Cream Pemutih Wajah Yashodara

Cara Menghaluskan dan Memuluskan Kulit Tangan

Cara Menghaluskan dan Memuluskan Kulit TanganPada zaman dahulu, cantik bukan semata-mata disebabkan karena wanita memiliki kulit putih. Wanita cantik disebutkan adalah mereka yang mempunyai kulit tangan yang halus dan kulit kaki yang mulus, tanpa cacat.

Namun, lambat laun zaman boleh berubah. Fenomena kulit putih menggeser kelembutan kulit yang juga sering terlupakan oleh wanita. Padahal, menjaga kulit telapak tangan saja juga bukan hal yang mudah.

Perlu dilakukan beberapa langkah rutin untuk menjaga agar telapak tangan tetap lembut sekalipun mengerjakan berbagai pekerjaan rumah dan kesibukan harian lainnya.

Nah, selama ini, perawatan apa saja sih yang pernah Anda lakukan untuk telapak tangan?  Kami yakin jarang di antara Anda yang ingat merawat bagian tersebut, bukan? Nah, untuk itu, ikuti beberapa tips berikut agar telapak tangan Anda bisa tetap lembut dan mulus, semulus dan selembut tangan bayi.

Cara Menghaluskan dan Memuluskan Kulit Tangan

Ada beberapa tips dan cara sederhana yang murah untuk menjadikan kulit tangan Anda menjadi halus dan lembut tanpa harus pergi ke salon atau spa, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa Anda dapatkan di dapur sendiri, antara lain:

Minyak Almond

Jika sering memasak atau memiliki hobi memasak, tekstur kulit tangan akan cepat rusak jika kita tidak rutin menjaga dan merawatnya. Untuk melembutkan kulit tangan yang teksturnya kasar akibat pekerjaan domestik, Anda bisa menggunakan minyak almond.

Caranya adalah dengan menambahkan sedikit minyak almond ke dalam air untuk mencuci tangan Anda. Air campuran minyak almond ini akan melembutkan kulit sedangkan kandungan minyaknya akan menjaga kelembaban kulit tangan Anda.

Garam Laut dan Lemon

Anda bisa menghilangkan sel kulit mati di tangan dengan cara melarutkan garam laut dan lemon. Gosokkan perlahan ramuan ini pada tangan dengan sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Lakukan ini seminggu dua kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika dilakukan rutin, kulit tangan akan lebih halus dan lembut.

Air Hangat, Madu dan Minyak Zaitun

Cara lain untuk mempertahankan kehalusan dan kelembutan kulit tangan adalah dengan membasuh seluruh tangan dengan air hangat, lalu gunakan washlap dan gosok tangan dengan lembut.

Saat kulit mulai terlihat lembab, oleskan campuran madu dan satu sendok teh minyak zaitun. Lalu masukkan kedua tangan dalam sarung tangan plastik kecil, setelah itu masukkan dalam sarung tangan kain dan biarkan selama 30 menit.

Hantaran panas ini akan membantu penyerapan cairan dalam bentuk keringat sehingga bisa membunuh kuman-kuman yang disebabkan oleh kelembaban kulit karena terlalu banyak keringat.

Susu Hangat

Bisa juga anda memanaskan satu cangkir susu di microwave selama 30 detik hingga hangat tapi cukup nyaman saat disentuh. Rendamlah tangan Anda selama 5 menit ke dalam susu yang masih hangat tersebut untuk menguatkan kuku dan melembabkan kulit.

Kandungan dalam susu bukan hanya berisi lactit acid, alpha hydroxyl acid yang mampu mengelupaskan sel kulit mati dengan lembut tetapi juga ada kalsium yang berguna untuk menguatkan kuku yang mudah patah.

Minyak Zaitun dan Gula

Cara sederhana lain yang bisa kita contoh untuk perawatan kulit tangan halus yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan menggunakan minyak zaitun dan gula.

Campurkan 1 sdt gula dengan 1 sdt minyak zaitun. Oleskan bagian telapak tangan dengan ramuan tersebut, lalu gosok dengan lembut. Pastikan menggosoknya perlahan saja agar kulit tidak terluka dan kehilangan kelembutannya. Bilas dengan air, kemudian keringkan dengan handuk.

Minyak zaitun sendiri berguna untuk melembutkan kulit kering secara alami, sedangkan gula berfungsi sebagai scrub alami. Lakukan cara ini setidaknya seminggu sekali untuk menjaga kelembutan telapak tangan Anda.

Ampas Kopi

Saat menyediakan kopi hitam di rumah, jangan keburu dibuang ampasnya. Gunakan ampas ini sebagai scrub dan gosokkan ke seluruh bagian telapak tangan selama beberapa menit. Bilas dengan air seperti biasa kemudian keringkan dengan handuk.

Sisa ampas kopi ini akan membuat kulit telapak tangan lebih lembut, membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati, serta melembabkan kulit dengan cara alami.

Garam dan Baby Oil

Apabila ramuan gula dirasa terlalu kasar, Anda juga bisa memakai ramuan garam. Campurkan 1 sdt garam ke dalam 1 sdt baby oil, kemudian usapkan pada seluruh bagian telapak tangan. Bilas hingga bersih, dan Anda akan mendapatkan telapak tangan yang halus dan lembut seperti kulit bayi.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga berfungsi melembutkan telapak tangan yang kasar. Cukup oleskan minyak kelapa pada tangan, diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air biasa.

Tidak perlu menggunakan sabun sekalipun rasanya masih berminyak karena di sini minyak kelapa akan tetap bekerja untuk melembutkan dan melembabkan kulit tangan Anda hingga keesokan harinya.

###

Seperti halnya kulit wajah kita, tangan dan bagian-bagiannya juga perlu dirawat agar senantiasa terasa halus, kenyal dan bersih. Seiring bertambahnya usia, kadar air dan lemak mulai berkurang, sehingga kelembapan dan elastisitas kulit tangan pun berkurang.

Kulit tangan yang lembut dan halus bisa diraih jika Anda rutin merawatnya. Anda bisa mencoba tips dan cara menghaluskan dan melembutkan kulit tangan secara alami sebagaimana dijelaskan di atas, atau yang paling mudah dan praktis adalah dengan menggunakan krim khusus tangan, bodylotion atau body butter.

Merawat telapak tangan sama pentingnya dengan merawat bagian tubuh yang lain. Tidak makan waktu lama dan tidak sulit sesulit yang selalu kita bayangkan. Anda hanya perlu tetap disiplin dan rutin melakukannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, setuju?