Tips dan Cara Membersihkan Telinga yang Aman

Tips dan Cara Membersihkan Telinga yang AmanTelinga adalah salah satu organ tubuh yang penting, terutama karena perannya sebagai penangkap dan penghantar suara dari luar ke organ pendengaran bagian dalam.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan kebersihan telinga harus dilakukan secara rutin. Tapi sayangnya, masih banyak orang yang tidak tahu cara membersihkan telinga yang aman, mungkin anda adalah salah satunya.

Bagaimana tidak, masih ada banyak orang yang mencoba membersihkan telinga dengan lubang pada peniti, atau lebih parahnya, menggunakan sapu lidi yang dibungkus dengan kapas seadanya.

Cara-cara tidak aman seperti ini sangat beresiko, karena bisa menyebabkan iritasi hingga infeksi pada telinga. Berikut ini beberapa tips dan cara membersihkan telinga yang aman untuk Anda:

Gunakan Baby Oil dan Alat Suntik

Tenang…alat suntik yang akan kita gunakan untuk membersihkan telinga di sini adalah yang tanpa jarum. Sebelumnya, anda harus menyiapkan bahan-bahan utama seperti baby oil (bisa anda dapatkan di toko-toko perlengkapan bayi), bola-bola kapas (yang terbuat dari kapas kecantikan), dan air hangat secukupnya.

Anda juga harus menyiapkan sebuah alat suntik berukuran kecil. Khusus untuk alat suntik, gunakan tanpa jarum suntiknya karena kita akan menggunakan alat ini untuk memasukkan cairan ke dalam saluran telinga (ear canal). Bagaimana caranya?

Pertama, masukkan 3 atau 4 tetes baby oil ke dalam telinga secara perlahan, menggunakan alat suntik. Untuk meneteskan baby oil, posisikan telinga yang sedang dibersihkan menghadap keatas (miringkan kepala anda sedikit).

Lalu letakkan bola kapas di bagian luar telinga untuk mencegah minyak bayi agar tidak keluar. Tunggu selama 15 menit hingga baby oil melunakkan kotoran-kotoran yang ada di telinga anda. Namun bila anda memiliki kotoran telinga yang agak banyak hingga terjadi penyumbatan telinga, biarkan hingga 20-30 menit.

Setelah itu, lepas buang bola kapas di telinga anda. Isi alat suntik dengan air hangat, dan masukkan ke telinga yang sudah diberi minyak bayi. Buang air dengan memiringkan kepala ke arah sebaliknya.

Terakhir, untuk memastikan bahwa tidak ada sisa minyak pada telinga, seka lubang telinga anda dengan cotton bud. Untuk mencegah iritasi, lakukan proses ini secara lembut dan perlahan.

Pakai Kapas dan Lotion Buatan Sendiri

Selain dengan baby oil, anda juga bisa membersihkan telinga secara aman dengan lotion buatan sendiri. Ini dia tiga diantaranya:

  • Campuran hydrogen peroxide solution atau cairan hydrogen peroksida yang bisa anda beli di toko-toko kimia dan apotek dan air putih hangat. Untuk membuat ini, anda membutuhkan satu sendok teh hydrogen dan satu sendok the air hangat.
  • Yang kedua adalah campuran satu sendok teh mineral oil atau minyak mineral dengan satu sendok teh air hangat.
  • Yang terakhir, dan paling direkomendasikan adalah satu atau dua sendok teh glycerin (bisa juga didapatkan di toko-toko bahan kimia) dan satu sendok teh air hangat.

Caranya kurang lebih sama dengan yang sebelumnya (menggunakan alat suntik tanpa jarum). Gunakan satu dari lotion di atas sebagai pengganti baby oil. Tapi kali ini, anda cukup membilas lotion dengan air hangat, tanpa menggunakan cotton bud.

Untuk memastikan telinga anda bersih dari lotion, anda cukup membilas telinga dengan air hangat satu atau dua kali lagi.

Satu hal yang harus anda ingat adalah cara-cara membersihkan telinga dia tas hanya direkomedasikan bagi mereka yang tidak memiliki penyakit seperti infeksi telinga. Bagi anda yang menderita penyaki yang berhubungan dengan telinga, satu-satunya cara untuk membersihkan telinga yang aman adalah dengan meminta bantuan dokter ahli THT.

Salam sehat!





  • Martha Susiyanti

    solusi penyembuhan penyakit gondok didalam tubuh

  • nita

    wahh baru tau saya.. lumayan daripada mesti kesalon trs buat bersihin telinga doank..