Cream Pemutih Wajah Yashodara

Cara Mengatasi Gatal – Gatal Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Gatal - Gatal Pada Ibu HamilGangguan kesehatan ringan hingga berat selama masa kehamilan merupakan hal yang lumrah dialami oleh sebagian besar ibu hamil.

Perasaan mual dan perut kembung seperti gejala masuk angin serta gatal-gatal merupakan hal yang paling sering dialami oleh sebagian besar ibu hamil.

Pada artikel ini kita akan lebih spesifik membahas tentang gatal-gatal pada kulit ibu yang sedang hamil dan bagaimana cara mengatasinya.

Gatal-gatal pada saat menjalani masa kehamilan umumnya terjadi pada bagian payudara dan daerah perut karena kulit mengalami peregangan dan membesar. Gangguan kulit gatal-gatal ini bisa saja terjadi kapan saja selama masa kehamilan baik pada trisemester pertama, kedua, maupun ketiga.

Setiap ibu hamil yang mengalaminya pun memiliki tingkatan gangguan kulit yang berbeda. Ada yang hanya mengalami gatal-gatal ringan namun ada juga yang mengalami gatal-gatal yang cukup serius dan parah seperti timbul bintik-bintik merah dan berair.

Masing-masing ibu hamil juga memiliki tingkat sebaran gatal yang berbeda-beda. Ada ibu hamil yang hanya merasakan gatal-gatal pada daerah perut dan payudara, namun ada juga ibu hamil yang mengalami rasa gatal pada beberapa bagian tubuh lain seperti paha, tangan, kaki, hingga wajah.

Rasa gatal pada tubuh ibu hamil ini disebabkan karena adanya perubahab hormon yaitu hormon estrogen dan hormon HCG. Kulit kering juga bisa menjadi sebab lainnya timbul rasa gatal pada tubuh ibu hamil.

Pada dasarnya gangguan kulit berupa gatal-gatal adalah suatu gejala yang wajar. Anda tidak perlu terlalu khawatir karena gangguan kulit berupa gatal-gatal ini akan hilang dengan sendirinya jika sudah selesai menjalani masa kehamilan.

Hanya saja, rasa gatal ini kerap kali sangat mengganggu kenyamanan para ibu hamil. Nah, bagaimana cara mengatasi gatal-gatal pada ibu hamil?

Cara Mengatasi Gatal – Gatal Pada Ibu Hamil

Berikut adalah sejumlah tips dan cara mengatasi gatal-gatal pada ibu hamil yang bisa Anda pelajari dan praktekkan sendiri di rumah:

Mandi air dingin

Kita semua tahu bahwa salah satu penyebaba rasa gatal pada ibu hamil adalah kulit kering. Rasa gatal akan berkurang jika ibu hamil sering mandi dengan air dingin secara rutin.

Sabun mandi PH rendah

Gunakan sabun mandi yang mengandung PH rendah. Anda juga bisa menggunakan sabun bayi yang lembut dan ringan sehingga tetap aman untuk kulit sensitivesekalipun.

Pakai minyak zaitun

Dengan mengoleskan minyak zaitun pada seluruh tubuh seusai mandi. Minyak zaitun ini teruji klinis dapat menghilangkan rasa gatal pada tubuh.

Pakaian longgar dan berbahan katun

Pakailah pakaian yang longgar dan berbahan katun. Kain katun memiliki sifat menyerap keringat yang menempel pada tubuh sehingga dapat meminimalisir rasa gatal pada tubuh ibu hamil.

Pakaian longgar juga cukup membantu anda mengatasi rasa gatal pada tubuh anda. Pakaian yang longgar akan membuat keringat yang menempel pada tubuh akan lebih cepat menguap karena sirkulasi udara di sekitar kulit yang terbalut oleh pakaian longgar akan membuat keringat lebih cepat menguap

Hindari menggaruk kulit

Sebaiknya hindari menggaruk kulit yang terasa gatal karena dengan menggaruk, kulit akan iritasi dan luka. Perhatikan juga faktor-faktor yang berpotensi sebagai penyebab gatal-gatal di kulit para ibu hamil. Jika berhasil diketahui, maka hindari saja penyebab tersebut.

Jika gatal-gatal ini masih juga belum bisa diatasi dengan beberapa cara-cara di atas, sebaiknya anda periksakan diri anda ke dokter spesialis agar segera mendapatkan penanganan medis.

Pastikan bahwa anda mendapatkan obat yang aman untuk anda dan janin yang ada di dalam kandungan anda. Jangan lupa selalu jaga kebersihan tubuh untuk meminimalkan rasa gatal dan mencegah gatal pada tubuh anda.