Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas

Kulit WajahSebanarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit wajah mengelupas, tapi hal itu kurang bijak jika kita tidak mengetahui dahulu penyebabnya atau mengapa kulit wajah bisa mengelupas.

Kulit wajah bisa mengelupas bisa di sebabkan karena banyak hal, seperti faktor cuaca, alergi ataupun faktor dari dalam diri anda sendiri.

Faktor cuaca

Cuaca yang panas atau dingin dapat membuat kulit menjadi kering, kasar dan akhirnya kulit anda menjadi pecah-pecah. Jika hal ini terjadi maka dalam jangka waktu tidak lama akan menyebabkan pengelupasan kulit wajah.

Faktor dari dalam diri sendiri

Faktor dari dalam diri sendiri yang dapat menyebabkan kulit wajah mengelupas antara lain:

1. Kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi)

Tanda dehidrasi seperti  rasa haus, kulit kering dan elastisitas kulit menurun, disarankan untuk memperbanyak minum air putih minimal 2 liter sehari atau sekitar 8 gelas.

2. Kekurangan nutrisi yang di butuhkan kulit

Ada banyak nutrisi yang dibutuhkan kulit dan jika asupannya sedikir/berkurang, maka bisa menyebabkan terkelupasnya kulit wajah. Nutrisi-nutrisi itu seperti : Vitamin C, Vitamin D dan E serta beberapa nutrisi lainnya.  Disarankan untuk mengkonsumsi banyak sayuran hijau,  kacang-kacangan,  suplemen obat , telur dan susu. Olah raga secara teratur juga dapat membantu mencegah pengelupasan kulit.

Pengaruh alergi

Alergi terhadap pemakaian obat tertentu  juga menjadi  penyebab pengelupasan kulit wajah. Disarankan untuk menghentikan pemakaian obat jika hal ini terjadi pada kulit anda.

Selain itu, ada juga beberapa hal yang potensial menyebabkan kulit wajah mengelupas dan kita bisa mengatasi kulit wajah mengelupas dengan menghindari penyebab-penyebabnya, seperti:

  • Pengaruh penggunaan makeup yang salah atau tidak sesuai dengan jenis kulit anda akan memperparah kerusakan pada kulit wajah,  disarankan untuk segera  berkonsultasi dengan dokter kecantikan yang terpercaya
  • Kesalahan perawatan wajah seperti pemakaian obat pembersih atau pelembab kulit wajah yang mengandung bahan kimia berbahaya atau bahan lain yang tidak sesuai dengan jenis kulit anda. Saran agar segera menghentikan pemakaian  obat tersebut.
  • Hindari pemaparan sinar matahari atau sinar Ultra violet secara langsung apalagi dalam jangka waktu lama. Gunakan make up khusus pelindung kulit jika sedang beraktivitas di luar rumah.
  • Hindari bersentuhan langsung dengan air yang mengandung garam atau air hangat saat mandi atau membasuh wajah anda agar menghindari iritasi pada kulit wajah anda.

Dengan mengetahui penyebab utamanya, kita dengan mudah mengatasi masalah kulit wajah yang mengelupas. Hindari  penyebabnya dan ikuti dan mengikuti saran yang kami berikan adalah solusi yang paling tepat saat ini.

PS: Anda juga bisa membaca informasi lainnya tentang bagaimana cara mengatasi kulit wajah mengelupas di situs ini.