Cream Pemutih Wajah Yashodara

Cara Merawat Luka Jahitan Agar Cepat Sembuh

Tips dan Cara Merawat Luka Jahitan Agar Cepat SembuhLuka jahitan pada dasarnya sangat membantu penyembuhan setelah proses operasi, namun bila tidak dirawat dengan baik, luka jahitan bisa menyebabkan infeksi parah sehingga akan lama sembuhnya.

Jangan membayangkan infeksi ringan seperti warna kemerahan dan bengkak pada permukaan kulit.

Infeksi luka jahitan biasanya justru berupa pendarahan, rasa nyeri, bau tidak sedap dari luka, hingga demam tinggi.

Pada umumnya, luka jahitan biasanya baru sembuh dari 3 hingga dua minggu (tergantung pada lokasi dan banyaknya jahitan). Bila terjadi infeksi, akan dibutuhkan waktu lebih lama bagi luka jahitan untuk sembuh, bisa hingga satu bulan.

Agar proses penyembuhan luka jahitan lebih cepat dan mencegah infeksi tentunya, merawat luka jahitan dengan baik dan benar harus dilakukan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips dan cara merawat luka jahitan agar cepat sembuh, antara lain:

Lindungi Luka Jahitan

Pertama-tama, anda harus menghindari air setidaknya 24 jam setelah luka jahitan dibuat –ini untuk mencegah bakteri dalam air masuk ke dalam luka, karena belum tertutup dengan sempurna. Melindungi luka dengan baik juga bisa mempercepat penyembuhan luka, asal dilakukan dengan benar.

Lalu bagaimana caranya? Pertama, sediakan perban yang steril yang hanya dijual di apotek atau toko-toko obat. Lalu tetesi perban dengan anti-biotik yang disarankan oleh resep dokter. Dengan hati-hati, tempelkan perban pada luka jahitan, lalu tutup dengan plester kulit/plester medis warna coklat.

Mandi dan Bersihkan Badan

Salah satu dilemma mereka yang memiliki luka jahitan adalah pada saat mandi. Air yang tidak steril memang mengandung bakteri, sehingga bisa memperlambat proses penyembuhan luka jahitan. Agar tidak mengganggu proses penyembuhan luka jahitan, usahakan untuk tidak membasahi luka jahitan.

Salah satu cara melindungi luka bekas jahitan Anda saat mandi adalah dengan membungkusnya dengan plastik bening. Bagi mereka yang memiliki luka jahitan pada bagian abdomen, sebaiknya hindari mandi seperti biasanya. Membasuh badan dengan handuk basah adalah cara yang lebih baik untuk membersihkan badan.

Bersihkan Luka Jahitan

Setidaknya dua kali sehari, yaitu setelah mandi atau membersihkan badan dan sebelum tidur, bersihkan luka jahitan dengan cara yang disarankan oleh dokter. Ini dia langkah-langkah sederhana dan mudah untuk membersihkan luka jahitan.

Pertama, buka perban penutup luka secara perlahan. Kedua, basahi sebatang cotton bud dengan cairan antibiotik yang telah diresepkan oleh dokter. Lalu usapkan secara lebut pada permukaan luka jahitan, perlahan mulai dari tengah luka jahitan lalu ke bagian luar jahitan.

Tunggu hingga permukaan luka jahitan kering (hindari meniup atau mengusap dengan tissue), lalu lanjutkan dengan proses menutupnya dengan perban.

Makanan yang Mempercepat Penyembuhan Luka

Penyembuhan dari luar juga harus didukung penyembuhan dari dalam. Selain mengkonsumsi obat/supplement yang disarankan oleh dokter, mengkonsumsi makanan tertentu ternyata juga membantu proses penyembuhan luka jahitan.

Jenis makanan yang pertama adalah yang mengandung vitamin C, yang membantu memperbaiki collagen pada kulit. Makanan yang mengandung beta karoten atau vitamin A, seperti sayuran hijau dan wortel, juga membantu proses penyembuhan. Makanan yang mengandung zinc dan protein juga membantu proses penyembuhan luka dari dalam.

Kenali Gejala Awal Infeksi

Kunci utama untuk mempercepat proses penyembuhan luka adalah menjaga agar luka tetap steril, bebas dari bakteri yang menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, mengetahui gejala awal infeksi sangatlah penting agar bisa segera dilakukan pertolongan pertama untuk mencegah infeksi yang lebih parah.

Lalu apa saja gejala awalnya? Saat membersihkan luka jahitan, pastikan tidak ada warna merah dan bau yang agak menyengat dari luka jahitan. Luka jahitan (yang masih diperban) yang membengkak juga adalah tanda awal infeksi. Segeralah periksakan luka ke dokter bila terjadi gejala infeksi awal diatas.

Perawatan Bekas Luka Setelah Sembuh

Setelah sembuh, luka bekas jahitan biasanya meninggalkan bekas luka. Nah, untuk membantu Anda menghilangkan bekas luka jahitan yang terjadi, silahkan baca artikel ini: 9 cara menghilangkan bekas luka secara alami.

Semoga bermanfaat!





  • Mads

    Bagaimana dengan penggunaan tissu basah, apakah bisa? Seyahu saya tisu nasah mengandung sdkt alkohol…

  • jay sirun

    saya senang membaca artikel seperti ini, karena kami memiliki produk yang mampu menyembuhkan luka lebih cepat dari obat kimia, kandungan utamanya adalah probiotik. Kami beri merk ” BioRestu”. bisa untuk gatal, luka baru, luka lama dan bahkan luka bakar. jika beminat mengetahui lebih lanjut dan kerjasama hub. 081310165341