Tips dan Cara Mencegah Penyakit Jantung

Loading...

Penyakit jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Fungsi jantung akan terganggu jika terdapat gangguan seperti:

Otot jantung yang lemah. Ini adalah kelainan bawaan sejak lahir. Otot jantung yang lemah membuat penderita tak dapat melakukan aktivitas yang berlebihan.

Pemaksaan kinerja jantung yang berlebihan akan menimbulkan rasa sakit di bagian dada, dan kadangkala dapat menyebabkan tubuh menjadi nampak kebiru-biruan. Penderita lemah otot jantung ini mudah pingsan.

Adanya celah antara serambi kanan dan serambi kiri. Hal ini terjadi karena tidak sempurnanya pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi saat penderita masih di dalam kandungan. Hal ini menyebabkan darah bersih dan darah kotor tercampur.

Penyakit ini juga membuat penderita tidak dapat melakukan aktivitas yang berat, karena aktivitas yang berat hampir dapat dipastikan akan membuat tubuh penderita menjadi biru dan sesak napas, walaupun tidak menyebabkan rasa sakit di dada. Ada pula variasi dari penyakit ini, yakni penderitanya benar-benar hanya memiliki satu buah serambi.

Tips dan Cara Mencegah Penyakit Jantung

Untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

Pola Makan Sehat

Makanan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi perlu Anda hindari. Makanan seafood dapat membahayakan jantung karena mempunyai kandungan kolesterol tinggi.

Goreng-gorengan atau makanan yang digoreng yang banyak mengandung lemak perlu Anda kurangi, sebaliknya untuk makanan bisa Anda olah dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang.

Anda harus mengusahakan untuk produk makanan yang dimakan rendah lemak atau tanpa lemak. Keju, mentega, atau makanan lain yang rendah lemak dapat Anda pilih. Apabila Anda harus mengolah makanan dengan cara digoreng, Anda bisa memilih menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng karena memiliki kandungan lemak yang sedikit.

Selain menghindari makanan berlemak, Anda juga perlu menghindari makanan dengan kadar gula yang tinggi. Minuman seperti soft drink juga perlu Anda hindari karena banyak mengandung gula yang tinggi.

Konsumsi karbohidrat juga jangan terlalu banyak karena dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi lemak. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan gandum atau oat yang dapat membantu menjaga jantung tetap sehat.

Hindari dari kegemukan dengan menjaga pola makan agar tidak berlebihan, risiko lebih besar terkena penyakit ini apabila seseorang memiliki lingkar pinggang lebih dari 80 cm.

Berhenti Merokok

Agar kesehatan jantung Anda tetap terjaga hindarilah dari merokok karena rokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung. Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan aktivitas ini, segeralah hentikan kebiasaan ini agar jantung tetap sehat.

Hindari Stres Berlebihan

Sangat sulit memang untuk menghindari stres di kota besar seperti Jakarta yang dikenal karena kemacetan dan kesibukannya. Hormon kortisol akan dikeluarkan oleh tubuh pada saat seseorang mengalami stres yang dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku.

Akibat dari naiknya tekanan darah juga dapat disebabkan oleh stres, karena hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres. Hindarilah stres baik di kantor atau di rumah karena dengan menghindari stres sangat baik untuk kesehatan jantung Anda.

Obati Hipertensi

Penyakit jantung juga dapat disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau problem hipertensi. Hipertensi dapat melukai dinding arteri dan memungkinkan kolesterol LDL memasuki saluran arteri dan meningkatkan penimbunan plak. Silahkan baca selengkapnya artikel kami tentang hubungan antara hipertensi dengan penyakit jantung di sini.

Turunkan Obesitas

Meningkatnya tekanan darah tinggi dan ketidaknormalan lemak disebabkan karena obesitas atau kelebihan berat badan. Cara utama untuk menghindari obesitas adalah dengan menghindari atau mengobati obesitas atau kegemukan. Diabetes dapat mempercepat penyakit jantung koroner dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Olahraga Secara Teratur

Lakukanlah olahraga seperti jalan cepat, jalan kaki atau jogging. Jenis kegiatan olahraga yang tidak bersifat kompetisi dan tidak terlalu berlebihan dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

Konsumsi Antioksidan

Radikal bebas dalam tubuh disebabkan adanya polusi udara, asap kendaraan bermotor atau asap rokok. Penyebab dari bisul atau endapan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan adalah dari radikal bebas.

Anda dapat menggunakan antioksidan untuk mengeluarkan radikal bebas dalam tubuh, karena antioksidan berfungsi untuk menangkap dan membuangnya. Anda dapat memperoleh antioksidan dari macam buah-buahan dan sayuran.

Perhatikan Faktor Keturunan

Faktor keturunan bisa menjadi penyebab terserang penyakit jantung, sebagai contoh seseorang yang orang tua atau saudara kandungnya pernah mengalami serangan jantung sebelum usia 60 memiliki risiko lebih besar menderita penyakit ini.

Apabila Anda mempunyai kerabat atau keluarga yang pernah mengalami serangan jantung untuk lebih berhati-hati dalam menjaga pola makan dan gaya hidup Anda untuk menunjang jantung sehat.

Ayo, sayangi jantung Anda!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *