Tips dan Cara Membersihkan Telinga

Loading...

Menjaga kebersihan tubuh tidak hanya dilakukan pada bagian yang terlihat saja. Anda juga harus membersihkan bagian-bagian yang tidak terlihat seperti bagian dalam telinga Anda.

Membersihkan bagian dalam telinga merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Jika dibersihkan dengan cara yang tepat secara teratur, maka Anda pun akan terhindar dari berbagai masalah gangguan pada telinga Anda.

 Bukan tak jarang jika telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang luput atau bahkan disepelekan kebersihannya. Padahal jika jarang diperhatikan maka kotoran dalam telinga Anda dapat menumpuk dan mempengaruhi pendengaran Anda.

Membersihkan telinga pun tak cukup dibagian dalam telinga saja. Daun telinga yang bersih pun akan menimbulkan kesan bahwa Anda adalah orang yang sehat dan peduli akan kebersihan diri sendiri.

Karena telinga merupakan salah satu daerah yang sensitif pada tubuh kita, maka harus dilakukan dengan hari-hati dan lembut. Nah, berikut ini adalah sejumlah tips dan  cara membersihkan telinga yang benar.

Membersihkan Telinga Bagian Dalam

Untuk membersihkan telinga bagian dalam, Anda bisa menggunakan bahan-bahan di bawah ini:

Baby oil

Anda dapat menggunakan cairan baby oil untuk membersihkan bagian dalam telinga Anda. Caranya cukup dengan meneteskan 2-3 tetes baby oil kedalam telinga Anda sebelum tidur pada malam hari, lalu biarkan semalaman.

Esok paginya, segeralah bersihkan bagian dalam telinga Anda dengan menggunakan handuk tipis atau cotton bud. Kotoran telinga pun akan terangkat dengan mudah sehingga akan membuat telinga Anda lebih cepat bersih.

Cotton bud

Penggunaan cotton bud untuk membersihkan bagian dalam telinga adalah hal yang sangat umum dilakukan oleh setiap orang. Namun jika tidak dilakukan dengan benar penggunaan cotton bud ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan telinga Anda.

Jika Anda melakukannya dengan cara yang terlalu kasar dan dalam, maka cotton bud tersebut akan merusak selaput gendang yang terdapat pada bagian dalam telinga Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam membersihkan lubang telinga Anda dengan menggunakan cotton bud, Anda dapat membasahi cotton bud Anda dengan beberapa tetes baby oil sehingga proses pembersihan bagian dalam telinga pun akan mudah dilakukan.

Membersihkan Telinga Bagian Luar

Untuk membersihkan telinga bagian luar Anda, gunakan air hangat dan handuk lembut. Campurkan air hangat yang sudah ditetesi baby oil sebelumnya kemudian bersihkan bagian daun telinga Anda dengan handuk lembut sebelum mandi.

Anda cukup dengan menggosokkan handuk yang sudah dibasahi secara perlahan dan lembut pada bagian daun telinga Anda.

***

Mudah bukan? Untuk bagian luar telinga, anda dianjurkan untuk dapat membersihkannya sesering mungkin setiap harinya. Namun untuk membersihkan bagian dalam lubang telinga, sebaiknya tidak dilakukan sesering mungkin untuk menghindari adanya iritasi pada organ dalam telinga.

Tak jarang ketika seseorang membersihkan telinganya dengan cara yang kasar yang diyakini akan membuat bagian dalam telinga lebih bersih.

Jika diperhatikan bagian dalam telinga Anda jauh lebih sensitif dibandingkan bagian luar telinga Anda. Kecerobohan Anda dalam membersihkannya akan menimbulkan hal yang fatal.

Untuk hasil yang maksimal Anda juga dapat mengunjungi salon kecantikan yang menawarkan perawatan untuk telinga Anda. Anda juga dapat mengunjungi dokter THT Anda untuk mengetahui kesehatan telinga Anda. Tanyakanlah bagaimana cara membersihkan telinga Anda dengan tepat serta aman.

Mengunjungi dokter THT tidak harus ketika Anda merasakan ada gangguan pada telinga Anda, namun juga dilakukan pada saat Anda merasa sehat. Hal ini bertujuan untuk mengontrol kesehatan telinga Anda secara teratur.

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Tips dan Cara Membersihkan Telinga

  1. Hai dok ..
    aq mau tanya kalo baby oil masuk ke dalam telinga ..
    itu bisa bebahya untuk telinga nggak .. takut’a timbul cairan di dalem telinga

    tolong di jawab ya

    Thanks regards

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *