Cream Pemutih Wajah Yashodara

Tips dan Cara Merawat Bekas Operasi Caesar

Tips dan Cara Merawat Bekas Operasi CaesarKebanyakan wanita mungkin akan lebih memilih melahirkan dengan metode operasi Caesar dibandingkan melahirkan normal, tetapi tahukah anda bila anda bahaya besar mengancam apabila anda tidak tahu cara merawat bekas operasi caesar dengan baik dan benar?

Walaupun proses melahirkan dengan operasi caesar lebih cepat dan tidak begitu sakit dibandingkan melahirkan normal, proses penyembuhan operasi caesar bisa jauh lebih lama.

Normal waktu penyembuhan bekas luka operasi caesar adalah 3 hingga 4 minggu, bahkan lebih. Yang harus anda ketahui adalah bila tidak dirawat dengan baik, bekas luka operasi caesar bisa menimbulkan infeksi yang akan memperpanjang waktu penyembuhan.

Lalu bagaimana cara merawat bekas luka operasi caesar dengan benar? Ini dia tips dan cara merawat bekas operasi Caesar yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

Jaga Kebersihan Luka Operasi

Bekas operasi caesar pada dasarnya sama dengan luka operasi lainnya. Kunci dari proses penyembuhan yang cepat adalah menjaganya dari bakteri, yang bisa menyebabkan infeksi. Menjaga kebersihan luka bekas operasi adalah salah satu caranya. Tiap sehabis mandi, bersihkan bekas operasi dengan cairan antiseptic dan antibiotic yang disarankan oleh dokter.

Saat membersihkan bekas operasi, gunakan kapas atau cotton bud, pastikan juga tangan anda bersih. Membungkus bekas operasi dengan perban jangan terlalu ketat, karena ini bisa menyebabkan iritasi.

Olahraga Ringan

Siapa bilang olahraga berbahaya bagi anda yang sehabis menjalani operasi cesar? Faktanya, olahraga ringan seperti jalan-jalan bisa membantu proses penyembuhan. Pertama, olahraga ringan bisa mencegah konstipasi dan penggumpalan darah. Selain itu, ini juga bisa meningkatkan sirkulasi darah di seluruh tubuh.

Kedua, olahraga juga meningkatkan sistem imun dan membantu mencegah pneumonia atau gangguan kesehatan umum akibat operasi cesar. Setiap bangun tidur, berjalanlah mengelilingi rumah atau satu blok selama setidaknya 15 menit.

Perawatan Dingin dan Hangat

Perawatan dingin adalah perawatan darurat ketika bekas operasi anda tiba-tiba mengalami pembengkakan. Caranya adalah dengan meletakkan plastik berisi es atau air dingin, segera setelah anda merasakan adanya pembengkakan.

Perawatan hangat adalah cara cepat agar luka jahitan anda cepat sembuh. Caranya adalah dengan mengkompres bagian luka operasi dan sekitarnya dengan heating pad atau kantong plastik khusus yang berisi air hangat. Ini bisa meningkatkan sirkulasi darah pada luka jahitan, sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat.

Pakaian Wajib Setelah Operasi Cesar

Seperti yang disebutkan sebelumnya, anda harus menghindari perban yang terlalu ketat agar bekas operasi tidak iritasi –ini juga berlaku saat memilih pakaian. Bila anda terbiasa memakai pakaian yang agak ketat, relakanlah 4 hingga 12 minggu setelah operasi untuk memakai pakaian yang longgar.

Pakaian longgar yang harus anda kenakan diantaranya adalah pakaian dalam, atasan, kaos, celana/rok, dan piyama. Daster dan babydoll adalah jenis pakaian longgar yang paling disarankan.

Perawatan dari Dalam dengan Obat dan Makanan

Selain perawatan dari luar, anda juga harus memperhatikan perawatan bekas operasi dari dalam yaitu dengan obat (supplement) dan makanan. Untuk obat dan supplement, patokan anda adalah resep dari dokter.

Untuk makanan, usahakan agar anda mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi berimbang. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin C dan gandum utuh, seperti sereal dan roti gandum untuk sarapan.

Untuk makan siang, menu anda harus mengandung protein dan beta karoten. Makanan yang mengandung protein, zinc atau mineral lain, dan vitamin juga wajib anda konsumsi.

Tips Penting Lainnya

Ini dia tips lain untuk merawat bekas operasi caesar. Pertama, olahraga memang penting, tapi istirahat sebanyak-banyaknya juga penting. Kedua, saat duduk dan tidur, gunakan bantal yang empuk dan nyaman sebanyak mungkin. Dan terakhir, hindari mengangkat barang-barang yang berat agar luka bekas operasi tidak terbuka.





  • Iis azizah

    6 tahun lalu sy juga pernah menjalani oprasi cesar
    Dan sampe sekarang perut saya terlihat sangat mengerikan,apa yg harus saya lakukan
    Apa masih bisa disembuhkan..
    Sy melahirkan anak kembar dan perut saya terlihat lembek dan keriput
    Saya tidak mau,saya mau perut saya terlihat normal
    Tolong saya,,,saya harus pergi ke dokter spesialis apa untuk menyembuhkan perut saya…
    Saya bingung,tidak percaya diri…