Tips dan Cara Mengobati Kuku yang Sering Bernanah




Tips dan Cara Mengobati Kuku yang Sering Bernanah
Kuku merupakan salah satu bagian penting tubuh yang dapat mempengaruhi kecantikan dan seseorang.

Walaupun merupakan bagian tubuh yang kecil, kuku berperan penting untuk melindungi jari yang lembut dari kerusakan akibat faktor eksternal.

Jika kuku mengalami masalah, bagian tubuh yang lain, khususnya tangan juga akan merasakan dampaknya. Gangguan yang ditimbulkannya selalu tidak menyenangkan atau bahkan menyakitkan.

Salah satu masalah yang kerap berhubungan dengan kuku adalah terjadinya kuku bernanah atau lebih sering dikenal dengan cantengan. Kuku bernanah biasanya terjadi pada kuku di jari kaki daripada di tangan.


Ada sejumlah faktor yang dapat menyebabkan kuku bernanah. Salah satunya adalah cara memotong kuku yang salah sehingga ada bagian kuku yang tajam yang menusuk kulit sehingga menimbulkan infeksi. Hal ini dapat terjadi karena kuku kaki yang tidak rata atau kuku yang terlalu dalam.

Jika anda mengalami hal serupa, tentu anda akan mencari cara mengobati kuku yang sering bernanah agar masalah ini tidak muncul lagi dan kuku anda dapat kembali cantik.

Tips dan Cara Mengobati Kuku yang Sering Bernanah

Sebenarnya, mengatasi kuku bernanah dapat anda lakukan sendiri dirumah dengan mudah tanpa harus menggunakan bantuan dokter. Berikut ini beberapa tips untuk menyembuhkan kuku yang sering bernanah:

Hilangkan kuku yang tajam

Kuku bernanah disebabkan oleh bagian kuku yang tajam yang menancap di jari anda. Anda dapat memotong bagian yang tajam tersebut dengan pemotong kuku. Jika anda mengalami kesulitan karena kuku terlalu dalam, anda dapat pergi ke dokter untuk mendapatkan operasi kecil pembersihan kuku.

Gunakan alat yang steril

Jika anda memotong kuku yang tajam tersebut sendirian, pastikan bahwa alat – alat yang anda gunakan aman dan steril untuk digunakan seperti gunting kuku, silet,  kapas, antiseptik, dan tisu.

Obati bagian yang luka

Setelah anda berhasil menghilangkan kuku yang tajam tersebut, obati bagian jari yang luka tersebut agar cepat kering dan segera sembuh. Gunakan obat luka luar yang bebas merkuri dan biarkan tetap terbuka sampai sembuh.

Saat awal mengoleskan obat, mungkin akan sedikit sakit. Namun, setelah beberapi hari ketika bengkak sudah mulai menghilang, pasti rasa sakit tersebut juga akan segera berkurang dan menghilang.

Gunakan ramuan alami

Untuk mengobati kuku bernanah, anda juga dapat menggunakan ramuan alami dengan bahan dasar daun pacar atau daun inai. Sebenarnya, daun inai biasa diapakai untuk cat kuku.

Namun, daun ini juga dapat berguna untuk menyembuhkan luka. Untuk menggunakan ramuan ini, caranya adalah siapkan beberapa lembar daun pacar. Campur tumbukan tersebut dengan sedikit tawas. Setelah itu, tempelkan ramuan tersebut di bagian kuku yang sakit. Lakukan ini setiap hari sampai luka sembuh.

Setelah anda sembuh, tentu anda tidak ingin mengalami kuku bernanah lagi bukan? Oleh karena itu, untuk menghindari kuku bernanah, pastikan bahwa anda selalu memotong kuku dengan baik dan rata. Jangan meninggalkan potongan yang tajam dan dapat menusuk daging jari saat kuku tumbuh.

Selain itu, jika anda terbiasa mengorek – ngorek kuku, hilangkan kebiasaan ini. Untuk membersihkan kotoran yang ada di bawah kuku, anda dapat merendam kuku terlebih dahulu selama beberapa menit. Setelah itu, gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan kuku.

###

Memiliki kuku yang sehat dan indah tentu akan membuat hidup anda lebih nyaman. Oleh karena itu setelah anda berhasil menerapkan cara mengobati kuku yang sering bernanah sebaiknya anda juga melakukan upaya pencegahan agar tidak mengalami kuku bernanah lagi.

Anda juga perlu mengetahui dengan benar bagaimana cara merawat kuku secara benar, sehingga kuku senantiasa kelihatan bersih dan sehat. Untuk menjaga kuku tetap sehat, anda juga harus memenuhi nutrisi untuk pertumbuhan kuku.

Kekurangan vitamin A dapat membuat kuku menjadi rapuh dan kering. Kalsium, zinc, vitamin C, asam lemak, dan vitamin B12 sangat penting untuk menjaga kekuatan dan kesehatan kuku. Oleh karena itu, makan protein dan sayuran yang cukup dapat menutrisi tubuh termasuk kuku.