Cara Membuat Masker Alami Untuk Kulit Kering

Cara Membuat Masker Alami Untuk Kulit KeringKulit kering adalah kondisi kulit yang mengalami kekeringan atau kehilangan kelembaban alaminya yang disebabkan oleh sejumlah faktor seperti  penuaan, akibat cuaca dingin dan kekurangan vitamin A.

Selain itu penyebab kulit kering lainnya bisa karena adanya kondisi medis tertentu, paparan sinar sinar matahari yang terlalu ekstrim, akibat mengkonsumsi obat- obatan tertentu ataupun karena sering kontak dengan deterjen.

Gejala kulit kering sering ditandai dengan munculnya garis-garis halus pada kulit, gatal dan mengelupas sehingga kulit nampak kasar dan kaku terutama pada daerah kaki bagian bawah, lengan, panggul, paha, tangan dan bagian wajah.

Untuk mengatasi kulit kerin, Anda bisa melakukan beberapa perlakuan khusus seperti menurunkan frekuensi mandi, meningkatkan kelembaban kulit, mandi dengan menggunakan sabun berbahan dasar minyak serta senantiasa mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi. Selain itu lakukan perawatan melalui penggunaan produk kosmetika maupun masker alami untuk kulit.

Cara Membuat Masker Alami Untuk Kulit Kering

Nah, pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara membuat masker alami untuk kulit kering dengan memanfaatkan beberapa bahan alami yang dapat dioleskan langsung pada kulit.

Selain dapat diterapkan langsung, kita juga dapat mencampur beberapa bahan tambahan untuk membuat masker buatan sendiri. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan cara membuat ramuan masker untuk kulit kering di bawah ini:

Masker Kuning Telur dan Madu Untuk Kulit Kering

Cara membuat masker dari kuning telur dan madu cukup dengan mencampur secara merata kuning telur 1 sdt, madu 1 sdt dengan beberapa tetes minyak zaitun. Oleskan ramuan tersebut di wajah secara merata dan biarkan hingga kering sebelum dibilas dengan air biasa.

Manfaat menggunakan masker kuning telur dan madu selain dapat melembabkan kulit juga dapat memberi kecerahan pada kulit.

Masker Pepaya dan Pisang Untuk Kulit Kering

Cara membuat  masker pepaya dan pisang untuk kulit kering adalah dengan mengukus pepaya 2 buah,  pisang 1 buah, semangka ½ potong dan 1 sdm susu krim kemudian dihaluskan. Setelah bahan dihaluskan,  oleskan  pada kulit secara merata dan bilas hingga bersih setelah mengering.

Pemakaian masker pepaya dan pisang secara rutin setiap minggunya akan mengembalikan kelembaban kulit sekaligus dapat mencerahkan kulit kita.

Masker Alpukat Untuk Kulit Kering

Buah alpukat memiliki kandungan setidaknya 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat untuk kesehatan terutama untuk kesehatan kulit.  Alpukat kaya akan protein, vitamin E, vitamin A, riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), dan potasium (kalium).

Sebagaimana kita ketahui, campuran vitamin E dan vitamin A dalam perawatan kulit dapat menghilangkan kerutan dan menambah kekenyalan kulit serta menjaga kelembaban kulit. Karena itulah banyak orang yang menggunakan masker alpukat untuk mengembalikan kesegaran dan kesehatan kulit mereka.

Untuk membuat masker alpukat, siapkan alpukat setengah matang ½ buah lalu dibuat bubur dan sedikit ditambahkan susu sapi asli agar membentuk pasta. Oleskan pasta secara merata pada kulit anda dan biarkan selama 15 menit sebelum dibersihkan dengan air dingin.

Masker Madu dan Pisang Untuk Kulit Kering

Madu dan pisang juga dapat menjadi bahan dasar pembuatan masker alami untuk kulit kering. Cara membuat masker madu untuk kulit kering adalah dengan menghaluskan 2 buah pisang yang masih mentah, madu 1 sdm , yogurt  ½  cangkir dan air secukupnya hingga membentuk pasta. Oleskan pasta dengan merata pada kulit dan diamkan selama 20 menit  sebelum dibilas dengan air hangat.

###

Kulit kering dapat terjadi pada siapa saja karena sejumlah faktor pemicu dari lingkungan dan luar diri kita sendiri. Selain itu, faktor dari dalam diri juga ikut berpengaruh, salah satunya adalah proses penuaan (ageing). Pada proses penuaaan, produksi sebum semakin menurun yang mengakibatkan hilangnya kelembaban kulit.

Karena itu, gunakanlah selalu masker alami sebagai cara tepat dan hemat untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit anda.