manjur untuk menangani stress.

Konsumsi Makanan Pencegah Stress

Untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya stress, disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat pencegah timbulnya stress, seperti oatmeal hangat (meningkatkan level serotonin), roti gandum (menstabilkan gula darah), permen aroma buah, jeruk, bayam, ikan laut, dan alpukat.

Selamat mencoba!





  • dokter boy

    Websitenya ngapusi saya tertipu karena kata kunci yang saya cari tidak ada artikelnya. cuman judul doang. setan