Cara Merawat dan Membersihkan Wajah

Cara Merawat dan Membersihkan WajahAnda dan semua wanita sejatinya terlahir cantik, hanya saja Anda harus tahu benar bagaimana cara agar terlihat menarik, dimana wajah adalah salah satu faktor utama yang harus diperhatikan.

Pada dasarnya, membersihkan dan merawat kulit wajah dan seluruh tubuh adalah hal penting yang harus kita lakukan, karena kulit kita menghasilkan lebih dari 50 juta sel mati setiap harinya. Ini belum termasuk bakteri, kuman, kotoran, dan faktor lain dari luar.

Lalu mengapa wajah butuh perlakuan khusus? Salah satu alasannya adalah karena wajah kita berinteraksi langsung dengan dunia luar dan terpapar aneka polutan dan kotoran-kotoran lain.

Bagaimanapun kerasnya usaha kita untuk menutup wajah, jumlah kotoran, bakteri, hingga kuman yang menempel pada kulit wajah akan lebih banyak dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya – selain tangan, tentunya.

Lalu bagaimana cara membersihkan dan merawat wajah dengan baik dan benar?  Ini dia ulasannya.

Bersihkan Wajah dengan Benar

Membersihkan wajah adalah ritual penting yang menentukan secantik apa kulit anda. Ini dia langkah-langkah membersihkan wajah dengan baik dan benar, sebelum tidur dan sebelum mandi pagi.

  • Pertama, jangan terburu-buru membilas wajah dengan air. Tunggulah selama 5 atau 10 menit hingga suhu permukaan kulit wajah cukup dingin, dan tidak ada keringat pada permukaan kulit. Usap wajah dengan tissue kering jika perlu.
  • Kedua, cuci tangan hingga bersih, lalu bilas wajah dengan air dingin. Membilas wajah dengan air dingin saja sebenarnya bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun –selama wajah anda tidak berkeringat.
  • Ketiga, campurkan ¼ sendok teh garam dapur dengan ¼ cangkir air dingin, lalu aplikasikan ke seluruh permukaan wajah selama 10 hingga 15 menit. Campuran ini berfungsi untuk membersihkan wajah dari bakteri; garam bersifat anti-bakteri.
  • Keempat, untuk kulit kering, aplikasikan minyak zaitun ke permukaan kulit wajah secara merata selama 10 menit.
  • Kelima, setelah membilas wajah dengan bersih dari minyak zaitun (atau air garam), bersihkan wajah dengan facial foam yang cocok untuk kulit anda.
  • Keenam, bersihkan wajah dengan face tonik atau milk cleanser sebelum mandi pagi.

Lindungi Wajah dari Sinar Ultraviolet

Sebelum mulai belajar cara membersihkan dan perawatan wajah, ada baiknya anda belajar dulu cara melindungi wajah dari sinar Ultraviolet –sinar radiasi dari matahari yang bisa mempercepat kematian sel kulit.

Sebelum keluar rumah, hendaknya anda mengaplikasikan bedak atau cream yang mengandung anti-UV; pastikan bedak yang anda aplikasikan bebas dari mercury dan bahan berbahaya lain. Bila anda keluar pada siang hari, aplikasikan sunblock untuk wajah sebelum mengaplikasikan bedak.

Salah satu produk cream pencerah kulit wajah yang sekaligus berfungsi sebagai anti-UV adalah Yashodara whitening day cream. Selain karena komposisinya yang sudah sangat lengkap dan tanpa merkuri/hidroquinon, cream Yashodara ini juga telah terdaftar resmi di BPOM RI. Silahkan baca informasi selengkapnya seputar cream Yashodara di situs www.creampemutih.net.

Lindungi Wajah dari Bakteri

Untuk melindungi wajah dari bakteri, satu hal yang harus anda perhatikan adalah jangan selalu menyentuh wajah dengan tangan, terutama bila anda memiliki komedo dan jerawat. Sebaiknya gunakan tissue wajah ketika mengelap keringat atau air.

Rawat Wajah dengan Masker Alami

Untuk merawat wajah, mulailah dengan kebiasaan mengaplikasikan masker wajah, terutama yang mengandung bahan-bahan alami. Salah satu masker alami yang sangat disarankan Anda pakai adalah masker pisang ambon.

Cara membuatnya adalah dengan menghancurkan satu buah pisang ambon ukuran sedang, hingga berbentuk pasta. Campurkan ¼ cangkir yoghurt tawar dan 2 sendok makan madu. Aplikasikan ke wajah dan leher selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan masker oatmeal. Campurkan 1/3 cangkir oatmeal dengan air panas, aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, campurkan 2 sendok makan yoghurt tawar, 2 sendok makan madu, dan satu buah putih telur. Aduk hingga tercampur rata, aplikasi ke wajah dan leher selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Selain itu, masker wajah dari bahan alami lainnya yang bisa anda coba adalah masker pepaya, masker yogurt dan masker susu.

Perawatan Wajah dari Dalam

Untuk memaksimalkan kecantikan dan kesehatan kulit wajah, perawatan dari dalam juga dibutuhkan. Minum air putih minimal 3 liter perhari, dan juga mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan vitamin E, adalah perawatan kulit dari dalam yang cukup efektif.

Selamat mencoba!