Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi




Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi
Anda pasti pernah mendengar lirik lagu “lebih baik sakit gigi daripada sakit hati” tapi coba pikirkan kembali. Jika sakit gigi menyerang Anda, banyak kegiatan yang akan terganggu karena rasa sakit.

Bahkan, Anda jadi sulit makan dan tidur pun terganggu. Dampak yang lebih jauh lagi adalah menyebabkan gusi bengkak.

Penyakit gusi adalah istilah awam dari penyakit periodontal. Lebih banyak terjadi pada orang dewasa. Bila tidak ditangani segera dapat menyebabkan sakit yang tidak menguntungkan bagi tubuh kita terutama daerah mulut  dan gigi.

Pembengkakan gusi bisa terjadi cuma pada salah satu bagian mulut bisa pula secara menyeluruh. Gusi yang membengkak secara menyeluruh biasanya terjadi sebagai tahap lebih lanjut dari peradangan gusi.


Peradangan gusi terjadi karena proses pembersihan gigi dan mulut kurang optimal, sehingga banyak plak tertinggal dan nempel pada gigi.

Gusi yang membengkak hanya pada salah satu bagian mulut sebaiknya diteliti lebih lanjut apakah ada kaitannya dengan salah satu gigi yang dibiarkan rusak dan akhirnya membusuk, terinfeksi sehingga mengakibatkan bengkak.

Bila dibiarkan lagi, seringkali terjadi benjolan kecil pada bagian yang bersangkutan (sekitar 1 cm dari tepi gusi), warnanya kemerahan lalu berubah jadi putih karena mengandung nanah. Tetapi kita jangan khawatir berlebih karena bisa dicegah dan diobati.

Pengobatannya antara lain membersihkan plak atau karang gigi kalau sudah mulai terbentuk, melaksanakan upaya pembersihan gigi dan mulut secara optimal, obat kumur, kemudian kalau perlu obat pereda sakit dan anti infeksi. Kalau tidak bisa ditolong lagi, gigi terpaksa dicabut.

Namun, paling bijak tentu saja konsultasi ke dokter gigi supaya masalahnya bisa diatasi secara optimal, karena hal seperti ini tidak bisa ditangani sendiri sebagai pasien. Kalau perlu anda boleh dan berhak minta pendapat dari dokter lain.

Gigi dan gusi adalah suatu kesatuan yang tidak mungkin dipisahkan. Begitu juga dalam hal kesehatan mulut. Keduanya akan saling berkaitan. Saat Anda mengalami kerusakan gigi, tentu gusi Anda juga akan terpengaruh.

Cara Mencegah Gigi Berlubang

Gigi berlubang merupakan salah satu jalan yang memicu timbulnya penyakit lain. Dan yang paling dekat dengan gigi adalah gusi. Saat gigi mengalami karies atau gigi berlubang, gusi adalah bagian paling rentan yang terkena dampaknya.

Berikut ini ada beberapa tips sederhana dari pengalaman kita, untuk merawat gigi Anda agar terhindar dari gigi berlubang :

  1. Hindari makanan dengan kadar tinggi gula atau asam. Keduanya ternyata dapat merusak gigi dengan cepat. Jika ada zat gula atau asam yang tersisa di gigi Anda, maka kerusakan sudah dapat dipastikan karena zat tersebut dapat merusak gigi dalam hitungan satu malam.
  2. Usahakan untuk menyikat gigi tiga kali sehari, setelah mandi dan terpenting sebelum Anda tidur.
  3. Hindari penggunaan obat kumur terlalu sering. Beberapa dokter menyarankan penggunaan obat kumur setidaknya satu bulan cukup dua kali. Sifat obat kumur yang cukup keras dan dapat membunuh semua bakteri baik dan jahat dalam rongga mulut akan menggangu ekosistem bakteri baik dalam mulut.
  4. Pergilah ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi atau memeriksakan kesehatan gigi Anda, sehingga kerusakan dapat dicegah.

Karena itulah, kita semua harus selalu diingatkan agar selalu menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut secara benar.

Kebiasaan dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut harus diterapkan sejak dini. Memelihara serta memeriksakan gigi dan mulut secara rutin dapat mencegah kelainan gigi dan gusi menjadi parah dan tambah kompleks.






  • ansharas

    Gigi berlubang bagusnya di cabut apa di tubeles aja bu dok?