Tips dan Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Tips dan Cara Memutihkan Gigi Secara AlamiSebagaimana kita ketahui, saat ini hampir semua orang pasti ingin memiliki gigi putih menawan seperti halnya model dan artis-artis yang sering tampil di televisi, terutama mereka yang berperan sebagai bintang iklan pasta dan sikat gigi.

Hanya saja, apakah benar gigi yang mereka miliki bisa seputih dan semenawan itu dengan hanya menggunakan pasta gigi tertentu secara rutin? Jawabannya tentu saja tidak.

Para model dan artis ini memiliki waktu yang sangat terbatas, sehingga mereka harus menggunakan cara medis yang instant untuk mendapatkan gigi yang putih sehat.

Proses pemutihan gigi dengan hydrogen peroxide adalah cara medis yang paling umum digunakan, terutama oleh para wanita. Namun cara medis ini cenderung menimbulkan efek samping, sehingga kurang aman.

Saat ini banyak orang yang lebih memilih cara-cara alami untuk memutihkan gigi karena selain relatif lebih murah, aman dan hasilnya pun tidak kalah dengan cara-cara modern dan instan lainnya.

Tips dan Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Nah, berikut ini adalah beberapa tips dan cara alami memutihkan gigi dengan cepat dan aman, antara lain:

Sikat Gigi dan Dental Floss

Saat ini mungkin ada banyak pemutih gigi yang bisa anda coba baik secara medis maupun secara alami, hanya saja diantara pemutih gigi tersebut, tidak ada yang bisa memutihkan gigi sebaik sikat gigi dan dental floss.

Dengan sikat gigi, kita bisa membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Khusus bagi yang memiliki kebiasaaan minum kopi dan merokok, sikat gigi minimal dua kali sehari akan membuat gigi tampak lebih putih.

Lalu kenapa sangat dianjurkan juga menggunakan dental floss? Kebanyakan orang berpikir bahwa menggunakan pembersih gigi tambahan seperti mouthwash dan dental floss tidaklah penting. Padahal, dental floss bisa membantu menghilangkan sisa makanan di sela-sela gigi, dan secara otomatis membuat gigi tampak putih. Cobalah menggunakan dental floss dan mouthwash sesudah menyikat gigi, dan lihatlah perbedaan warna gigi yang terjadi.

Bahan-Bahan Pemutih Gigi Alami

Tahukah anda bila beberapa jenis buah bisa menjadi bahan pemutih gigi alami? Seorang dokter gigi dari Amerika Serikat, Arthur Glosman D.D.S, mengatakan bahwa buah-buahan yang renyah dan agak keras memiliki efek abrasif pada permukaan gigi (tanpa menyebabkan pengikisan) sehingga secara otomatis bisa memutihkan gigi. Karena itu, cobalah untuk memakan buah seperti wortel, apel, dan buah pir setelah makan.

Lalu apa ada buah-buahan lain yang bisa menjadi pemutih gigi alami? Jawabannya tentu saja ada, salah satunya adalah buah strawberry. Bagaimana cara membuatnya? Haluskan saja beberapa buah strawberry dan oleskan pada permukaan gigi selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, sikatlah gigi seperti biasa.

Selain itu, daun salam dan kulit jeruk juga bisa menjadi pemutih gigi alami. Caranya adalah dengan mengeringkan irisan kulit jeruk dan haluskan beberapa lembar daun salam, lalu campur hingga rata. Aplikasikan pada permukaan gigi sebelum menyikat gigi, setidaknya dua kali sehari.

Baking Soda

Walaupun tidak begitu disarankan karena masih belum diteliti keefektifan dan keamanannya, baking soda juga disinyalir memiliki kemampuan untuk memutihkan gigi karena kandungan hidrogan peroksida yang ada didalamnya.

Caranya membuatnya adalah dengan mencampurkan air, baking soda, dan sedikit garam hingga berbentuk pasta. Sikatlah gigi dengan pasta baking soda ini, maksimal dua kali dalam seminggu.

Karena efek abrasif baking soda yang cukup tinggi, maka tidak disarankan untuk menyikat gigi menggunakan baking soda terlalu sering.

Cuka dan Air Lemon

Selain baking soda, campuran bahan alami lain yang memiliki sifat abrasif tinggi adalah cuka dan air perasan lemon. Setelah mencampur kedua bahan alami ini, cukup oleskan pada gigi selama 5 menit, bilas dengan air, dan sikat gigi seperti biasa.

Karena efeknya yang kuat dan bisa mengikis lapisan luar gigi, kedua cara terakhir kurang disarankan bagi anda yang sudah memiliki gigi cukup putih. Sebaliknya, bagi pecandu rokok dan kopi, kedua cara terakhir adalah cara alami yang bisa memutihkan gigi dengan cepat.

Pemutih Gigi Populer

Selain aneka cara-cara alami di atas, kini banyak orang juga menggunakan alat dan obat pemutih gigi modern yang dapat membantu mendapatkan gigi putih dalam waktu yang tidak terlalu lama. Salah satu pemutih gigi yang dapat memberikan hasil yang cepat dan aman adalah WhiteLight.

WhiteLight ini adalah produk best seller dan paling populer di Eropa dan AS karena sudah terbukti efektif memutihkan gigi dengan hasil permanen dan sangat aman, tidak ada efek samping. Di Indonesia, produk WhiteLight juga sudah mulai terkenal sejak dipromosikan sekitar 2 tahun lalu.

Untuk informasi selengkapnya seputar produk pemutih gigi WhiteLight ini, silahkan mengunjungi situs resmi penjualan WhiteLight di alamat www.obatpemutihgigi.com.

Salam sehat selalu!





  • Lusi

    Dear dokter cantik,
    aku mau tanya donk, gimana caranya mutihin gigi yang kuning akibat efek samping antibiotik? Dari kecil aku minum obat yg mngandung antibiotik, jadinya gigi aku kuning. padahal aku sikat gigi 4 kali sehari, tiap selesai makan dan sblm tidur. selain itu gigi aku agak sensitif, ga tahan dengan yg asam2.
    mohon sarannya ya..
    tks dokter yang cantik ;)

  • neneng

    bu dokter, bagaimana caranya memutihkan gigi ketika masih menggunakan kawat gigi? mohon infonya

  • tya

    mau tanya dong cara menghilangkan strech mark secara alami itu gimana ya