4 Manfaat Sarapan Pagi untuk Kesehatan

Loading...

Sebagian orang tidak pernah melewatkan sarapan paginya. Akan tetapi, sebagian yang lainnya justru mengaku tidak pernah makan pagi atau sarapan.

Beragam alasan disampaikan, mulai dari tidak merasa lapar, takut gemuk, tidak punya cukup waktu, bahkan ada yang merasa perutnya sakit/mulas setiap kali mereka sarapan.

Sebenarnya hal ini sangatlah disayangkan, karena ternyata jika seseorang rutin makan pagi, banyak sekali manfaat dan kebaikan-kebaikan yang dapat mereka peroleh.

Sarapan pagi rupanya sangat bermanfaat terhadap kesehatan tubuh manusia. Beberapa manfaat sarapan pagi adalah sebagai berikut:

Memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh

Pagi hari adalah awal untuk memulai segala aktifitas seseorang pada hari tersebut. Dalam beraktifitas tentunya dibutuhkan energi yang cukup agar tubuh tidak bekerja terlalu keras nantinya.

Disinilah peran sarapan pagi sangat penting, karena sumber energi yang paling utama adalah karbohidrat, dan karbohidrat bisa diperoleh dari makanan seperti nasi, mie, roti, dan sebagainya.

Jika seseorang hanya memakan camilan saja sebagai menu sarapan paginya, awalnya mereka akan merasa kenyang tetapi energy yang dimiliki tidak cukup untuk beraktifitas sehingga akan mudah merasa lapar lagi.

Dapat menurunkan berat badan

Bagi Anda yang tidak suka makan pagi karena takut gemuk, ada baiknya mulai merubah kebiasaan ini. Faktor penyebab kegemukan ternyata bukanlah proses sarapan pagi itu sendiri, melainkan jenis makanan yang dimakan.

Jika Anda mengkonsumsi makanan berkarbohidrat sederhana misalkan donat, ini justru akan membuat glukosa melonjak kemudian turun drastis. Akhirnya akan menyebabkan Anda cepat merasa lapar kembali dan mendorong Anda untuk memakan makanan lain sebelum makan siang.

Makanan yang disarankan oleh ahli nutrisi untuk dikonsumsi adalah makanan berkarbohidrat kompleks misalkan roti gandum atau oatmeal.

Makanan yang mengandung kadar gula rendah tetapi berserat tinggi akan lambat dicerna, sehingga menyediakan energi yang konstan dan tidak membuat Anda cepat merasa lapar.

Meningkatkan konsentrasi dalam bekerja

Hal ini sudah jelas, jika seseorang sudah mendapatkan nutrisi yang cukup dan tidak memiliki masalah dengan perut lapar, maka konsentrasi dalam beraktifitas akan menjadi tinggi.

Anda mendapat energi dan bahan bakar untuk otak dalam menjalankan aktifitas. Dengan konsentrasi yang baik, pekerjaan juga akan menjadi lebih mudah dan Anda tetap berada pada kondisi mental yang baik.

Anda bisa menjadi lebih mudah dalam berpikir dan dalam pemecahan masalah, dimana hal ini dapat meningkatan performansi Anda. Anda bisa mendapatkan nilai lebih dalam pekerjaan Anda. Rekan kerja pun akan memberikan apresiasi yang lebih terhadap Anda.

Jadi hanya dengan sarapan pagi pun Anda bisa mendapatkan manfaat jangka panjangnya.

Menghindari makan yang tidak terkontrol

Saat kita tidak sarapan pagi, otomatis perut kita akan cepat merasa lapar, terutama jika kita bekerja. Ini mengakibatkan kita cenderung untuk memakan makanan kecil (camilan) dimana untuk makanan camilan ini energinya tidak seberapa dibanding yang terkandung dalam menu makanan sarapan (karbohidrat dan sebagainya).

Jika Anda terbiasa sarapan, akan berlaku sebaliknya. Energi yang Anda miliki sudah cukup sehingga tidak perlu memakan camilan yang kadang tidak bergizi itu. Anda dapat menahan diri dari rasa lapar yang berlebih sehingga Andapun tidak perlu makan berlebih pada siang harinya.

***

Demikian sedikit informasi mengenai manfaat yang dapat kita peroleh dengan membiasakan diri untuk makan pagi. Kalaupun tidak punya waktu untuk sarapan nasi di rumah, Anda bisa membawa bekal sarapan Anda ke kantor dan dinikmati di tempat kerja.

Karena sarapan pagi tidak hanya dapat mengurangi rasa lapar di hari itu saja, akan tetapi juga akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Sayangilah tubuh Anda!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *