Tips dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Loading...

Jerawat adalah pori-pori kulit yang tersumbat sehingga menimbulkan radang. Semua orang, baik itu laki-laki ataupun perempuan pasti pernah dijangkiti jerawat di wajahnya.

Setelah sembuh, biasanya jerawat akan meninggalkan bekas yang tentu saja mengganggu penampilan kita sehari-hari.

Bekas jerawat ini pada umumnya akan berwarna cokelat kehitaman. Apabila bekas jerawat ini tidak segera diatasi, maka bisa menimbulkan bopeng, kulit menjadi kasar, dan merusak warna kulit.

Cara menghilangkan bekas jerawat ini haruslah kita ketahui supaya tidak sampai mengurangi rasa percaya diri kita untuk beraktivitas di luar rumah.

Beberapa cara alami yang bisa kita terapkan untuk menghilangkan bekas jerawat diantaranya adalah :

Ubi kayu

Sepotong ubi kayu yang dikupas bagian kulitnya, lalu diparut. Setelah itu, peraslah ubi kayu hingga mengeluarkan air. Air perasan itulah yang harus kita oleskan pada bekas jerawat. Sebaiknya cara ini terus dilakukan dengan rutin selama dua minggu berturut-turut.

Ketimun dan tomat

Bagian dalam ketimun dan tomat segar juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, yaitu dengan menggosok-gosokkan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih dan sabun pencuci muka. Selain menghilangkan bekasnya, tomat juga ampuh mengurangi komedo di wajah kita. Lakukanlah minimal dua kali dalam sehari.

Daun nangka

Bekas jerawat yang menimbulkan noda hitam di wajah bisa kita hilangkan dengan mengoleskan air remasan daun nangka yang diberi sedikit air, Tunggu sampai mengering lalu bersihkan dengan air hangat.

Pepaya

Buah pepaya juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat karena memiliki zat sejenis enzim yang dapat mengurangi peradangan pada kulit. Yaitu dengan menghaluskannya terlebih dulu, lalu oleskan hingga mengering di wajah.

Buah bengkuang

Parutlah bengkuang dan usapkan ke seluruh wajah hingga merata. Diamkan selama 15 menit dan terapkan setiap malam sebelum tidur. Setelah itu cuci muka dengan air bersih dan langsung keringkan dengan handuk.

Madu

Madu yang bersifat anti bakteri ini bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat dan melembutkan kulit. Yaitu dengan cara mengoleskannya ke bekas jerawat, lalu pijat perlahan-lahan, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih

Kayu manis

Kayu manis yang biasa digunakan ibu rumah tangga sebagai bahan dapur rupanya juga berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat. Yaitu dengan menumbuknya sampai menjadi serbuk halus, lalu campurkan dengan air bersih. Barulah oleskan pada bekas jerawat. Cara ini harus dilakukan rutin selama seminggu penuh.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan resep alami sebagaimana dijelaskan di atas memang sudah sering terbukti khasiatnya. Selain itu, kita juga harus mengetahui bagaimana cara untuk mencegah terjadinya bekas jerawat di wajah, seperti berikut :

  1. Janganlah memencet jerawat, karena justru bisa memperparah peradangan. Selain itu, getah yang keluar juga bisa berpindah ke bagian kulit wajah yang lain, dan menumbuhkan jerawat-jerawat yang baru.
  2. Rajin mencuci muka minimal tiga kali dalam sehari, yaitu pada pagi, siang, dan malam hari sebelum tidur. Air dipercaya berkhasiat untuk melancarkan proses regenerasi dan menstabilkan kelembaban kulit.
  3. Hindari terkena pancaran matahari secara langsung di siang bolong karena berisiko besar akan terkontaminasi sinar UV yang berlebih karena dapat berdampak buruk pada wajah.
  4. Setelah berjerawat, biasanya pori-pori pada wajah akan membesar. Untuk mengecilkan dan mengencangkannya kembali, kita bisa mengompres wajah dengan es batu dan handuk bersih kurang lebih selama 15 menit sebelum tidur. Lakukanlah dengan rutin setiap harinya.

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Tips dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *