Cream Pemutih Wajah Yashodara

Tips dan Cara Merawat Rambut Kering dan Rontok

Tips dan Cara Merawat Rambut Kering dan RontokSiapa yang tak ingin selalu tampil menawan dan menarik setiap saat? Tentu semua orang ingin terlihat menarik di depan semua orang bukan.

Pada dasarnya, kita dapat selalu terlihat cantik dan menarik di setiap kesempatan jika kita tahu bagaimana cara merawat seluruh bagian tubuh kita, termasuk rambut yang menjadi unsur penting dalam penampilan seseorang.

Tidak hanya untuk perempuan saja, pria juga membutuhkan perhatian extra pada rambutnya. Dengan memiliki rambut yang cantik dan terawat, kita tidak perlu ragu untuk tampil memukau dan mencoba berbagai jenis gaya rambut, baik itu rambut panjang maupun pendek akan sama menariknya.

Lalu bagaimana cara merawat rambut kering dan rontok? Pada dasarnya semua orang memiliki masalah tersendiri akan rambutnya. Masalahnya pun bervariasi, speerti kondisi rambut yang kering, rontok, rapuh, dan terlihat rusak. Untuk memiliki rambut yang cantik, tentunya kita harus tahu dan mengerti bagaimana cara perawatan yang tepat dan sesuai dengan jenisnya.

Dengan perawatan yang tepat, pemberian nutrisi sesuai kebutuhan rambut, serta memperbaiki kebiasaan yang sering kita lakukan terhapat rambut dapat mempengaruhi kesehatan serta keindahan rambut kita.

Penyebab Rambut Kering dan Rontok

Pertama-tama sebelum kita mencari tahu lebih dalam tentang cara yang tepat merawat rambut kering dan rusak, kita harus tahu terlebih dahulu faktor-faktor yang menyebabkan rambut menjadi kering, rusak, serta rontok.

Faktor pertama ialah rambut kita sering terpapar oleh sengatan matahari yang cukup menyengat. Kemudian, sering menggunakan produk dan alat styling rambut dengan kandungan bahan kimia yang juga dapat mengurangi kelembaban rambut dan merusak rambut kita misalnya, menggunakan catok rambut, cat rambut, hair dryer, mengeriting rambut, melururskan rambut, dan sebagainya.

Frekuensi mencuci rambut yang terlalu sering juga dapat menjadi faktor penyebab rambut menjadi kering dan rontok. Selain faktor tersebut, faktor kesehatan dan hormon juga dapat mempengaruhi kondisi rambut kita.

Faktor-faktor tersebut diatas dapat memberikan dampak besar pada kerusakan rambut, terutama rambut menjadi kering, rapuh, rusak, dan rontok.

Cara Merawat Rambut Kering dan Rontok

Lalu, bagaimana membuatnya kembali indah, menarik dan berkilau serta bebas rontok? Nah, di bawah ini adalah beberapa tips dan cara merawat rambut kering dan rontok yang tepat dan dapat kita coba, antara lain:

  • Cucilah rambut secara teratur, namun jangan terlalu sering atau maksimal dua hari sekali menggunakan shampoo yang sesuai dengan kondisi rambut.
  • Gunakan selalu pelembab rambut, setelah keramas. Meskipun rambut kita kering, gunakan hanya pada pertengahan rambut hingga ujung rambut saja, hindari pengaplikasian conditioner pada kulit kepala.
  • Gunakan juga conditioner berbentuk leave-on yang dapat melindungi rambut dari sinar matahari, terutama jika kita akan melakukan aktifitas di luar.
  • Hindari penggunaan hair dryer, lebih baik keringkan rambut dengan diangin-anginkan saja.
  • Gunakan hair tonic setelah keramas untuk menutrisi akar rambut.
  • Stop pewarnaan rambut atau styling rambut terlebih dahulu agar rambut dapat bernafas adan memperbaiki kerusakannya.
  • Lakukan treatment hair mask atau hair spa dua minggu sekali.
  • Hindari mengikat rambut terlalu kencang, dan biarkan rambut tergerai saat kita hendak tidur.

Aneka tips dan cara di atas akan dapat membantu kita untuk merawat kesehatan serta keindahan rambut kita. Dengan cara merawat rambut kering dan rontok yang cukup mudah dan sederhana tersebut, kita dapat memperbaiki kondisi rambut kita dna membuatnya lebih kuat, bersinar, dan nampak cantik.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan ialah, jangan lupa pula untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan diet seimbang karena dari makanan yang kita konsumsi pula, nutrisi untuk rambut dapat diperoleh.





  • Aijaz

    saya mengalami masalah rambut rontok, menggunakan sampo anti rontok malah tambah rontok.. gimana solusinya. apa ada obat yang ampuh?

  • putri

    pemakaean mask rambut.. paling bagus setiap 2minggu sekali apa 1minggusekali dok?

  • tyaz ariieztya

    saya berambut rontok dan kering,pakai shampo anti rambut rontok emang 15% berkurang,tapi mlah ktombean bagi tipsnya donk dok trma kasih

  • tyaz ariieztya

    saya berambut rontok dan kering,pakai shampo anti rambut rontok emang 15% berkurang,tapi mlah ktombean bagi tipsnya donk dok trma kasih