Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

Loading...

Ambeien (wasir) merupakan gangguan penyakit pada bagian pencernaan di dalam tubuh. Dalam dunia kedokteran, penyakit ambeien dikenal sebagai hemorrhoid.

Ambeien disebabkan oleh pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah di bagian dubur yang bisa mengakibatkan  pendarahan serius ketika buang air besar.

Bahkan, penyakit ambeien yang sudah kronis dan berjangka waktu lama juga bisa membuat seseorang mengalami anemia atau kekurangan darah karena terlalu banyak darah yang dikeluarkan secara terus-menerus.

Penyakit ambeien ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu ambeien internal dan ambeien eksternal. Ambeien internal terjadi pada rectum, sementara ambeien eksternal terdapat pada sekitar dubur.

Ambeien disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti buang air besar yang tidak teratur, sembelit yang mengakibatkan otot-otot pada saluran pembuangan menjadi terluka, terlalu lama duduk karena dapat membuat peningkatan tekanan darah, dan sebagainya.

Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

Yang harus kita ketahui adalah bagaimana cara mengobati penyakit ambeien ini. Tentu saja selain memeriksakan diri ke dokter, kita bisa mengobati ambeien dengan cara alami yang ampuh seperti berikut :

Jangan terlalu banyak mengonsumsi cabai

Pada saat ambeien, sebisa mungkin hindarilah makanan pedas seperti cabai karena dapat sangat menyakitkan untuk membuang air besar.

Konsumsi makanan berserat

Untuk mengobati ambeien, rutinlah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serta supaya dapat melancarkan dan membuang sisa-sisa metabolism tubuh yang sudah tidak diperlukan lagi. Makanan yang berserat tinggi diantaranya terdapat pada buah-buahan dan sayur-mayur.

Oleskan buah tomat

Buah tomat memang dipercaya bisa mengobati ambeien secara alami. Bagaimana caranya? Dengan memotong buah tomat menjadi beberapa bagian setelah dicuci bersih.

Setelah itu haluskan dan olesi ke bagian benjolan akibat ambeien. Diamkan kurang-lebih selama 15 menit, lalu bersihkan dengan kain yang dibasahi air bersih.

Meminum air rebusan daun salak

Ambeien bisa diobati dengan menggunakan daun salak. Caranya adalah dengan menyiapkan 5 lembar daun salak yang sudah dicuci hingga bersih, lalu rebus ke dalam 1 gelas air.sampai mendidih, dan saring.

Air rebusan daun salah itu juga bisa ita tambahkan degan gula aren dan sedikit madu pada pagi dan malam hari. Rutinlah meminum dua kali sehari dalam seminggu.

Berendam

Ya, dengan berendam air hangat, bisa mengurangi pembengkakan akibat ambeien dan juga bisa membunuh semua kuman dan bakteri pada bagian dubur.

Perasan bawang putih

Bawang putih yang sudah dikupas kulitnya lalu ditumbuh sampai halus, kemudian diperas. Air perasan bawang putih itulah yang harus kita olesi pada daerah dubur setiap hari untuk mengobati ambeien perlahan-lahan.

Meminum susu

Susu adalah minuman kesehatan yang sangat baik dicerna tubuh. Untuk itu, kita harus meminum susu setiap hari, minimal dua kali dalam sehari, yaitu ketika sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Dengan mengonsumsi susu secara teratur, dapat mengurangi rasa sakit pada penderita ambeien, sehingga membuatnya cepat sembuh.

Mencegah Penyakit Ambeien

Bagi Anda yang sudah sangat menderita penyakit ambeien yang juga sering disebut dengan istilah wasir ini, segeralah mencoba cara mengobati ambeien secara alami seperti di atas.

Mengobati ambeien dengan cara alami tersebut juga sudah terbukti ampuh dan tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan tubuh. Selain itu, biayanya juga lebih murah dan sangat terjangkau.

Untuk itu, segeralah mencobanya agar penyakit ambeien Anda bisa sembuh hingga tuntas. Sementara untuk Anda yang belum terkena penyakit tersebut, juga harus rajin-rajin mengonsumsi pisang klutuk yang dicampur dengan gula aren untuk mencegah penyakit ambeien yang menyiksa itu.

Semoga cara mengobati ambeien secara alami sebagaimana dijelaskan di atas bisa ampuh sehingga tidak mengganggu segala aktivitas Anda setiap hari.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *