Tips dan Cara Merawat Wajah Berjerawat

Tips dan Cara Merawat Wajah BerjerawatSiapa tak ingin memiliki kulit wajah mulus, bersih dan cantik? Tentu semua orang menginginkannya, terutama bagi para wanita.

Meskipun demikian, untuk memiliki wajah yang mulus, halus dan sehat tidaklah semudah apa yang dibayangkan.

Berbagai masalah dapat timbul pada kulit wajah kita, yang paling umum adalah jerawat, terutama bagi mereka yang cenderung memiliki kulit wajah berminyak.

Meskipun kadang dianggap sebagai hal yang wajar, jerawat juga cukup mengganggu karena pada banyak kasus sangat sulit dihilangkan, terlebih jika kita tidak tahu bagaimana cara mengatasi jerawat secara tepat.

Banyak orang harus menghabiskan uang yang cukup banyak untuk mengatasi masalah jerawat, namun tetap saja tidak semua cara mahal itu mampu menghilangkan jerawat yang ada di wajah kita.

Pada dasarnya cara merawat wajah berjerawat tidak sesulit yang dibayangkan jika kita mengetahui dasar-dasar yang tepat. Untuk itu, ada baiknya kita mengetahui seluk beluk jearawat, apa penyebabnya, dan bagaimana cara merawat wajah jika sudah terserang jerawat.

Penyebab Timbulnya Jerawat

Pada dasarnya penyebab jerawat pada setiap orang dapat beragam dan berbeda-beda. Faktor pertama yang dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat ialah masalah hormonal.

Selain itu, kualitas lingkungan dan udara di sekitar kita juga dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat. Udara yang kotor di sekeliling kita dapat menjadi penghantar bakteri yang cukup efektif. Begitu juga dengan air yang kurang bersih juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Selebihnya adalah soal makanan dan minuman yang kita konsumsi. Pada banyak kasus, jerawat mudah muncul karena terlalu kita banyak mengkonsumsi minuman dengan kadar kafein tinggi di dalamnya. Diet yang tidak seimbang dan tidak sehat juga dapat menjadi faktor penyebab munculnya jerawat.

Satu hal lagi, yaitu soal kosmetika wajah. Ternyata, penggunaan kosmetik dapat juga berperan dalam timbulnya jerawat. Kosmetik dengan kadar minyak yang cukup tinggi, atau kosmetik yang mengandung zat pewangi dan pewarna di dalamnya, dan kosmetik lain yang dapat menimbulkan alergi pada kulit, bisa menjadi pemicu munculnya jerawat di wajah.

Cara Merawat Wajah Berjerawat Secara Aman dan Mudah

Dengan mengetahui berbagai faktor-faktor penyebab timbulnya jerawat sebagaimana sudah dijelaskan di atas, maka kita dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mencegah terjadinya jerawat, serta bagaimana merawat wajah yang sudah terlanjur kena jerawat.

Hal yang  paling penting adalah menjaga kebersihan wajah secara tepat. Khusus untuk wajah yang berjerawat, perawatannya pun harus lebih berhati-hati, tidak seperti merawat wajah yang normal tanpa jerawat.

Berikut ini adalah sejumlah tips dan cara merawat wajah berjerawat yang dapat Anda praktekkan juga di rumah:

  • Bersihkan wajah secara teratur, minimal dua kali dalam sehari. Gunakan sabun khusus wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah. Karena itu, sebenarnya penting juga mengetahui Anda memiliki kulit wajah yang berminyak, kering atau normal. Khusus untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, silahkan baca informasi kami yang lain tentang bagaimana cara mengobati jerawat pada kulit berminyak.
  • Usahakan untuk selalu menggunakan pelembab khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat.
  • Sebelum mengaplikasikan bedak atau makeup, pastikan bahwa wajah sudah dalam keadaan benar-benar bersih.
  • Bersihkan alat makeup yang Anda pakai secara rutin, setidaknya 2 minggu sekali.
  • Hindari memegang-megang wajah, terlebih memencet-mencet jerawat.
  • Untuk perawatan mingguan, lakukan exfoliasi dan juga masker wajah secara rutin, pilih masker sesuai untuk kulit berjerawat, misalnya yang berbahan dasar green tea, lemon, dan sebagainya.
  • Untuk peggunaan obat jerawat, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit Anda.
  • Hindari penggunaan kosmetik yang mengandung unsur yang dapat memicu alergi pada kulit kita.
  • Perhatikan asupan makanan harian kita, makanlah banyak sayur serta buah-buahan.
  • Perbanyak pula konsumsi air putih.

Demikianlah sejumlah cara merawat wajah berjerawat yang dapat Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Ingat, agar cara cara tersebut berhasil, Anda harus disiplin melakukannya dan tetap berpikiran positif serta menghindari stress.

Selamat mencoba!





  • fitri

    dok… cara ngilangin jerawat pd kulit brminyak thu gimana ya dok……

  • Fera

    saya cewek berusia 18th, sudah berjerawat sejak usia 15th. berbagai pengobatan baik dokter maupun alami sudah saya lakukan, asupan makanan sudah saya kontrol, hindari polusi pun sudah saya lakukan … aktifitas itu masih saya lakukan sampai sekarang. tapi jerawat saya masih aja senang hinggap di wajah.. berdo’a pun saya sudah. saya sedih dok , bagaimana caranya????